Bisnis Baru Mantan Petinggi Yahoo

Meningkatnya angka kunjungan pelancong ke Indonesia ternyata menarik sejumlah investor asing. Salah satunya, Travelmob, sebuah media pemasaran social stay di mana para pemilik properti di Asia Pasifik bisa menawarkan berbagai tempat unik kepada para pelancong yang memerlukan tempat menginap jangka pendek. Dengan adanya media tersebut, para pelancong bisa memiliki kesempatan untuk menemukan akomodasi berkualitas dengan harga terjangkau.

Turochas Fuad, Founder Travelmob

Travelmob didirikan oleh Turochas Fuad, mantan Managing Director Skype Asia Pasifik, bersama dengan  Prashant Kirtane, mantan Head of Engineering Yahoo! India. Travelmob lahir karena didorong semakin banyaknya pelancong yang ingin merasakan pengalaman unik selama perjalanan, termasuk pilihan tempat menginap di mana mereka dapat bertemu dengan penduduk setempat serta mengalami langsung keramahan dan kebudayaan daerah tersebut.

Turochas, CEO dan Co-Founder Travelmob, menjelaskan,  Travelmob khusus berkonsentrasi pada wilayah Asia Pasifik sebagai kawasan yang dituju oleh pelancong dari seluruh dunia. Tujuannya adalah menjadi media pemasaran terkemuka yang menawarkan berbagai pilihan social stay dan pengalaman unik di kawasan tersebut.

Menurutnya, secara global, Asia Pasifik merupakan salah satu kawasan yang mengalami pertumbuhan sangat cepat di bidang pariwisata. Menurut Pacific Asia Travel Association (PATA), kunjungan tamu internasional di kawasan ini tumbuh 10% pada bulan Maret 2012 dibandingkan bulan yang sama pada tahun sebelumnya, dan Asia Tenggara memimpin dengan pertumbuhan 15%.

Di samping keberagaman budaya di kawasan Asia Pasifik, yang menjadikannya tujuan menarik, peningkatan jumlah tamu internasional tersebut juga bisa dikaitkan dengan meningkatnya pendapatan penduduk kelas menengah di Cina, India dan wilayah Asia Tenggara. Setiap tahunnya Cina bisa memiliki 25 juta penduduk yang termasuk golongan kelas menengah, dan di Indonesia sendiri jumlah penduduk kelas menengah diperkirakan akan mencapai 60 juta dalam waktu dekat.

“Travelmob menyediakan platform yang aman bagi para pemilik properti di Asia Pasifik untuk mendaftarkan properti, apartemen atau vila mereka untuk sewa jangka pendek. Situs ini juga memudahkan seluruh proses pemesanan dengan menyediakan platform pengiriman pesan yang aman bagi Guests (pelancong) dan Hosts (pemilik properti) untuk saling berkomunikasi dan melakukan transaksi keuangan di antara kedua pihak guna menjamin keamanan dan ketepatan waktu pembayaran,” jelas Turochas.

Travelmob juga menyediakan sistem pembayaran yang aman bagi para tamu dan menahan pembayaran tersebut sampai dengan 24 jam setelah tamu check-in, untuk memastikan seluruh proses berjalan dengan lancar dan memuaskan.

Paham bahwa para pelancong umumnya mempercayai rekomendasi dari teman dan pelancong lain, Travelmob telah membangun sistem transparan di mana Guests dan Hosts juga dapat berbagi informasi satu sama lain mengenai tempat tinggal yang sudah pernah digunakan sebelumnya. Selain itu, situs tersebut juga terintegrasi dengan jejaring sosial terkemuka seperti Facebook, Twitter dan Pinterest, yang memungkinkan para pengguna berbagi pengalaman Travelmob mereka dengan jaringan mereka dan mengetahui siapa dari mereka yang juga merupakan fans dari Travelmob.

"Bisnis ini baru dimulai. Kami akan terus meminta masukan dari komunitas kami dan akan memperkenalkan lebih banyak lagi fitur yang disesuaikan dengan kebutuhan lokal dalam waktu dekat. " Prashant, CTO dan Co-Founder Travelmob mengungkapkan.

Sebelum bergabung dengan kantor pusat Skype Asia Singapura, Turochas, bertanggungjawab terhadap semua aspek bisnis dari divisi Mobile Yahoo! di seluruh Asia Tenggara. Ia berhasil meningkatkan jumlah kemitraan operator Mobile Yahoo! di Asia Tenggara dari 3 menjadi 12 dalam satu tahun pertama jabatannya, serta mengatur penggunaan dan pendistribusian layanan Mobile Yahoo! sekaligus iklan melalui media mobile di wilayah tersebut. Lulusan Universitas Texas, Amerika Serikat ini. memulai kariernya di Yahoo! dengan menjalankan bisnis Mobile Music global dan membangun berbagai kemitraan.

Sedangkan, Jabatan terakhir Prashant sebelumnya adalah Senior Director di divisi teknik untuk Video Yahoo tingkat global, di mana ia memimpin sebuah tim yang terdiri dari 40 teknisi untuk menghadirkan beragam kemampuan dan platform baru video Yahoo! bagi para konsumen.

Ia memulai kariernya di Yahoo India  sebagai Head of Engineering dan kemudian memegang berbagai peran global di divisi Mobile Yahoo! Inc, di mana ia memimpin pengembangan produk untuk berbagai produk Mobile Media di iOS, Android, dan beberapa platform jaringan Mobile. Ia juga memprakarsai berbagai teknik mobile tingkat regional di kawasan Asia, Eropa, dan Amerika. Sebelum bergabung dengan Yahoo! Inc, Prashant bekerja di Tata Infotech Ltd selama 3 tahun dan menjabat sebagai Senior Systems Engineer. (EVA)

 

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)