Kisah Trio Bersaudara  Meraih Untung dari Pengolahan Kelapa

Minyak Goreng Kelapa, produksi CV Sentra Industri Kelapa

Nama lengkapnya Imam Nur Hidayat. Ia sering dijuluki sebagai pakar kelapa. Itu karena pengetahuannya yang mendalam tentang perkelapaan. Ia sudah berkeliling Nusantara untuk menebarkan peluang bisnis dari pengelohan kelapa. Bukan hanya soal cara budidaya saja, tapi juga soal teknologi pengolahan pasca panennya. “Alhamdulillah kami telah lama melakukan berbagai pelatihan di seluruh Indonesia terkait pengolahan kelapa,” kata Imam Nur Hidayat.

Sudah sejak puluhan tahun lalu, pria yang akrab disapa Imam ini memang menaruh perhatian penuh untuk pengembangan industri pengolahan kelapa. Ia tidak hanya menguasai teori tapi juga praktek Selain menebarkan ilmu lewat pelatihan, ia juga menggarap bisnis rielnya. “Bagi yang tertarik menekuni bisnis bisa langsung praktek dulu di tempat kami,” ujar Imam.

Pria asli Jawa Timur yang kini bermukim di Jogja tersebut, merupakan salah satu owner dari CV. Sentra Industri Kelapa. Ia menjalankan perusahaan ini bersama dua adiknya, Arif Nur Wahyudi dan Mahmud Yunus. Jadilah bisnis trio bersaudara.

Trio bersaudara tersebut, awalnya fokus mengolah kelapa untuk dijadikan aneka produk bahan pangan. Setiap hari, mereka bisa mengolah ribuan butir kelapa untuk dijadikan santan, virgin oil dan minyak goreng. “Sebenarnya bisa juga bahan komestik dan sabun, tapi kami fokus untuk bahan pangan saja,” lanjut Imam jebolan teknik sipil UII tersebut kepada SWA.

Menurut Imam, selama ini tanaman kelapa dikenal juga sebagai tanaman kehidupan. Semua bagian dari tanaman ini, mulai dari akar hingga pucuk daun memiliki manfaat bagi kehidupan manusia. akarnya bisa digunakan untuk bahan obat, batangnya sangat bagus untuk bahan bangunan, bunganya dijadikan bahan gula nira. Manggarnya juga bisa dijadikan gudeg yang mak nyus rasanya` Sedangkan janurnya selain jadi ketupat juga bisa untuk hiasan dalam acara ritual. “Kami fokus mengolah buahnya saja,” tutur bapak dua anak ini.

Sebagaimana pohonnya, semua bagian dari buah kelapa ini bisa dimanfaatkan. Tak ada satu bagianpun yang tersisa. Bagian kulit bisa diolah menjadi cocofiber dan cocopeat. Tempurung bisa dijadikan arang aktif dan briket untuk bahan bakar yang laku keras di luar negri. Sedangkan daging buah, bisa diolah menjadi aneka produk untuk makanan maupun perawatan tubuh. “ Saat ini kami fokus mengolah daging buah dan kulitnyanya,” jelas Imam.

Salah satu produk unggulan yang dihasilkan Trio bersaudara tersebut, adalah minyak goreng merek Herco. Minyak ini dikemas dalam botol satu literan. Dipasarkan lewat jalur offline dan online. Dijalur offline, ada distributor yang menempatkan produk ini ke beberapa pasar modern.

Pages: 1 2 3 4 5

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)