Monica Oudang, Sosok di Balik Program Swadaya Gojek

Bergabung sejak tahun 2015 sebagai Chief Human Resourches Officer di Gojek, sosok Monica Oudang saat erat dengan program-program kesejahteraan para mitra driver Gojek yang diberi nama program Swadaya. Cerita awal wanita kelahiran tahun 1978 ini bergabung di Gojek, lantaran sang founder Nadiem Makarim, banyak menggunakan jasa perusahaan head hunter yang ia dirikan untuk melakukan rekrutmen di Gojek. “Saya kenal Nadiem sejak tahun 2014, namun baru 2015 akhirnya saya bergabung di sana,” ujarnya menceritakan.

Keputusannya untuk bergabung di Gojek tidak mudah. Sebelum bergabung di sana, ia pertama-tama harus memastikan terlebih dahulu agar perusahaannya, Staff Search, memiliki orang yang kompeten untuk menjalankan operasional sehari-hari. “Saya harus pastikan dulu ada yang capable. Ada general manager dan partner yang bantu running,” ungkapnya.

Di Gojek, ia mengatakan sudah banyak program Swadaya yang diluncurkan untuk membantu para mitra Gojek meningkatkan kesejahteraannya. Ia menyebutkan salah satunya adalah program cicilan sepeda motor murah, asuransi, serta kegiatan arisan. Ke depan berbagai program telah digodok untuk membantu meningkatkan kesejahteraan mitra Gojek. Dalam waktu dekat akan ada program KPR, tabungan haji dan sebagainya. “Sudah finalisasi tinggal Mou saja,” ungkap lulusan dari Bentley Collage ini.

Meski kini telah sibuk di Gojek, tak serta merta membuatnya meninggalkan bisnis pribadi yang ia telah rintis sejak tahun 2008 itu. Tak jarang, ia meminta timnya di Staff Search untuk rapat pagi-pagi sekali. Beruntung, Nadiem, ia katakan, tidak keberatan dirinya menjalankan dua peran tersebut. “Yang penting tidak ada conflic of interest,” ujarnya. Sebelum mendirikan usaha sendiri dan bergabung d Gojek, ia pernah juga mencicipi karier profesional sebagai Marketing & Communication Manager di Global TV. “Tapi saya merasa jiwa saya di dunia HR, sehingga memutuskan keluar.”

Berikut Program yang telah berhasil di telurkan Monica di Gojek

Peningkatan perencanaan keuangan dan daya beli melalui cicilan
* Cicilan sepeda motor yang terjangkau mulai dari Rp 19.000 – Rp 36.000 per hari (Bekerjasama dengan Honda AHM dan FIF Group)
* Lebih dari 20 barang elektronik termasuk handphone, peralatan rumah tangga, televisi dapat diperoleh dengan cicilan hanya Rp 6.000 hingga Rp 29.000 per hari (Bekerjasama dengan Court dan Eraphone)
* Fasilitas pengecekan kesehatan mata gratis dan penawaran cicilan kacamata yang terjangkau mulai dari Rp 8.500 – Rp 24.000 per hari (Bekerja sama dengan Optik Melawai)

Fasilitas Asuransi

* Bekerja sama dengan Alianz untuk memberikan asuransi kesehatan yang terjangkau dan premi dapat dicicil per hari, hanya dengan Rp 2.300 per orang per hari.
* Bekerja sama dengan Pasarpolis.com untuk menyediakan paket asuransi untuk pendidikan anak, kehilangan motor, kerusakan HP dan kargo dengan harga premi sangat terjangkau Rp 15.000/bulan

Diskon kebutuhan sehari-hari
* Bekerja sama dengan Mr Montir untuk memberikan potongan harga 10%-20% untuk layanan dan suku cadang
* Potongan harga s.d. 10% untuk produk merk Alfamart dan produk merk pilihan lainnya
*Potongan harga di Ramayana untuk mitra driver yang diberikan secara periodik, seperti potongan harga Sembako, seragam anak, baju dan lain lain.

Akses terhadap kesempatan bisnis untuk meningkatkan pendapatan keluarga

* Menggandeng PT Ruma untuk menggelar Arisan Mapan. Para mitra driver dan pasangannya bisa menambah penghasilan dengan menjadi Ketua Arisan program Arisan Mapan

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!