Metland Tak Mau Sembarangan Bangun Hotel Semi Budget

Pembangunan hotel bertarif murah, atau hotel budget, semakin marak. PT Metropolitan Land Tbk, atau Metland, termasuk salah satu pemain di bisnis ini. Akan tetapi, Metland tidak mau membangun hotel dengan sembarangan. Faktor lokasi menjadi hal yang sangat diperhatikan.

“Mengenai hotel budget, saya kira kita akan pilih kota-kota yang potensial. Kalau tidak dipilih, berbahaya. Jangan sampai hotel budget ini terlalu banyak,” sebut Nanda Widya, Presiden Direktur PT Metropolitan Land Tbk, di Jakarta, Selasa (22/1/2013).

Nanda Widya, Presiden Direktur PT Metropolitan Land Tbk (ketiga dari kanan), dan Olivia Surodjo, Vice Director Corporate Affair&Corporate Secretary PT Metropolitan Land Tbk (kedua dari kanan).

Metland telah mempunyai hotel yang diklaim semi budget dengan merek @HOM Hotel di Tambun, Bekasi. Sekarang @HOM juga sedang dibangun di Cirebon, di mana pemancangan tiang pertama dilakukan 14 November 2012. Nanda berkata, pembangunan kedua hotel itu mempertimbangkan lokasinya yang strategis. “Di Tambun, Cirebon, karena akan tumbuh tol-tol baru, dan pengembangan bandara di Majalengka,” tambahnya.

Olivia Surodjo, Vice Director Corporate Affair&Corporate Secretary PT Metropolitan Land Tbk, menambahkan, penawaran dari sejumlah pihak untuk membangun hotel sebenarnya banyak. Akan tetapi, Metland cukup selektif dalam melihat tawaran yang ada. “Karena begitu banyak (tawaran) yang masuk, jadi kita harus make sure lokasi itu benar-benar strategis. Jadi, kita nggak asal masuk,” tutur Olivia.

Di Cirebon, jelas dia, pembangunan hotel ditargetkan selesai akhir tahun ini. Hotel terdiri dari 8 lantai ditambah 1 mezzanine. Jumlah kamar yang bakal tersedia yakni 97 kamar. “Kita asumsikan operasional kuartal IV tahun ini,” tambahnya.

Selain di Cirebon, @HOM Hotel juga akan berdiri di Lampung. Metland akan mendirikan hotel dengan 9 lantai ditambah 1 mezzanine. Jumlah kamarnya lebih banyak ketimbang yang di Cirebon, yakni dengan 108 kamar. Akan tetapi, hotel ini rencananya baru akan dibangun pada April mendatang. Dan ditargetkan selesai kuartal I tahun 2014. “(Nilai investasi) mirip-mirip dengan Cirebon Rp 45-50 miliar. Karena kalau dilihat dari luasan unit nggak terlalu beda jauh. Terus harga tanah nggak terlalu beda jauh,” lanjut Olivia.

Bukan hanya di kedua kota ini saja, @HOM Hotel akan dibangun. Kota-kota lain akan menyusul. Nanda menyebutkan, hotel ini akan dibangun di Palembang, juga di sejumlah kota di Jawa. Tapi, yang pasti dibangun tahun ini hanya Lampung saja. Olivia menuturkan, “Lampung saja yang sudah pasti (di 2013). Yang lain sedang proses akuisisi lahan. Jadi, nggak bisa bilang akan selesai kapan. Karena setelah akusisi lahan, proses perizinan dan desain takes time.”

Olivia pun menegaskan bahwa anggaran belanja modal sebesar Rp 65 miliar dari Rp 850 miliar pada tahun ini disediakan untuk @HOM Hotel. “Itu sementara untuk Lampung dan Cirebon,” tandasnya. (EVA)

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)