Niken S.Sasmaya, Ingin Bisnis Kuliner

It’s a beautiful thing when career and passion come together. Hal itulah yang dialami oleh Niken Sistha Sasmaya, yang memiliki karier sesuai dengan passionnya. Memiliki passion di bidang seni, Niken berkarier di sebuah perusahaan yang membuatnya bekerja dengan orang-orang yang super kreatif.

Perjalanan kariernya dimulai saat bergabung dengan Google di tahun 2011 sebagai OPG Account Manager for Indonesia yang berbasis di Singapura. Di akhir tahun 2013, ia pindah jabatan menjadi Strategic Partner Manager YouTube for South East Asia hingga sekarang ini.

Niken Sistha Sasmaya Niken Sistha Sasmaya

Sejak kuliah di Universitas Padjadjaran, Bandung, Fakultas Ilmu Komunikasi jurusan Manajemen Komunikasi, dara kelahiran Manado, 3 April 1988 ini aktif di kegiatan kampus. “Dulu di Jatinangor tidak ada apa apa jadi satu-satunya kegiatan yang bisa aku lakukan adalah aktif di kampus. Pulang kuliah aku langsung pergi ke UKM-UKM di kampus,” ujarnya.

Sembari kuliah, ia nyambi menjadi penyiar sekaligus tim marketing di LP Radio di Jatinangor. Selain itu, ia juga menjadi Ketua Hubungan Masyarakat di Himpunan Mahasiswa Manajemen Komunikasi. Meskipun sibuk di kegiatan kampus, prestasinya patut diancungi jempol. Ia mendapat IPK tertinggi di angkatannya.

Niken menyukai kegiatan yang berhubungan dengan seni. Ia hobi menyanyi, menulis, dan menggambar. Untuk menyalurkan hobi menyanyianya ia memiliki channel YouTube yang berisi cover-cover lagu yang ia buat bersama dengan adiknya, Gilang Essabieq Mahardhika. “Di rumah ada studio sendiri. Jika aku ada di Jakarta biasanya kami jamming bareng dan bikin cover video,” ujar perempuan bersuara merdu ini.

Niken (tegak)

Profesinya sebagai Strategic Partner Manager YouTube for South East Asia mengharuskannya bepergian ke beberapa negara dalam jangka waktu yang lama, terlebih ia masih menetap di Singapura. Hal ini membuatnya rindu makanan Indonesia dan berbicara bahasa Indonesia. “Karena komunikasi di kantor memakai bahasa Inggris aku kangen ngomong bahasa Indonesia.”

Ditanya tentang makanan Indonesia kesukaannya, ia menjawab “Pisang goreng dan martabak! Aku suka makanan pinggir jalan. Susah untuk melupakan makanan Indonesia jika sedang di luar negeri,” tambahnya.

Tak lupa Niken memberikan resepnya untuk mengembangkan diri. “Jangan pernah berhenti belajar,” katanya. Ia memastikan untuk mempunyai waktu untuk membaca selama 15-20 menit meskipun jadwalnya sedang padat. “Penting buat aku untuk tahu apa yang sedang terjadi di luar sana karena aku bekerja di industri yang erat hubungannya di entertainment. Oleh karena itu aku berlangganan beberapa channel berita yang bisa aku akses lewat laptop maupun smartphone,” dia menguraikan.

Tahun 2015 ini Niken berencana untuk lebih sering traveling dan mengurus kembali channel YouTubenya. “Nanti ada sisipan video petualangan aku di luar negeri,” katanya. Ke depan, ia ingin mempunyai usaha sendiri agar bisa traveling dengan leluasa. “Mungkin aku akan buat bisnis kuliner,” jelasnya.(EVA)

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)