Jurus Raja Cat Kayu dari Tangerang Menguasai Pasar

Menjadi penguasa pasar memang harus selalu waspada. Pasalnya, jika lengah, sewaktu-waktu posisinya bisa direbut pesaing yang selalu lapar merebut pangsa pasar. Paradigma tersebut turut dianut PT Propan Raya (Propan), penguasa pasar cat kayu di Indonesia, bahkan Asia Tenggara, yang berkantor pusat di Jl. Gatot Subroto Km. 8, Tangerang, Banten.

Dengan teknologi yang dimiliki Propan Raya, kami akan selalu berinovasi dalam menghadapi kebutuhan pasar yang dinamis serta memberikan solusi dan inspirasi untuk kebutuhan cat yang lengkap untuk memenuhi kebutuhan finishing untuk bangunan, mebel, bahkan cat mobil dan kapal laut,” ujar Kris Adidarma, CEO PT Propan Raya yang mendistribusikan produknya dengan merek-merek antara lain Impra, Ultran dan Propan.

Propan memang telah melalui jalan panjang dalam meraih takhtanya saat ini. Perusahaan yang didirikan Hendra Adidarma, ayah Kris, pada 1979 itu awalnya hanya memproduksi cat untuk rotan dan kayu. Namun, belakangan Propan juga menyasar berbagai jenis cat lainnya, dari bangunan hingga cat mobil dan kapal laut. Meski demikian, tak bisa dimungkiri hingga kini produk cat kayu Propan masih menjadi tulang punggung perusahaan dan bahkan menguasai 67% pangsa pasar cat kayu di Indonesia.

Lengan pemasaran dan distribusi Propan memang sungguh kuat. Di Indonesia saja, Propan memiliki 28 pusat pelayanan. Selain itu, Propan pun telah melampaui batas negara dengan menjangkau berbagai negara Asia melalui distributornya. Antara lain, Malaysia, Vietnam, Singapura, Filipina, Kamboja, Thailand, Brunei dan Kepulauan Maladewa. Bahkan, di Malaysia dan Vietnam, Propan turut memiliki kantor dan pabrik.

Propan Raya Kris Rianto Adidarma, Direktur Pengelola PT Propan Raya Produsen cat, berpose di kantor Sajuta Edisi01 2016

Kris memaparkan, fondasi kesuksesan perusahaannya kini semakin diperkuat dengan berbagai program yang inovatif. “Di antaranya, sejak 2015 terus menggencarkan pengembangan dan revitalisasi Propan Raya,” ujarnya.

Sejumlah program pun diluncurkan untuk menunjang rencana itu. Antara lain, dengan membesut Propan Service Center dan Propan Inspiration Center di Jakarta Barat yang berfungsi sebagai ruang pajang, penyedia berbagai produknya, serta pusat layanan konsultasi cat. “Kami juga gencar membuat program kampanye dengan memasang iklan di berbagai stasiun televisi serta mempunyai program khusus di Trans TV, yaitu The Project Home & Décor bersama Propan,” Kris menjelaskan.

Selain itu, Propan pun terus berinovasi dengan meluncurkan produk baru yang mayoritas berbasis air. Produk tersebut menurut Kris dapat menunjang ekspor mebel Indonesia ke negara-negara Barat yang telah mensyaratkan pemakaian wood finish berbasis air karena lebih ramah lingkungan dan mencegah pemanasan global tetapi tetap berkualitas setara cat solvent-based.

Di tambah lagi, Propan konsisten mengadakan sayembara desain arsitektur Nusantara sejak 2012, bekerja sama dengan Pemerintah Indonesia dalam mendukung pengembangan kota-kota kreatif di Indonesia. Tahun ini Propan mendukung program Pengembangan 10 Destinasi Wisata Indonesia yang dicanangkan Presiden JokoWidodo dengan mengadakan sayembara Desain Rumah Wisata/Home Stay Nusantara bersama Badan Ekonomi Kreatif dan Kementerian Pariwisata.

Saat ini Propan yang mempekerjakan 4 ribu karyawan tengah membangun pabrik baru khusus untuk memproduksi cat dekoratif. Pabrik ini ditargetkan akan meningkatkan kapasitas produksi perusahaan secara keseluruhan, dari 60.000 ton menjadi 130.000 ton per tahun, dan diperkirakan siap beroperasi penuh pada awal tahun depan. “Propan baru selesai membangun sebuah pabrik cat dekoratif dengan teknologi yang canggih dari Jerman dan siap beroperasi penuh awal tahun depan,” Kris menjelaskan.

Selain itu, Kris memaparkan, perusahaannya akan terus meluaskan pasar dengan menggandeng berbagai mitra kerja seperti arsitek, konsultan, kontraktor, painting applicator, dan toko-toko. “Kami akan terus membina kemitraan bisnis yang saling menguntungkan dan terus berkarya untuk pembangunan Indonesia. Itu misi Propan, terus berinovasi dan berkarya untuk Nusantara,” Kris menegaskan. (Riset: Hana Bilqisthi)

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)