Lia Ramadiani Kurtz

Bagi saya, pemasaran adalah sebuah hobi. It's fun,” ucap Lia Ramadiani Kurtz, Manajer Produk Senior L’Oreal Paris kategori skin care, men expert dan make up. Kelahiran 31 tahun lalu ini sudah tahu jalan karier yang akan ditempuhnya seusai pendidikan S-1 Ekonomi Bisnis Internasional dari Universitas Trisakti, Jakarta. Mengawali karier di PT Bentoel Prima sebagai Management Trainee, ia kemudian mengembangkan karier di Nestle. Alumni Magister Manajemen Bisnis Internasional Universitas Gadjah Mada ini makin yakin dengan pilihannya berkarier di dunia pemasaran.

Marketing is like a game,” katanya memberi ulasan. Tantangan dalam setiap eksekusinya membuat Lia menonjol di bidangnya. Tahun 2006, tim pemasaran Nestle Indonesia berhasil menggondol penghargaan sebagai tim pemasaran terbaik di antara sesama tim pemasaran Nestle seluruh dunia untuk aktivasi pelanggan Breakfast Cereals. Salah satu produknya, Coco Crunch, sangat diminati di Indonesia. “Aktivasi pelanggan kami lakukan dengan cara semacam franchise. Konsep tetap dari kantor pusat di Jakarta tapi eksekusinya dilakukan pihak Nestle dan partner di masing-masing daerah,” ungkap mantan Manajer Merek Nestle Breakfast Cereals itu. Program ini dinilai sebagai terobosan oleh Nestle Global. Ia juga mengukir prestasi saat menjabat Manajer Produk Senior cokelat Cadburry. Ia mampu mengakrabkan kembali nama Cadburry di tengah media di Tanah Air.

Sekarang di L’Oreal, hampir setiap minggu Lia pergi mengunjungi pasar. Turun gunung seperti ini, menurutnya, wajib dilakukan pemasar yang baik. “Tantangannya, bagaimana agar merek ini mampu diserap lokal,” ujar penggemar jalan-jalan ini. Keputusan mengambil Dian Sastrowardojo dan Nicholas Saputra sebagai duta merek adalah pendekatan lokalitas tersebut.

Rias Andriati

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)