Inkes Lukman, Berambisi Tingkatkan Kesadaran Berasuransi

Inkes Lukman

Memiliki kapasitas tanggung jawab yang besar membuat Inkes Lukman, Direktur PT Asuransi Allianz Utama Indonesia harus memiliki strategi tersendiri guna mencapai targetnya di ranah asuransi. Lalu, seperti apa strategi yang dilakukan oleh pria kelahiran 19 November 1967 ini. Berikut beberapa wawancara singkat dengan ayah tiga anak ini.

Apa latar belakang pendidikan Anda?

Saya menyelesaikan program Sarjana Teknik Elektro dari Universitas Trisakti dan meraih gelar Master of Business Administration (MBA) dari University of Melbourne, Australia.

Bisa diceritakan mengenai perjalanan karier Anda hingga masuk ke Allianz?

Saya sempat berkarier di perusahaan engineering, manufacturing, banking, dan konsultan. Setelah itu saya meninggalkan Tanah Air beberapa saat untuk meraih gelar MBA. Sekembalinya ke Indnesia, saya bergabung dengan Allianz Life Indonesia lalu dipercaya membangun bisnis employee benefits.

Setelah sukses membawa Allianz menjadi pemain utama bisnis employee benefits di pasar, saya diberi tantangan lagi untuk mengembangkan sales di Allianz Utama Indonesia untuk bisnis AsuransiUmum dan dipercaya untuk menjadi direktur hingga saat ini.

Saat ini tanggung jawabnya apa saja?

Sebagai Direktur PT Asuransi Allianz Utama Indonesia yang bertanggung jawab untuk membangun saluran distribusi pemasaran dan penjualan termasuk keagenan, bancassurance dan membangun bisnis retail seperti Personal Accident, Health, Travel, Motor Insurance, juga memimpin 27 kantor cabang dan pemasaran yang tersebar di seluruh Indonesia.

Apa saja prestasi Anda di perusahaan ini? (baik prestasi pribadi atau team?

Sebagian besar dari apa yang berhasil kami raih di Allianz Utama adalah hasil kerja tim. Untuk mencapai target, dibutuhkan strategi bisnis yang tepat dan kinerja maksimal dari seluruh tim. Saya sangat bangga bisa menjadi bagian dari tim untuk pencapaian perusahaan sampai saat ini. Selain kontribusi dari tim, kami juga didukung oleh mitra bisnis strategis, agen dan yang terpenting adalah kepercayaan dari para nasabah kami.

Tantangan menjabat posisi sekarang apa?

Sebagai sebuah bagian dari perusahaan yang bergerak di bidang asuransi, adalah kewajiban bagi saya dan tim untuk memperkenalkan asuransi dan melakukan edukasi mengenai asuransi kepada masyarakat luas.

Menurut Anda bagaimana dengan prospek asuransi ke depannya?

Potensi pasar asuransi di Indonesia sangat besar karena tingkat penetrasi asuransi di masyarakat Indonesia masih relatif rendah. Allianz sebagai perusahaan asuransi melihat bahwa sosialisasi dan edukasi adalah salah satu jalur yang bisa ditempuh untuk meningkatkan kesadaran masyarakat mengenai asuransi.

Apa yang dilakukan untuk meningkatkan target ?

Saya melihat target jangka panjang dari perusahaan ini adalah untuk meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya asuransi. Cara yang bisa dilakukan adalah dengan memberikan edukasi dan sosialisasi kepada masyarakat luas, sehingga dengan meningkatnya kesadaran mereka, otomatis asuransi akan menjadi suatu kebutuhan penting yang berfungsi untuk melindungi masyarakat di berbagai aspek kehidupan.

Untuk mewujudkan itu semua, kami juga berkewajiban untuk meningkatkan kemampuan sumber daya manusia yang kami miliki. Hal itu berguna untuk meningkatkan pelayanan kepada nasabah dan mitra bisnis kami.

Targetnya Anda dalam berkarier di perusahaan ini apa?

Saya bersama-sama team berusaha membangun Allianz menjadi perusahaan asuransi pilihan dan terpercaya.

Dan untuk kedepannya apa goal dan ambisi hidup yang masih ingin di capai?

Saya ingin berkontribusi dalam meningkatkan kesadaran berasuransi masyarakat Indonesia. (EVA)

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)