Harry Surjanto, CTI dan Cita-cita Go Regional

Pengalaman panjangnya sebagai profesional di bidang system integrator, membuat Harry Surjanto dipercaya oleh Multipolar menjadi direktur di salah satu anak perusahaan Multipolar, Compu Trade Indonesia (CTI), yang bergerak di bidang distribusi produk teknologi informasi (TI) pada awal 2000-an. Namun, karena operasi dan kinerja lini bisnis CTI tidak sesuai dengan harapan pihak Multipolar, CTI pun ditutup.

Harry-Surjanto-2

Momen itu menjadi titik balik bagi Harry Surjanto yang saat itu menjadi Direktur CTI dan telah bekerja di Multipolar selama 14 tahun. Bukannya kembali ke Multipolar, ia justru putuskan untuk meneruskan bisnis CTI bersama timnya dengan mendirikan perusahaan baru yang namanya hampir serupa dengan CTI bentukan Multipolar, yaitu Computrade Technology International pada 2003.

Melalui CTI bentukannya bersama tim bawaannya, Harry mengubah wajah perusahaan distribusi produk TI yang awalnya hanya berperan sebagai penyalur barang atau stockist, menjadi perusahaan konsultan TI yang memberikan advis solusi TI bagi kliennya. Hingga kini, CTI telah memiliki 125 technical engineer yang membantu klien dalam konsultasi dan implementasi TI di kantornya.

Tahun 2012 lalu sepertinya merupakan tahun yang gemilang bagi CTI dan Harry karena berhasil meraih pendapatan sebesar Rp 1,7 triliun dengan pertumbuhan sebesar 50% dibanding dengan pendapatan pada 2011. Sebagai distributor produk TI, CTI cukup mencuri perhatian para prinsipal produsen TI global. Menurut pengakuan Harry mengutip pernyataan para prinsipal tersebut, mereka menilai pola technology center dan education center yang CTI dirikan merupakan hal pertama yang mereka lihat pada perusahaan distribusi. Pemahaman yang cukup mendalam mengenai kebutuhan klien di Indonesia membuat Harry diminta berbagi kepada para prinsipal tersebut. Hal ini membuat CTI memiliki nilai plus tersendiri di mata para prinsipal.

Saat ini Grup CTI memiliki enam anak perusahaan, yaitu Blue Power Technology, Central Data Technology, Virtus, Xsis, NPP, dan PT XDC Indonesia. Ke depannya, Harry ingin melompat lebih jauh. Ia ingin membawa CTI untuk go regional. “Kami ingin menjadi perusahaan Indonesia yang tidak hanya jagoan di Indonesia, tapi juga di regional dengan model kami sendiri,” ucap pria kelahiran Tulungagung, 24 Juli 1964, optimis. Lebih jauh mengenai Harry Surjanto, CTI, dan cita-citanya terhadap CTI, berikut wawancara reporter Swa Online dengan Presiden Direktur Grup CTI Harry Surjanto, yang hobi golf dan berolahraga di pusat kebugaran, pada pertengahan April lalu di Hotel Mulia, Jakarta.

Bagaimana Anda mendirikan CTI?

Saya lama berkarier di Multipolar. Sekitar 14 tahun. Pada dua tahun terakhir saya bekerja di Multipolar, Multipolar juga mendirikan perusahaan distributor bernama Compu Trade Indonesia (CTI). Namun karena secara lini bisnis berbeda dengan yang diharapkan, maka Multipolar tidak melanjutkan model bisnis distribusi. Awalnya Multipolar ingin mengarahkan bisnis pada ke high value atau consultant ke industri yang spesifik. Sedangkan CTI saat itu, mungkin memang perencanaan awalnya tidak terlalu matang sehingga tidak fokus. Maka Multipolar tidak melanjutkan model bisnis distibusi.

Saat itu merupakan titik balik bagi saya di mana kemudian saya putuskan untuk meneruskan bisnis ini sendiri. Namun, bukan dalam perusahaan yang sama. Saya bersama-sama tim awal keluar dan mendirikan CTI yang saat ini, Computrade Technology International, itu pada 2003. Karena background saya di system integrator dan banyak berhubungan dengan user serta solusi (sampai ke tahap fabrikasi), maka saya bisa mengerti mengenai infrastruktur seperti apa yang diperlukan mereka. Sehingga kami kemudian mulai mencari bentuk yang baik untuk distributor TI. Karena distributor TI pada saat itu kebanyakan hanya berfungsi sebagai penyalur. Tidak lebih. Tidak ada bedanya dengan penjual komputer atau ponsel. Atau bahkan disamakan dengan penjual tape dan DVD.

Pages: 1 2 3

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)