Ilmu Kembangkan Usaha Hingga 100 Kali Lipat dari UCEO

Setelah sukses menyalurkan ilmu mengenai kewirausahaan di seri pertama, Universitas Ciputra Entrepreneurship Online (UCEO) kini menghadirkan seri kedua. Bila seri pertama mengangkat tema "Start Up," maka di seri kedua temanya adalah "Scale Up" dengan judul Tumbuh 100 Kali (T100). Berbagai kiat dari lima orang pengusaha yang telah sukses membesarkan usahanya diberikan kepada masyarakat yang mau belajar kewirausahaan secara gratis lewat dunia maya.

"Seri pertama pembelajaran memiliki tema Start Up dengan judul Entrepreneurship Ciputra Way telah diluncurkan pada 24 Agustus 2013, yang sampai saat ini telah menarik perhatian pendaftar lebih dari 23.672 orang yang berasal dari lebih dari 615 kota di lebih dari 83 negara," terang Junita Ciputra, Managing Director Ciputra, dalam acara peluncuran pembelajaran online "Tumbuh 100 Kali," di Jakarta, Senin (17/2/2014).

ciputra uceoDalam kesempatan tersebut, hadir pula Syarief Hasan, Menteri Koperasi dan UKM. Dia mengatakan, berwirausaha adalah salah satu jalan dalam mengurangi tingkat pengangguran yang sekarang ini berada di angka 6,25 persen. Namun, jumlah pengusaha di Indonesia masih kecil. Syarief menyebutkan, rasio jumlah wirausahawan terhadap total populasi di Indonesia baru mencapai sekitar 1,6 persen. "Harapan saya dengan gerakan ini (yang dilakukan oleh Ciputra) mempercepat rasio entrepreneurship di 2014, mudah-mudahan menjadi 2 persen," ucapnya.

Perlu diketahui, dari sekitar 55 juta usaha yang ada di Tanah Air, sebanyak 98,8 persen atau sekitar 54,5 juta adalah usaha mikro. Sementara usaha skala menengah dan besar hanya 1,18 persen. Oleh sebab itu, Syarief melihat bahwa kecakapan mengembangkan usaha sangat penting bagi wirausahawan di Indonesia yang ternyata didominasi oleh pengusaha skala mikro. "Ternyata mereka yang dapat melipatgandakan usaha jumlahnya sangat kecil di Indonesia, sehingga kecakapan ini harus disebarluaskan kepada sebanyak mungkin orang," terang dia, menambahkan.

Kecakapan yang dimaksud oleh Syarief adalah pembelajaran entrepreneurship online seri kedua yang dihadirkan oleh UCEO, yang merupakan sarana pembelajaran kewirausahaan secara online dan gratis. Kini, seri kedua sudah bisa diakses masyarakat lewat alamat situs www.ciputra-uceo.com. Tema melipatgandakan usaha sengaja diangkat untuk mendorong usaha mikro bisa "naik kelas" menjadi berskala menengah bahkan besar. Dengan begitu, pengusaha kecil ini bisa merekrut lebih banyak tenaga kerja, yang akhirnya berperan lebih besar bagi perekonomian negara.

Hal yang menarik di seri anyar ini adalah hadirnya lima orang pengusaha yang sudah berhasil memperbesar bisnisnya untuk berbagi ilmu dengan masyarakat. Mereka adalah Ciputra selaku pendiri UCEO, Martha Tilaar, Dahlan Iskan, Sandiaga Uno, dan Sudhamek. "Keseluruhan hasil rekaman wawancara (dengan lima orang tersebut) dikembangkan oleh UCEO menjadi sebuah modul pembelajaran secara online selama 6 minggu," tutur Junita. (EVA)

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)