Husen Ahmad Menggabungkan Bisnis Pengobatan Herbal dan Wisata

Dengan dukungan ilmu dan pengalaman bertahun-tahun bidang Holistic Medicine (perpaduan Conventional Medicine dan Eastern Medicine) di berbagai negara, membuat Dr. Husen Ahmad, MD, PhD atau akrab disapa Dr. Husen  menjadi seorang pakar sekaligus pendiri Holistic Medicine yang pertama di Indonesia.

Setelah melalui perjuangan yang panjang, akhirnya pada tahun 1993, pria kelahiran Purwakarta, Jawa Barat ini, mendirikan Rumah Sakit Wisata Holistic (Indonesian Holistic Tourist Hospital) di atas lahan sekitar 30 hektar dengan mengusung konsep Back to Nature. Di samping profesinya sebagai dokter, ia pun menulis buku berjudul Tubuh Anda Adalah Dokter yang Terbaik.

Bertempat di Pondok Salam, Kabupaten Purwakarta, RS ini menawarkan atmosfer alam yang kental dan jauh dari hiruk pikuk keramaian kota. Pemandangan sekitarnya area penghijauan, udara bebas polus dan berada di lereng gunung. Setiap pengunjung disuguhi pemandangan yang indah dengan banyaknya perkebunan, pertanian, dan fasilitas lainnya yang turut menyumbangkan suasana dan pengalaman yang berbeda. “Ada penangkaran rusa, kolam renang, dan jogging track. Sepertinya rumah sakit yang memiliki lahan paling asri hanya di sini. Kami juga mendapatkan penghargaan Green Hospital,” ujarnya.

Rumah sakit ini menggabungkan 2 konsep berbeda menjadi 1, yakni rumah sakit dan resort. Sarana dan prasarana yang didesain sedemikian rupa dimaksudkan untuk memberikan kontak langsung antara pasien dengan alam. “Kelebihan rumah sakit ini setiap pasien dididik secara berkala untuk memahami tubuh mereka sendiri dengan diberikan program penatalaksanaan pola makanan dengan bahan baku organik dan obat herbal. Karena ini adalah Tourist Hospital, maka kami akan kembangkan Medical Tourism dan sebentar lagi pasarkan konsep Healthy Holiday, yaitu berlibur sambil mendapatkan fasilitas medical check-up dan pencegahannya. Kamar-kamar yang kami bangun pun berstandarkan hotel bintang 4,” ungkapnya.

Rumah sakit ini menawarkan kamar untuk rawat inap dengan kelas yang beragam dengan harga yang ditawarkan berkisar dari Rp180 ribu hingga Rp1,5 juta per hari dengan menyediakan rawat jalan. Uniknya lagi, juga menawarkan 30 metode terapi yang tidak ditawarkan rumah sakit lainnya, seperti Phsiotherapy, Koryo Sooji Chim, Homoepathy, Tissue Cleansing, dan lain-lainnya. “Kami memiliki 30 jenis terapi selain  konvensional dan alat Bio Resonance Scanning yang berfungsi untuk mendeteksi setiap kelemahan fungsi organ sebelum terjadi penyakit,” ujarnya.

Rumah sakit ini merupakan anak perusahaan dari PT Holistic Indonesia. Namun, perusahaan ini juga memiliki anak perusahaan lain yang bernama PT Holistik Bio Medicine yang difokuskan untuk memproduksi dan menyuplai obat-obatan herbal bagi pasiennya dan untuk memenuhi permintaan pasar domestik maupun internasional. Kedua,  Planta Holistica Organic Farming yang difokuskan untuk menyuplai kebutuhan bahan baku untuk mitra Planta Holistica dari hasil pengembangan perkebunan tanaman obat, pertanian sayur, buah, serta peternakan organik.

Target Dr. Husen ke depannya ingin mendirikan Supermarket Sehat. Ia mengharapkan masyarakat datang sebelum sakit untuk di Tune Up tubuhnya sembari berekreasi. Saat ini usahanya sudah memiliki cabang di Pekalongan dan berencana ingin membuka lagi di Bali. “Banyak permintaan dari pemerintah daerah dari kota lain untuk bekerja sama, namun kami belum siap secara SDM,” ungkapnya.

 

Editor : Eva Martha Rahayu

www.swa.co.id

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)