Peter Shearer, Garap Augmented Reality Mendunia

PeterBerlatarbelakang sekolah periklanan yang dituntut untuk memikirkan suatu konsep atau karya yang menarik dan berbeda dengan yang lain, kini di AR&Co., Peter Shearer diharuskan membuat suatu konsep atau karya melalui media teknologi. Menduduki jabatan sebagai Managing Director, pria kelahiran 11 Desember 1983 ini fokus untuk mengembangkan teknologi Augmented Reality. Tidak cukup berpuas diriĀ  menjadi yang terbesar di South East Asia, Peter ingin mengepakkan sayap AR&Co. melalui Augmented Reality di Asia, Amerika, dan Eropa. Berikut penggalan wawancaranya dengan Indah Pertiwi dari SWA Online.

Bisa dijelaskan mengenai perjalanan karier Anda?

Setelah lulus, saya sempat bekerja di salah satu agency periklanan tapi hanya untuk beberapa bulan. Lalu karena saya lebih suka menjadi seorang entrepreneur, saya mendirikan perusahaan sendiri yang bergerak di bidang seragam. Lalu dua tahun kemudian saya bersama Pak Daniel Surya dan Pak Michael Budi bersama-sama mendirikan perusahaan mobile digital dan akhirnya fokus dengan teknologi augmented reality.

Di posisi saat ini tanggung jawabnya meliputi apa saja?

Untuk saat ini saya sebagai pimpinan unit harus bertanggung jawab penuh dengan finansial perusahaan, strategi perusahaan, visi dan target perusahaan sampai menjaga keharmonisan internal perusahaan.

Almira Shinantya, Daniel Surya, Peter Shearer (Kiri-Kanan) Almira Shinantya, Daniel Surya, Peter Shearer (Kiri-Kanan)

Saat ini membawahi berapa staff?

Saat ini total staf ada 42 orang.

Apa saja terobosan atau inovasi yang Anda buat ?

Inovasi biasanya hasil dari pemikiran tim, bukan hanya diri saya sendiri. Tim selalu saya motivasi untuk membuat sesuatu yang menarik, yang belum pernah dilakukan oleh orang lain dan bisa bermanfaat dan dinikmati oleh semua orang. Contoh inovasi yang pernah kami buat adalah augmented reality dengan menggunakan efek 4d, lalu penggunaan payment system dengan teknologi kami untuk keperluan donasi dan yang lain sebagainya.

Apa prestasi yang sudah Anda torehkan selama berkarier?

Untuk prestasi perusahaan, kami banyak sekali mendapatkan berbagai penghargaan baik dari dalam negeri maupun luar negeri. Yang terakhir kami berhasil mendapatkan penghargaan dari The New Economy, media eksklusif yang berasal dari Inggris, menempatkan kami sebagai satu dari 40 perusahaan yang paling inovatif di bidang teknologi di dunia. Yang membuat kami sejajar dengan raksasa teknologi lain seperti Facebook, Qualcomm, Toyota, dll. Untuk prestasi pribadi, saya pernah masuk ke dalam jajaran 40 orang tersukses di bawah umur 40 tahun oleh majalah Fortune.

Bisa diceritakan awal mula Anda bergelut dalam Augmented Reality?

Awal mulanya sebenarnya kebetulan saja kami melihat teknologi ini di E ropa. Lalu kami melihat ini suatu teknologi yang luar biasa potensial, yang bisa kami kolaborasikan dengan service branding kami. Pada saat awal memang masih bersifat mencoba-coba, tapi kemudian karena respon yang positif dari client client awal kami, membuat kami merasa percaya diri untuk mengembangkan teknologi ini.

Apa saja tantangan apa saja yang dihadapi?

Tantangan yang dihadapi adalah pengenalan masyarakat akan potensi dan kebutuhan akan teknologi ini, kami perlu senantiasa mengedukasi masyarakat bahwa teknologi augmented reality ini bukan hanya sekedar teknologi yang sedang tren lalu menghilang tapi sebenarnya merupakan teknologi yang akan menjdi bagian dalam kehidupan kita sehari-hari.

Sebenarnya siapa segmen pasar yang dituju?

Semua segmen masyarakat, mulai dari anak kecil sampai dewasa.

Siapa saja kliennya ?

Klien kami seperti Caltex, Garuda Indonesia, Telkom Indonesia, Disney, Transformers, Cartoon Network, Sony, dan masih banyak yang lain.

Untuk ambisi hidup sendiri apa yang masih ingin dicapai?

Saya ingin mempunya yayasan atau sekolah untuk anak-anak. Karena saya percaya mereka adalah generasi penerus bangsa. Kalau kita mempunyai generasi penerus yang baik dan berbobot, saya percaya bangsa kita pasti akan berprestasi lebih lagi. (EVA)

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)