Muliadi Raharja, Tiap Hari Melakukan yang Terbaik

Lulus dari Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia dan memperoleh gelar MBA dari Massachusetts Institute of Technology pada tahun 1998, Muliadi Rahardja memulai karier sebagai konsultan pada sebuah perusahaan konsultan manajemen di Jakarta pada tahun 1983.

Setahun  berikutnya, dia bergabung dengan PT Sepatu Bata Indonesia Tbk , yaitu pada 1984. Kemudian, tahun 1985, pria kelahiran 10 Juni 1959 bergabung dengan Grup Lippo dan bertanggung jawab atas bisnis asuransi, garmen dan perbankan setelah sebelumnya menjabat sebagai Deputy Group Head Sistem Informasi Manajemen.

301919_mobil-danamon-simpan-pinjam-_663_382_197x400

Telah menginjak tahun ke-18 berkarier bersama PT Bank Danamon Indonesia Tbk, Muliadi, diangkat menjadi Wakil Direktur Utama melalui RUPS LB Bank Danamon. Sebelumnya pehobi jalan-jalan dan membaca ini, mengawali karier di bank berlogo emas ini sebagai Kepala Cabang di Tangerang, kemudian karier dan prestasinya terus berkembang sampai di tahun 1999 dia masuk jajaran direksi PT Bank Danamon, Tbk.

Apa tugas dan tanggung jawab Anda sebagai Wakil Direktur Utama Bank Danamon, Tbk?

Saat ini saya bertindak sebagai Mitra Usaha Strategis melalui penyelarasan praktik-praktik SDM dengan prioritas bisnis. Bertanggung jawab untuk mengidentifikasi dan menyesuaikan kompetensi inti yang diperlukan oleh bank untuk mencapai prioritas bisnisnya, serta memastikan bahwa manajemen dan karyawan memiliki kompetensi inti tersebut melalui program-program pengembangan keterampilan dan pelatihan.

Di samping itu, saya juga bertanggung jawab untuk mempertahankan iklim hubungan industrial yang positif melalui komunikasi yang terbuka dan transparan dengan karyawan dan keterlibatan aktif dalam semua dialog.

Apa tantangan bisnis yang Anda hadapi selama berkarier di industri perbankan?

Sifat dari bisnis perbankan, lebih kepada pelayanan terhadap nasabah melalui interaksi antar manusia, sehingga bank harus selalu mengembangkan sumber daya manusianya. Saya rasa inilah hal paling menantang dan menarik selama saya berkecimpung di industri perbankan selama 18 tahun. Apabila sumber daya manusia sebuah bank itu bagus, saya rasa ke depannya, bank juga akan tumbuh lebih baik lagi.

Apa kunci sukses Anda selama berkarier sampai menempati posisi sebagai Wakil Dirut?

Kunci sukses saya adalah saya selalu melakukan yang terbaik setiap hari. Karena motto hidup saya memang Do Your Best Everyday. Menurut saya,  lakukanlah sebaik mungkin dan seoptimal mungkin tanpa memikirkan hal yang lainnya. Karena menurut saya jika kita tidak optimal dalam melakukan sesuatu, hasil yang didapat tidak akan maksimal dan hasilnya tidak baik.

Apa rencana Bank Danamon di tahun 2015 dan berapa target pertumbuhan bisnisnya ?

Kami akan mengembangkan usaha yang sudah ada, berusaha untuk transisi dari dirut lama ke dirut baru se-smooth mungkin, sehingga pertumbuhan kami juga tetap terjaga dengan baik. Saat ini saya bertugas untuk bisnis mikro dan ukm, kami akan terus mengembangkan bisnis ini, mengembangkan distribusi channel yang baru agar bank ini dapat growing dan tetap menjadi pemain yang cukup signifikan di pasar keuangan Indonesia. Kami menargetkan bisnis kami akan naik 15% di tahun 2015. (EVA)

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)