Lely Simatupang, Sarjana Teknik yang ‘Lahirkan’ Jago-Jago Masak

Jika Anda gemar menonton MasterChef, Anda tentu ingat dengan William Gozali, sang pemenang tahun ini. William merupakan jebolan ChezLely Culinary School, sebuah tempat kursus masak yang dirintis oleh seorang lulusan Sarjana Teknik ITB yang baru belajar memasak di usia 40 tahun.

IMG_0469Sarjana Teknik ini namanya Lely Simatupang. Selain melahirkan jawara MasterChef, sederet jebolan ChezLely kini menjadi ‘raja dapur’ di sejumlah restoran ternama seperti restoran Emilie, Cassis, Amus dan sejumlah hotel ternama.

Lely lahir di Pangkal Pinang 9 Januari 1963. Lulus ITB tahun 1986 dan melanjutkan pendidikan manajemen di PPM, Menteng, Jakarta. Setelah lulus, dia bekerja di restoran cepat saji McDonald selama 10 tahun dengan jabatan terakhir sebagai salah satu Direktur Purchasing. Kemudian pindah ke PT Unilever Indonesia Tbk. dengan jabatan Out-of-home Manager, Food Division.

Saat di usia 40 tahun, Lely ingin berbuat sesuatu yang berbeda bagi hidupnya. Akhirnya dia memutuskan untuk sekolah memasak selama enam bulan di Le Cordon Bleu, Paris.

“Saat di Paris saya bersenang-senang, tapi karena sudah ada basic manajemen, maka buat saya belajar di Le Cordon Bleu merupakan investasi. Saat balik ke Indonesia saya harus menjalankan usaha sendiri,” kata Lely.

Tahun 2005 Lely resmi mendirikan ChezLely Culinary School. “Saya tidak tertarik membuat restoran. Cara saya menilai kesuksesan bukan lagi dengan Rupiah. Saya ingin sesuatu yang lebih kualitatif, bukan kuantitatif. Disamping itu saya juga terinspirasi oleh almamater saya, Le Cordon Bleu, yang telah berdiri lebih dari 100 tahun. Banyak orang dari penjuru dunia belajar di sana demi sebuah harapan. Maka berdirilah sekolah ini.”

Di awal mendirikan ChezLely, hambatan yang dihadapi adalah bagaimana mendatangkan siswa. Awal-awal berdiri setiap kelas hanya ada 2-3 siswa. Saat ini rata-rata kelas dibatasi delapan siswa, per harinya ada total ada 24 siswa dan sudah ada ratusan siswa yang lulus.

Lely mengklaim, CezLely Culinary School merupakan tempat kursus masak profesional pertama dan hingga saat ini satu-satunya di Indonesia. “Banyak tempat kursus masak, tapi tidak ada tempat kursus masak profesional. Kalau mau belajar masak profesional harus masuk sekolah formal, seperti STP.”

Lely menginginkan setiap siswa yang belajar di ChezLely bukan hanya sekedar belajar memasak secara teori, tapi secara langsung di dapur profesional dengan pengajar chef yang memiliki pengalaman lebih dari 15 tahun.

Pages: 1 2

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)