Loo Cheng Chuan, Tingkatkan Bisnis Melalui Inovasi Teknologi

Nama Loo Cheng Chuan di Indonesia memang kurang begitu tersohor. Tapi jika Anda mencari di mesin pencari seperti Google, nama tersebut akan muncul di berbagai pemberitaan. Lulusan Master Bisnis dari Standford University Amerika Serikat ini dipercaya sebagai Head (Local Life) Singtel Group Digital Life.

Loo Cheng Chuan, Head (Local Life)  Singtel Group  Digital Life Loo Cheng Chuan, Head (Local Life) Singtel Group Digital Life

Menjabat sebagai posisi penting memang tidak mudah. Namun bagi penggemar Nasi Padang ini hanya perlu satu cara untuk memuluskan tugas yang diembannya. “Berinovasi melalui teknologi,” jawab bapak tiga anak ini.

Loo bergabung dengan SingTel sejak 15 tahun yang lalu. Seperti diketahui. perusahaan ini berasal dari kota kecil. Perusahaan yang berbasis di Singapura ini adalah salah satu operator telekomunikasi terkemuka di Asia. Konsumen SingTel diperkirakan mencapai jutaan orang diseluruh dunia. Tahun lalu, perusahaan itu berinvestasi ke Telkomsel Indonesia, Globe Telecom Filipina, Advanced Info Service Thailand, hingga PBTL India.

“Ada dua tugas pokok sebagai Head SingTel Group. Pertama, berinovasi dan meningkatkan bisnis lokal. Berinovasi yaitu saya keliling dunia untuk mencari teknologi yang bagus dan meningkatkan inovasi ini dari Boston. Mencari teknologi yang menarik dan menawarkan dari Boston ke Asia terutama Asia Tenggara seperti Shopify,” Loo menambahkan.

Salah satu buktinya adalah Shopify. Platfom e-commerce ini menurut Loo adalah hasil inovasi teknologi yang mampu membantu orang banyak. Ia mengatakan, Shopify merupakan kreasi orisinal yang bukan berasal dari Amerika Serikat. “Di Asia Tenggara termasuk Indonesia, belanja dengan sistem online biasanya memiliki banyak kendala misalnya pengiriman yang tidak otomatis. Bagaimana menanganinya? Caranya, kita harus cash on delivery, berbeda dengan konsumen Amerika Serikat yang semua orang bisa langsung membeli,” jelasnya.

Dalam kurun waktu 15 tahun, Loo sudah mengantongi banyak prestasi. Salah satu prestasi gemilangnya adalah meningkatkan jumlah investor serta partner dari 2 juta hingga setengah triliun. “Asia merupakan tempat yang nyaman untuk tinggal. Tidak ada yang tidak mungkin untuk dapat menjual produk ke Amerika. Kita dapat mengubah semuanya. Itulah mengapa saya bekerja sama dengan UKM, karena untuk dapat mengubah dunia,” harap Loo. (Nidauul/Ario)

 

 

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)