Manuver Rama David Mengendarai Bisnis Mobil123.com

Bagi sebagian profesional, berkarir di lintas industri yang berbeda adalah sebuah tantangan. Tidak terkecuali bagi Rama David, Country Manager Mobil123.com. Pria berbadan tegap ini baru saja didapuk untuk menduduki kursi tertinggi disebuah perusahaan berbasis online.

Karir perdananya dimulai diindustri minyak dan gas terkenal sebagai tenaga pemasar. Setelah kenyang dengan pengalaman, pria berusia 42 tahun ini memutuskan untuk membuat bisnis periklanan. Dari situlah ia menimba banyak pengalaman tentang bisnis digital.

Rama David, Country Manager Mobil123.com. Rama David, Country Manager Mobil123.com.

Karir Rama tidak berhenti di tengah jalan. Berbekal pengalaman di bidang pemasaran dan kemampuan di bisnis digital, ia akhirnya tergiur untuk masuk menjadi bagian perusahaan besar asal Australia, iCar. Melalui anak perusahaannya, Rama dipercaya untuk menakhodai Mobil123.com.

Meski terbilang baru, Rama sudah menyiapkan beberapa manuver untuk meraih target perusahaan. Ia mengklaim, Mobil123.com adalah pemimpin industri iklan otomotif terbesar di Indonesia. Untuk itu, penggemar fotografi ini optimis bisnis Mobil123.com bisa semakin moncer ke depannya.

Apa saja agenda dan strateginya?. Berikut Berikut petikan wawancara Reporter SWAOnline, Ario Fajar dengan Rama.

Apa yang membuat Anda tertarik bergabung di Mobil123.com?

Berkarir di sini jelas sangat berbeda dengan perusahaan sebelumnya. Saya melihat bisnis berbasis online di Indonesia akan semakin menarik untuk diikuti, apalagi penetrasi internet akan terus semakin meningkat. Itu artinya bisa menjadi sebuah peluang bagi siapapun, termasuk saya.

Meskipun berkarir di industri yang berbeda?

Itu sebuah tantangan menurut saya. Ketika saya mendirikan perusahaan kecil di bidang periklanan, saya belajar banyak tentang pemasaran online. Kalau kita bicara soal spending iklan di media online, grafiknya semakin meningkat. Pun begitu dengan otomotif yang semakin menarik untuk ditelisik karena konsumen Indonesia lebih dulu mencari informasi lewat online sebelum membeli ke diler.

Anda langsung didapuk sebagai Country Manager?

Tidak. Saya bergabung tahun ini dan awalnya menjabat sebagai Kepala Pemasaran. Salah satu tugasnya adalah meningkatkan nama (brand) dan nilai (value) perusahaan dimata konsumen dan diler. Kemudian, saya dipercaya untuk menjalankan kursi Country Manager dua bulan terakhir.

Apa tanggung jawab terbesar Anda?

Banyak sekali. Namun yang jelas saya diberi tantangan untuk meningkatkan kinerja perusahaan mulai dari sisi pemasaran, jaringan, infrastruktur, hingga SOP perusahaan.

Sejauh apa perkembangan perusahaan saat ini?

Kami mengalami peningkatan yang cukup signifikan. Jumlah listing atau iklan baris mencapai lebih dari 180.000. Sebelumnya hanya sekitar 120.000 saja. Itu artinya dalam 5-6 bulan, Mobil123.com semakin dianggap sebagai media yang tepat bagi para penjual untuk berjualan. Prestasi lainnya adalah saat ini Mobil123.com telah dibuka sebanyak 7,1 juta kali atau dilihat lebih dari 556.000 calon pembeli mobil tiap bulannya.

Apa rahasia untuk meraih kinerja tersebut?

Yang pasti dimulai dari internal terlebih dahulu. Kami memperbaiki tampilan, fitur sehingga mudah digunakan. Lalu untuk menggaet banyak pembeli, kami juga memiliki persyaratan, misalnya : harus dilengkapi beberapa foto, spesifikasi, dan lain-lain. Untuk memperkenalkan ke publik, kami rutin mengadakan temu media dan mengikuti beberapa pameran otomotif.

Rama David, Country Manager Mobil123.com. Rama David, Country Manager Mobil123.com.

Siapa target pasar Mobil123.com?

Kami memiliki dua model yakni menjual mobil baru dan bekas dari para diler dan dari private seller. Saat ini pembelian didominasi oleh mobil-mobil bekas, khususnya compact car seperti Avanza.

Apa kelebihan Mobil123.com?

Mobil123.com secara spesifik hanya menjual produk otomotif dan tidak menjual produk segala rupa lainnya. Iklan produk di Mobil123 selalu diperbaharui setiap setengah jam sekali. Saat ini ada 3 pemain yang sejenis dan banyak pemain e-commerce yang menjajakan mobil. Bisa diklaim, kami yang paling populer dan nomor satu.

Berapa banyak unit yang terjual dalam sebulan?

Bisnis ini hanya sebagai medium. Kami bukan e-commerce seperti toko online kebanyakan. Kami hanya menyediakan wadah bagi para penjual dan pembeli. Kami juga belum bisa merekam angka penjualan. Jika ada kecurangan dan pemalsuan, kami juga tidak bertanggung jawab atas hal itu.

Bagaimana memenangi persaingan yang semakin ketat di bisnis ini?

Saya terus kembangkan inovasi-inovasi, mulai dari fitur serta aplikasi mobile phone. Kami juga akan meningkatkan layanan ke diler agar lebih banyak lagi yang memasang iklannya di Mobil123.com.

Berapa biaya listing iklan di Mobil123?

Saat ini masih gratis. Kami ingin menghimpun sebanyak mungkin diler dan calon pembeli terlebih dahulu. Setelah itu, ke depannya kami akan kenakan tarif.

Apa tantangan berkarir di Mobil123.com?

Tantangannya adalah bagaimana menggenjot performa perusahaan lebih kencang lagi. iCar memiliki beberapa perusahaan sejenis di Malaysia dan Thailand. Kedua perusahaan tersebut memiliki kinerja yang sangat baik. Untuk itu sebagai pimpinan, saya harus meningkatkan bisnis Mobil123 setidaknya 30% setiap tahun jika dilihat dari sisi listing iklan. (Ario)

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)