Martin Gabungkan Sistem Online dan Offline Rooang.com

Indonesia merupakan negara yang besar dan menjadi pangsa pasar yang besar pula untuk industri properti. Hal ini karena Indonesia memiliki 250 juta penduduk di mana 25 juta di antaranya tidak memiliki tempat tinggal. Tak heran bila industri properti tumbuh subur di Indonesia, tapi hal ini bukan berarti konsumen bisa menemukan rumah idaman dengan cepat.

Martin Hendriadi Fu, Founder dan CEO Rooang.com Martin Hendriadi Fu, Founder dan CEO Rooang.com

Banyak kendala yang ditemui seseorang saat ingin membangun rumah, salah satunya adalah menemukan arsitektur atau desain interior yang sesuai dengan keinginan Anda. “Teman saya dulu kesulitan mencari arsitek untuk membangun rumah. Kalaupun mencari pasti di internet, tapi belum tentu tenaga yang dibutuhkan sesuai harapan,” ujar Martin Hendriadi Fu, pendiri dan CEO dari Rooang.com.

Ia menyadari tidak adanya database yang menyimpan mengenai tenaga ahli properti seperti desain interior atau arsitektur di Indonesia. Pria yang berusia 35 tahun ini pun memiliki ide untuk mendirikan Rooang.com, sebuah platform yang mempertemukan konsumen dengan tenaga ahli yang dibutuhkan.

Konsumen bisa mencari portofolio tenaga ahIi yang sesuai dengan kebutuhan mereka secara lebih mudah. Platform yang baru berdiri pertengahan tahun 2015 ini diakui Martin masih dilakukan pengembangan secara bertahap.

“Tahun lalu kami masih dalam mendata berbagai professional yang ada seperti arsitek dan interior design. Fokus awal kami mengumpulkan database dulu, baru memulai projek,” ujarnya menjelaskan. Para profesional tidak hanya berasal dari pulau Jawa saja melainkan dari Kalimantan, Sulawesi, dll. Hal ini dilakukan hingga awal tahun 2016, setelah itu mereka baru akan menawarkan proyek kepada konsumen.

Menurut lulusan Stanford University, yang mengambil Management Science,  mereka sudah memiliki 50 proyek yang rencananya akan dijalankan di tahun 2016. Kebanyakan proyek yang dilakukan adalah membangun tempat tinggal, meskipun ada juga proyek lain seperti ruko, kantor bahkan mendesain booth untuk di mall. Biaya yang ditawarkan pun bervariasi mulai dari Rp 10 juta hingga ratusan juta.

Namun, meskipun website mereka sudah dikunjungi puluhan ribu orang per bulan, nyatanya masih banyak konsumen yang takut untuk mencari tenaga profesional di dunia maya. Pria kelahiran 3 Maret 1981 ini mengakalinya dengan menggabungkan sistem online dan offline.

Setelah menemukan arsitektur atau desainer  interior yang tepat, nantinya konsumen bisa bertemu dengan para profesional di dunia nyata. Nantinya, mereka bisa berinteraksi langsung dan menentukan proyek yang ingin dilakukan.

Ke`depannya, eksekutif muda  yang juga Direktur Mikatasa Group ini, ingin mengembangkan banyak hal dari Rooang.com. Ia ingin agar konsumen bisa mensubmit berbagai proyek yang ingin mereka kerjakan, nantinya aka nada calon-calin designer yang tertarik dengan proyek tersebut. Konsumen pun bisa lebih mudah menemukan profesional yang dibutuhkan dengan melihat profilnya..

Martin berharap, agar Rooang.com bisa menjadi marketplace yang menyediakan berbagai kebutuhan untuk para pemilik bangunan baru, misalnya furniture dan kebutuhan lainnya. ia juga mengharapkan bisa mengoalkan 1.000 profesional yang mendaftar di situs tersebut. (EVA)

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)