Hadi Wenas Siap Roketkan aCommerce

Hadi Wenas, nama ini mungkin identik dengan Zalora, kanal belanja online terbesar yang pamornya meroket beberapa tahun terakhir. Benar, Wenas memang salah satu punggawa penting Zalora yang bertanggung jawab atas marketing, operasi, teknologi, dan SDM. Namun kecintaannya pada dunia e-commerce, tak membuatnya stag di satu tempat. Ia ingin membuka peluang e-Commerce ke perusahaan-perusahaan Indonesia lebih luas lagi.

Berbekal pengalamannya yang lebih dari 10 tahun di bidang startup, konsultasi manajemen (McKinsey & Company), dan pengembangan software (Oracle Corporation) di Amerika dan Asia, lulusan Masters of Computer Science dari Stanford University ini kini menahkodai aCommerce Indonesia.

aCommerce Indonesia (www.acommerce.asia) adalah perusahaan yang berfokus untuk melakukan eksekusi layanan dari hulu ke hilir untuk sebuah bisnis online. Cakupannya seperti manajemen pergudangan, pengiriman, pelayanan call center, teknologi, hingga marketing di kanal online maupun tradisional. Lantas bagaimana strategi Wenas mengelola bisnis barunya ini hingga bisa sebesar Zalora? Simak penuturannya kepada SWA Online :

Hadi Wenas, CEO aCommerce Indonesia Hadi Wenas, CEO aCommerce Indonesia

Kabarnya sekarang Anda ada kesibukan baru di luar Zalora?

Setelah sukses membawa Zalora Indonesia dari startup menjadi e-commerce fashion terbesar di Indonesia, saya sekarang membuka bisnis baru yang potensinya lebih besar lagi dan dapat membantu pertumbuhan ekonomi (bidang digital) di Indonesia. Bisnis saya yang baru adalah aCommerce Indonesia. Fokusnya adalah memberikan layanan eksekusi bagi para brand dan retailer yang mau ekspansi ke kanal digital dari manajemen gudang, pengiriman, layanan customer, call center, hingga ke marketing dan teknologi.

Kenapa bisa terpikir sekarang ?

Ini adalah saat yang tepat, apalagi melihat perkembangan kontribusi penjualan online di Indonesia sudah terlihat transisi ke area di luar kota-kota besar. Potensinya besar sekali! Setelah memantau perkembangan eCommerce dari kejauhan, ini saatnya untuk the “Empire” (Brands & Retailers) to strike back!”

Apa sih yang ingin dicapai aCommerce ?

Komitmen aCommerce adalah menjadi mitra layanan eksekusi eCommerce terbesar dari hulu ke hilir untuk pemilik brand, retailer, startup, dan produsen di Asia Tenggara. Misi kami , utamanya mengembangkan bisnis klien dengan menjadi performance partner terpercaya yang berfokus pada peningkatan sales dan optimisasi interaksi layanan antara brand dan pelanggan. Visinya juga sangat aspiratif, untuk mempercepat pencapaian potensi eCommerce di Indonesia, yang sesungguhnya dengan membantu brand maupun retailer besar untuk masuk ke dunia eCommerce dan menumbuhkan sumber daya lokal di industri ini.

Apa saja jasa yang ditawarkan?

Kami menyediakan solusi yang sudah berjalan, proses yang scalable, platform teknologi yang modular berdasarkan pengalaman dan keahlian kami di bidang-bidang berikut : manajemen pergudangan (barang masuk, penyimpanan, barang keluar, dropship, pengiriman), pelayanan call center (order via telpon, penanganan keluhan, pertanyaan terkait order / produk, targeted outbound telesales), penanganan konten (foto produk, digital imaging, penulisan konten), marketing (peningkatan konversi website, kanal online berbayar–SEM FB Display Affiliates Network, kanal organik–SEO email SocialMedia, dan PR di media online).

Jumlah klien yang sudah masuk?

Hingga saat ini, sudah ada 3 klien mengonfirm untuk menjadikan aCommerce sebagai partner eksekusi layanan mereka. Kami sedang mempersiapkan peluncurannya di bulan Desember.

Investasi awalnya ?

Untuk investasi awal, kami siapkan gudang siap pakai seluas 1.500 m2.

Bagaimana dengan tim intinya?

Tim inti akan bergabung dalam waktu beberapa minggu, momentumnya sangat baik.

Ambisi atau target Anda di aCommerce ?

Ambisi / aspirasi saya adalah untuk unleash eCommerce opportunities in Indonesia and build local talents in the industry. Saya ingin semua orang tahu bahwa Indonesia adalah salah satu negara eCommerce besar di dunia dan yang menjalankannya adalah putra-putri bangsa tercinta kita sendiri.

Untuk semua pemilik brand atau retailer, jika anda percaya dengan potensi pertumbuhan eCommerce di Indonesia, aCommerce dapat membantu anda mencoba dan mempercepat proses ekspansi digital ini dengan risiko dan biaya yang terjangkau. Saya dan tim yang sudah berpengalaman di bidang ini siap membantu eksekusi yang mudah, cepat, dan biaya terjangkau. (EVA)

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)