Mengenal Sociopreneur Muda Melalui Bing Bang Show

Sebagai seorang brand specialist, Arto Soebiantoro memiliki perhatian dalam pengembangan merek lokal. Ia menggandeng para pengusaha mapan untuk ikut membuat proyek Brand Start, yang kemudian melahirkan sejumlah sociopreneur baru di daerah-daerah di Indonesia. Kisah perjuangannya diangkat dalam acara Big Bang Show, disiarkan di kompas TV pada episode pertama, 1 November lalu.

Menurut Andy F Noya, selaku pembawa acara Big Bang Show, acara ini merupakan salah satu wadah yang diharapkan bisa menjadi tempat berkumpul dan berbagi. Ia mengharapkan agar generasi muda Indonesia, mau berkarya dan berguna bagi masyarakat di sekitarnya.

Andy F Noya dikenal sebagai pembawa  acara Kick Andy di MetroTV. Meskipun sekilas terlihat mirip, menurut Andy, kedua acara tesebut memiliki landasan yang berbeda. Kick andy mengangkat cerita mengenai orang-orang yang berkecimpung di dunia sosial. Saat menjadi pembawa acara, seringkali mereka mengundang para sociopreneur.

Andy F. Noya dalam Acara Big Bang Show Andy F. Noya dalam Acara Big Bang Show

Para sociopreneur seperti Rene Suhardono, Ben Soebiakto, dan Arto Soebiantoro, mampu menciptakan berbagai perubahan. Ia pun mulai berfikir untuk memiliki acara yang bisa memperkenalkan para sociopreneur muda.

Karena itu, tak heran sejak episode pertama hingga episode keenam, acara ini banyak menghadirkan berbagai sociopeneur muda. Mereka banyak melakukan inovasi yang terhitung masih jarang bahkan belum ada di Indonesia.

Beberapa diantaranya adalah Vania Santoso, pembuat tas dari limbah sak semen, Nadya Saib (pendiri wangsa jelita), Pieter Tan (pengusaha kopi asal Papua), dan masih banyak lagi. Para sociopreneur ini memiliki impak yang cukup besar bagi lingkungan sekitar mereka. Inilah yang membut Andy F Noya memutuskan membuat acara Bing Bang Show.

Ia ingin mewadahi ide dan kreativitas anak muda, sehingga mereka bisa lebih berkembang dan membantu lingkungan mereka. Big Bang Show tidak hanya cerita kesuksesan mereka  namun bagaimana agar usaha mereka bisa lebih berkembang. Di acara ini, nanti Andy F Noya akan ditemani 8 orang mentor  yang semuanya merupakan sociopreneur. Mereka adalah Billi Boen, Rene Shuardono, Veronica Colondam, Wilian Tanuwijaya, Yoris Sebastian, Danton, Sihombing, Ben Soebiakto, dan Arto Soebiantoro.

Para pakar tersebut merupakan sociopreneur yang telah sukses di bidang mereka masing-masing. Karena itu, mereka diharapkan bisa membantu para sociopreneur mudah. Nantinya mereka  akan diberikan masukan oleh para pakar agar bisa mengembangkan bsinsi mereka sekaligus membantu masyarakat dan mitra mereka.

Masukan bisa diberikan dalam bentuk teknis seperti packaging, atau pengembangan bisnis, seperti inovasi dan branding.  Andy pun berharap dengan adanya acara ini, anak muda bisa lebih berkarya.”Harapannya nanti anak muda tidak mencari pekerjaan, tapi membuka lapangan pekerjaan,” tuturnya.

 

 

 

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)