Prita Kemal Gani Raih Penghargaan Tokoh PR Pilihan SPS 2014

Pendiri dan Direktur London School of Public Relations (LSPR) Jakarta yang juga menjabat Ketua Umum Perhimpunan Hubungan Masyarakat Indonesia (Perhumas) 2011 - 2014, Prita Kemal Gani, MBA, MCIPR, APR menerima penghargaan untuk kategori Tokoh Humas Pilihan Serikat Perusahaan Pers (SPS) pada acara “The 3rd Indonesia Public Relations Awards & Summit (IPRAS) 2014” yang diselenggarakan di The Sahid Rich Jogja Hotel, Jalan Magelang No. 18, KM 6, Yogyakarta.

(ke-2 dari kiri) Prita Kemal Gani raih penghargaan PR dari (ke-2 dari kiri) Prita Kemal Gani raih penghargaan  Tokoh PR Pilihan SPS 2014

Sejak pertama kali SPS Awards diberikan tahun 2012, penerimanya adalah tokoh-tokoh dengan karakter kepemimpinan otentik, baik dari bidang bisnis, maupun tokoh organisasi sosial dan pemerintah. Pada kategori Tokoh Public Relations Indonesia 2014, SPS yang dipimpin oleh Dahlan Iskan, mengamati dan menilai lebih dari 100 Tokoh Public Relations dan memandang Prita mempunyai peran besar dan strategis dalam pengembangan dunia kehumasan di Indonesia sehingga layak untuk diberikan penghargaan.

Prita telah sukses mengembangkan LSPR – Jakarta selama 22 tahun dan menghasilkan lebih dari 15.356 lulusan yang telah menjadi praktisi komunikasi khususnya public relations di berbagai institusi dalam dan luar negeri, hingga LSPR – Jakarta mendapat kepercayaan dari Direktorat Jenderal Bidang Kerja Sama ASEAN, Kemenlu RI untuk menjadi Pusat Kajian ASEAN dalam Perspektif Public Relations (LSPR Centre of Study on ASEAN Public Relations).

Kontribusi Prita di dunia public relations telah mencatatkan sejarah sebagai ketua umum perempuan pertama dalam perjalanan 39 tahun berdirinya Perhumas. Di bawah kepemimpinan Prita, lembaga yang menghasilkan berbagai program ini makin memperkuat peran public relations di berbagai industri dan mengambil peran penting dalam program pemerintah untuk menyamakan standar kompetensi public relations secara nasional.

PritaLSPR2

Kecintaan Prita Kemal Gani akan dunia public relations memotivasinya untuk terus berpikir global untuk kemajuan profesi public relations, yang kemudian memunculkan ide untuk mempersatukan para public relations di ASEAN. Bersama para pemimpin organisasi public relations dari negara – negara ASEAN, Prita Kemal Gani telah membentuk ASEAN Public Relations Network (APRN) yang bertujuan untuk menyatukan visi, misi dan standar bagi profesi public relations di ASEAN dan organisasi ini telah diresmikan pada tanggal 2 Juni 2014 di ASEAN Secretariat, Jakarta. APRN yang memiliki tagline “The Voice of ASEAN Public Relations” saat ini adalah organisasi profesi public relations tertinggi di ASEAN.

“Jelang ASEAN Economic Community 2015, public relations dapat berperan besar dalam mensosialisasikan dan ikut membantu pemerintah dalam mempersiapkan masyarakat di masing – masing negara ASEAN. Selama ini ada kekhawatiran bahwa ASEAN Economic Community 2015 akan berdampak pada banjirnya tenaga kerja asing sehingga tenaga public relations local akan kehilangan pekerjaannya. Melalui APRN, saya dan teman – teman ingin mengubah pandangan tersebut bahwa yang akan terjadi adalah kebalikannya. 10 negara ASEAN akan semakin kuat, terhubung dan dapat bekerja sama satu dengan yang lainnya. Selanjutnya dengan kekuatan public relations dari 10 negara ASEAN yang telah bersatu, akan membawa ASEAN lebih maju dan berkontribusi di dunia. Indonesia memiliki potensi public relations yang luar biasa, karena itu saya berani memulai untuk menjadikan Indonesia sebagai Centre of ASEAN Public Relations,” jelas Prita yang menjabat President of APRN.

Kini, Prita pun menjadi host dari program talk show radio bernama PR Corner yang membahas seputar dunia public relations secara santai namun informatif bersama para narasumber yang merupakan tokoh-tokoh PR Indonesia. Program ini merupakan hasil kerja sama LSPR – Jakarta dengan Radio 105.8 Lite FM. PR Corner mengudara setiap hari Senin pukul 20.00-21.00 WIB. Melalui program talk show ini diharapkan dapat menjadi salah satu sarana berbagi pengalaman dan pengetahuan bagi para insan public relations. Melalui PR Corner juga diharapkan masyarakat dan industri akan lebih mengerti mengenai profesi public relations.

Dalam acara Indonesia Public Relations Awards & Summit 2014, selain sebagai penerima penghargaan, Prita menjadi pembicara di salah satu sesi forum IPRAS 2014 dengan tema “Reputasi Bangsa di Era Kepemimpinan Baru”. Tema khusus ini merupakan tema besar yang diusung sesi ke-3 IPRAS tahun ini. Acara tahunan SPS kali ini diharapkan akan menjadi forum nasional yang lebih besar dibanding tahun lalu, karena pada tahun ini Indonesia Public Relations Awards & Summit digandeng dengan acara “The 1st Indonesia Media Research Awards & Summit (IMRAS) 2014. Acara ini akan dihadiri lebih kurang 200 akademisi komunikasi dan peneliti media dari seluruh Indonesia.

Sehubungan dengan hal ini, LSPR – Jakarta yang diwakili oleh Prita, Direktur dan Serikat Perusahaan Pers (SPS) yang diwakili oleh Dahlan Iskan, Menteri BUMN sekaligus Ketua Umum, Dewan Pimpinan Pusat Serikat Perusahaan Pers (SPS) Pusat akan menandatangani nota kesepahaman untuk menyelenggarakan uji kompetensi bagi profesi public relations untuk meningkatkan kompetensi profesi pada ranah komunikasi, khususnya public relations. Uji kompetensi dilaksanakan oleh Lembaga Sertifikasi (LSP) – LSPR, lembaga sertifikasi profesi yang pertama dan masih satu-satunya yang mendapatkan lisensi dari Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP) untuk menyelenggarakan uji kompetensi public relations di Indonesia.

London School of Public Relations – Jakarta yang berdiri sejak 1 Juli 1992 adalah sebuah perguruan tinggi swasta yang menyelenggarakan program sarjana ilmu komunikasi yang terbagi atas enam konsentrasi pilihan yaitu, Public Relations, International Relations, Marketing, Mass Communication, Visual Design Communication & Advertising dan Performing Arts Communication, serta program pasca sarjana yang terbagi menjadi empat konsentrasi yaitu Corporate Communication, Marketing Communication, International Relations Communication dan Mass Media Management. Saat ini LSPR – Jakarta memiliki 15.356 lulusan serta lebih dari 4 500 mahasiswa/i aktif. www.lspr.edu. (EVA)

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)