Patrick Farjas, Siap Kembangkan Kuliner Perancis di Indonesia

Hotel Century Park bak kejatuhan durian runtuh. Bersamaan dengan renovasi sejumah suite yang baru-baru ini rampung digarap, hotel bintang 4 ini juga tak tanggung-tanggung berani menggandeng “Maitre Cuisinier De France”, Patrick Farjas.

Gelar yang terasa sulit dilafalkan oleh lidah kita ini ternyata tidak main-main, sangat prestisius di kalangan koki-koki kelas dunia. Kalau diIndonesiakan artinya Master Chef dari Perancis. Para koki ini umumnya berasal dari satu organisasi yang memiliki keanggotaan sejumlah koki hebat di seluruh dunia. Banyak koki top yang berasal dari organisasi ini karena memenangkan adu kompetisi memasak baik di tingkat nasional maupun internasional.

Asosiasi ini juga menyelenggarakan kompetisi memasak di tingkat Chef Apprentice jempolan, baik di Perancis sendiri maupun di lingkup Eropa. Dan Patrick adalah salah seorang dari 10 Master Chef Perancis, dengan Gelar Maitre Cuisinier De France sejak tahun 2000 silam.

Ini pertama kalinya saya datang ke Indonesia, dan langsung ditunjuk untuk mengakomodir menu-menu di Century Park Hotel, sangat menyenangkan,” tutur pria asal California ini yang tergabung dengan Century Park Hotel sejak Agustus 2012.

Ia juga sangat antusias dan mengaku Indonesia adalah negara yang penuh kejutan. Seleranya dengan makanan bercita rasa pedas, ternyata cocok dengan kultur Tanah Air. Pria dengan selera humor tinggi yang gemar spicy food ini akhirnya dipercaya untuk mengelola 2 hotel sekaligus, yakni Century Park Hotel dan Atanaya yang baru dibangun di Bali. Namun demikian ia lebih sering mengarahkan keduanya lewat Jakarta.

Adapun kepiawaiannya dalam mengolah bahan-bahan dapur tentu saja sudah tidak diragukan lagi. Pengalamannya segudang. Sebelumnya ia merupakan Executive Chef Plumed Horse, di Saratoga, Bay Area dan Olympic Club Lakeside, San Fransisco. Lulusan teknik, Université Jean Moulin (Lyon III) ini juga pernah aktif sebagai Instructure Cheft di California Culinary Academy. Di sana ia mengampu Departemen Cullinary Art. Sementara di tahun 2004 hingga pertengahan 2012, ia beralih sepenuhnya ke Day Break Gourmet Catering dengan spesialisasi di Privat Dinner, Wine Dinner, serta kelas memasak. Pada Agustus 2012 ini ia pun masuk ke Indonesia dan dipercaya untuk menangani masalah dapur Hotel Century Park, Senayan.

Lantas apa rencana gebrakannya untuk menu hotel yang ditangani sekarang? Pria kelahiran 1957 ini akan menghadirkan menu yang bertopik September Seafood Sentation selama bulan September. Ia juga akan menawarkan tiga menu utama yakni : Crispy Skin Cajun Style Tasmania Salmon with Tropical Salsa, Red Snapper Filet with Citus Segment & Olive Oil, serta Grilled Duo of Jumbo Prawns & Indonesia Scallops in the Shell with and Orange & Red Chili Reduction. Menu ini akan sangat cocok dengan tamu-tamu pecinta seafood, dan tentu saja, taste of spicy food kegemarannya, yang tak akan pernah ketinggalan di piring saji.

Sesuai dengan misi dari gelar yang telah disandangnya, ia berharap dapat melestarikan dan menebar seni kuliner Perancis, di samping mendorong pelatihan memasak serta membantu pengembangan kariernya secara profesional. (EVA)

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)