Juliana Cen

Mengawali karier sebagai desainer web di Asus, posisi Juliana Cen terus menanjak. “Saya tidak suka kerjaan itu-itu saja. Jika yang satu sudah beres, saya ingin yang ini, yang itu. Yah, sekalian belajar banyak,” ujar Jul, sapaan akrab kelahiran Pematang Siantar 28 tahun silam ini. Karena tidak bisa diam itu, ia kerap menangani beberapa divisi seperti pemasaran, public relations dan event. Kemauan belajar banyak melahirkan peluang buat kariernya. Ia kemudian dipercaya sebagai Staf Pemasaran Senior yang mengantarkannya menempati pos Manajer Pemasaran. Ia kemudian dipercaya menjadi Manajer Produk, sebelum akhirnya menjadi Manajer Pengembangan Bisnis, yang membawahkan empat divisi, yakni penjulan, pemasaran, administrasi dan produk.

Jul menangani beberapa produk Asus, antara lain notebook, ee pc, dan ee pad. Berbagai prestasi ditoreh putri pasangan Lie Kim Hoa dan The Hwa Guan (almarhum) ini. Bersama tim, ia mampu membawa penjualan Asus naik 20 kali lipat pada 2009. Pangsa pasar Asus di Indonesia juga meningkat menjadi dua digit. Bahkan, tim Asus berambisi menjadi top 3 tahun ini dan beberapa tahun ke depan. “Ini semua bukan semata karena kerja keras saya, tapi seluruh divisi. Kerja saya tak ada artinya jika tak dibantu teman-teman,” kata peraih Gold Marketing Award AsusTek Computer Inc, Taiwan, tahun 2008 ini.

Bagi Sarjana Sistem Informasi dari Universitas Bina Nusantara ini, Asus sudah menjadi bagian hidup dan kariernya. Ia pun enggan menargetkan menduduki posisi yang lebih tinggi di perusahaan tersebut. “Lima tahun lagi, saya harus punya bisnis sendiri. Harus. Itu misi hidup saya,” ujar Top Fun Fearless Female 2009 versi Majalah Cosmopolitan ini.

Ario Fajar

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)