Miskiyata Harum Sabrina: Teman Sekerja Bukan Sekadar Kolega

Dalam presentasinya yang bertajuk “Employer of Choice with Sustainable Human Resources di ajang HR Future Leader 1 Mei lalu, Miskiyata Harum Sabrina, Associate Business HR for Support Unit, Human Resources and Development PT Bank DBS Indonesia, menekankan pada aspek happiness, well being, dan future untuk mewujudkan perusahaan pilihan dalam pasar tenaga kerja. Untuk itu, pihaknya melakukan beberapa hal pada bidang akuisisi, maintenance dan pengembangan. Dua hal utama yang ditekankan dalam akuisisi talenta yaitu menempatkan profesional dengan sikap yang tepat untuk pekerjaan yang juga tepat dan mencari talenta muda yang berbakat.

Miskiyata Harum Sabrina, Bank DBS Indonesia Miskiyata Harum Sabrina

Dalam hal maintenance, Arum – sapaan akrab Miskiyata Harum Sabrina -- ingin membangun kultur kerja yang saling menghargai antarkaryawan pada tiap tingkat. Selain itu, ia juga membangun sistem kerja yang fleksibel serta lingkungan kerja yang menyenangkan dan saling memotivasi. Dalam hal pengembangan karyawan, ia ingin menyediakan kesempatan belajar secara formal dan informal bagi mereka, selain ingin menciptakan lingkungan serta sistem yang mendukung karyawan berkembang secara profesional dan personal.

Menurut Arum, DBS sama seperti bank lainnya. Model operasional DBS dibagi menjadi dua: generalis dan spesialis. Untuk generalis ada HR Business Partner. Untuk spesialis ada beberapa bagian, yaitu reward untuk compensation and benefit, HR Operational, akuisisi talenta untuk bagian rekrutmen, serta pembelajaran dan pengembangan talenta.

Di HR DBS, sejak tiga tahun lalu Arum lebih menekankan ke sisi people engagement. “Hal ini dilakukan karena kami ingin karyawan DBS memiliki tingkat engagement yang baik,” tuturnya.

Ia menyatakan, tantangan dari sisi HR adalah persaingan perebutan talenta di pasar yang cukup tinggi. “Tantangannya adalah bagaimana kami bisa menghadirkan program dengan insiatif yang bisa menarik perhatian talenta dan mengelola karyawan kami untuk jangka panjang,” Arum menegaskan.

Adapun keunikan manajemen HR di DBS adalah sangat menekankan pada kultur Asia, yaitu kekeluargaan, kedekatan, dan budaya pintu terbuka. “Teman kerja tidak hanya sebagai kolega, tetapi kami memiliki hubungan yang lebih dari itu. Kami ingin membangun kultur yang tidak ada gap antara atasan dan bawahan,” tutur Arum.(*)

Denoan Rinaldi & Didin Abidin Masud

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)