Adam Raih Omset Rp2,4 Miliar dari Baju Wah Gede Banget

Memiliki tubuh besar kerap kali sulit mencari pakaian yang trendy atau kekinian. HAl ini dirasakan betul oleh Adam Abdullah, pemilik brand fesyen Wah Gede Banget (WGB).

Ia bercerita tentang pengalamannya saat bekerja disebuah bank, yang dituntut berpenampilan menarik untuk bertemu mitra atau klien. Namun, menurutnya dalam mencari baju pria dengan ukuran tubuh di atas rata-rata sangatlah sulit. Pasalnya tidak banyak toko atau outlet yang menjualnya.

“Akhirnya waktu itu saya sering jahit baju, dengan model yang saya inginkan dan ternyata teman-teman saya bilang bagus.” ujarnya ketika ditemui SWA Online beberapa waktu lalu.

"Setelah itu, tahun 2014, saya mulai mencoba membuat beberapa koleksi kemudian saya jual ke teman-teman terdekat dahulu,” ungkapnya.

Namun, di sisi lain ia menginginkan WGB tidak cuma untuk berbisnis, namun memberikan akses luas kepada orang-orang yang susah mendapatkan fesyen plus size, sehingga mereka juga bisa mengikuti tren dan perkembangan mode saat itu.

Kemudian, pria kelahiran tahun 1985 ini, mendapatkan banyak permintaan dari teman-teman terdekat untuk dibuatkan baju dengan ukuran besar seperti yang ia pakai. Dari sinilah ia melihat peluang untuk membuat bisnis pakaian pria berukuran jumbo. Maka secara otodidak Adam pun belajar mengenai bahan baju, model dan tren fesyen.

Ketika merasa siap, Adam pun mulai memberanikan diri menawarkan produknya melalui media sosial. “Di awal-awal itu saya hanya membuat dua lusin. Setelah dipasarkan di media sosial ternyata animonya dalam satu bulan pertama meledak, pembelinya naik 5 kali lipat,” tuturnya.

Setelah melihat animo yang begitu besar, ia memutuskan untuk resign dari perusahaan perbankan swasta tempatnya bekerja untuk fokus ke bisnis ini. Bermodalkan Rp 20 juta yang digunakan untuk membeli bahan dan budget promosi di media sosial. Saat ini, WGB sudah mempunyai beragam jenis model pakaian, mulai dari kaos, kemeja hingga batik dan akan terus berkembang ke produk lainnya.

Dibantu sembilan karyawan, tak disangka pertumbuhan bisnisnya terus meningkat setiap tahunnya. Di tahun 2017 omset WGB mencapai Rp 800 juta dan pada Semester I/2017 naik RP 2,4 miliar. Tiap bulan ia bisa menjual 800-1000 pieces baju dengan harga mulai dari Rp140 ribu hingga Rp450 ribu. Tahun depan ia menargetkan bisa naik hingga 100%. 

"Saya berharap dengan WGB pria plus size itu dapat tampil dengan baik dan memberikan rasa kepercayaan diri yang lebih lagi, karena pria plus size juga bisa tampil fashionable," katanya.

Editor : Eva Martha Rahayu

www.swa.co.id

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)