Zerowatt, Sang Pemula asal Milan

Pertarungan produk elektronik dan peralatan rumah tangga kelas atas akan makin ketat, setidaknya setelah hadirnya Zerowatt, produk asal Milan-Italia, yang dikomunikasikan sebagai produk hemat energi, ramah lingkungan dan berdesain ergonomis. Di bawah payung distributor PT Berkat Andijaya Elektrindo (BAE), produk Candy Group -- enam perusahaan alat rumah tangga terbesar di Eropa-- ini dirilis pada Februari lalu.

David Kadisihe, Manajer Key Account BAE. mengatakan, Zerowatt hadir di pasar Indonesia karena melihat perkembangan daya beli konsumen di Tanah Air semakin membaik dan kepedulian terhadap lingkungan meningkat. Untuk itu, Candy merilis sejumlah produk andalan seperti mesin cuci, kompor tanam, tudung isap (cooker hood), microwave, oven, kulkas, water dispenser dan vacuum cleaner.

David Kadisihe David Kadisihe, Manajer Key Account PT Berkat Andijaya Elektrindo (BAE) distributor Zerowatt

Di Eropa Zerowatt merupakan produk elektronik kelima terbaik dan telah eksis hampir 30 tahun. “Kami yakin bisa menembus pasar Indonesia yang selama ini familier dengan produk Jepang,” kata David.

Bagi David, keunggulan Zerowatt sulit ditandingi oleh produk sejenis di pasar. Misalnya, pada mesin cuci front load (bukaan depan) tipe OZ 128 DF dan OZ 107, dengan fitur Auto Half Load di mana sensor-sensor di dalam mesin cuci secara otomatis dapat mendeteksi penggunaan air, deterjen dan lamanya waktu pencucian berdasarkan berat cucian tanpa mengurangi hasil cucian. Selain itu, produk ini memiliki keunggulan pada spin master yang ramah pada pakaian.

Barang lain, seperti water dispenser, memiliki desain ergonomis dan fitur hemat energi juga. Umumnya, posisi galon air di atas. Namun, pada Zerowatt, galon air berada di bawah (technology bottom loading) yang memudahkan pengguna meletakkan galon air, dan tidak perlu mengangkat galon air yang berat, sehingga melindungi pengguna dari cedera. Dengan konsumsi daya 85 watt untuk air dingin dan 350 watt untuk air panas, water dispenser ZWD-88A3 ini menjadi yang paling hemat energi di kelasnya.

David memasang target penjualan mesin cucinya 5%-10% dari total penjualan mesin cuci di Tanah Air. Melihat data penjualan nasional dari Electronics Marketers Club (EMC) tahun lalu, di mana total penjualan nasional mesin cuci mencapai 926.094 unit, maka target penjualan Zerowatt tahun ini sebesar 46.304-92.609 unit.

Adapun strategi yang digunakan adalah memperkuat jaringan distribusi Zerowatt di kota-kota besar di Indonesia, memperkuat brand awareness dan citra, melakukan program pemasaran yang efektif, serta memperkuat jaringan pascajual. Saat ini Zerowatt hadir hampir di seluruh Tanah Air seperti di Jawa, Bali, Sumatera, Sulawesi dan Kalimantan, dan masih menyusul di Ambon dan Papua. Segmen yang dibidik adalah kelas menengah-atas. Sebagai gambaran, harga mesin cuci berkisar di angka Rp 4,5-7 juta per unit.

Menurut Darmadi Durianto, Direktur Pemasaran Infinty Consulting, jika melihat harga mesin cuci Zerowatt, bisa dipastikan segmen yang diambil Zerowatt adalah premium. Di segmen tersebut Zerowatt akan berhadapan antara lain dengan Electrolux yang sudah lebih lama menggarap pasar premium. “Ini market yang kecil, paling hanya 1%,” ujar Darmadi. Diungkapkannya, dalam segmen ini produsen tak mementingkan volume penjualan, tetapi margin. Ia memperingatkan, Electrolux saja saat ini sudah dipaksa menurunkan harga dan mengejar volume karena target penjualan tak tercapai.

Darmadi menilai, daya saing yang ditawarkan Zerowatt menyangkut hemat energi, ramah lingkungan, dan desain yang menarik adalah sesuatu yang biasa. “Itu tidak wah. Segmen atas sangat menyukai teknologi, maka mestinya teknologinya dibuat yang canggih seperti ada Wi-Fi-nya,” ujar sarjana ekonomi dari Fakultas Ekonomi Unika Atma Jaya, Jakarta, dan MBA dari University of Manila, Filipina, ini. Ia menyarankan agar Zerowatt membuat diferensiasi yang lebih kuat, dan meningkatkan citranya secara drastis supaya orang mau beli.(*)

Yuyun Manopol & Gustyanita Pratiwi

Leave a Reply

1 thought on “Zerowatt, Sang Pemula asal Milan”

Saya pengguna mesin cuci zerowatt ketika tinggal di italy, hanya satu kata untuk zerowatt : BAGUS :)
by arya, 08 Aug 2012, 00:44

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)