Rahasia Khong Guan Merajai Bisnis Biskuit

Sudah 45 tahun Khong Guan terjun ke bisnis biskuit di Tanah Air. Saat ini Khong Guan memiliki sekitar 418 jenis biskuit, mulai dari cream crackers, hard biscuit, wafer hingga cookies. Melalui tag line 'Tak Asing Lagi dan Tak Ada Duanya”, PT Khong Guan Biscuit Factory Indonesia Ltd bisa dibilang cukup dalam menancapkan kukunya di bisnis biskuit. Mereka bersaing ketat dengan Mayora yang juga punya marketshare besar di Indonesia.

Selama ini memang banyak yang salah kaprah menilai produk-produk Khong Guan itu-itu saja, alias stagnan dan tak ada inovasi produk baru. Maklum, hal ini lantaran kebanyakan konsumen melihat produk Khong Guan hanya produk kaleng merah (assorted biscuit) saja. Itu pun kemasannya tak pernah diubah atau bergambar seorang ibu dan dua anaknya yang sedang duduk di meja makan menikmati biskuit.

Padahal sejatinya, selain Kong Guan kaleng merah, perusahaan ini cukup gencar melakukan inovasi melalui merek merek lain selain Khong Guan. Perusahaan yang awalnya didirikan oleh Hidayat Darmono itu, punya merek-merek lain yang namanya cukup terkenal seperti Nissin, Monde dan Serena. Berbagai merek tersebut selalu terus melakukan inovasi, baik dari segi taste (rasa) maupun penampilan produk (kemasan),

Secara garis besar, produk-produknya disasarkan untuk tiga segmen usia, yakni anak-anak, remaja dan dewasa. Untuk segmen anak-anak, ragam produk yang dipasarkan misalnya snack noodleMimi, L.A. Bear, Choco Bear, Big Royal Wafer, Mini Stick, Togo, dan lain-lain. Lalu, untuk kalangan remaja ada Blitz, Milk Marie, Togo Fit, Oishii, Togo Bar, Big Royal Coating, dan lain-lain. Sementara buat kalangan dewasa, disediakan pilihan seperti Cream Crackers, Malkist Crackers, Marie Special, OPP Red, Red Khong Guan, Butter Cookies, wafer, dan sebagainya.

Lantas, bagaimana resep Khong Guan untuk bisa terus eksis dan berada di hati konsumen. Direktur Khong Guan Group, Budi Hendarto, menuturkan, perusahaan selalu fokus terhadap kualitas dari produk. Kualitas menurut dia, adalah hal paling utama ketika berbicara persaingan dan eksistensi.

Untuk mendapatkan konsumen yang loyal, ia mengatakan, Khong Guan selalu memastikan bahwa produknya bisa disambut pasar dengan baik. Maka itu, Khong Guan menggunakan bahan bahan berkualitas untuk menghasilkan produk yang bermutu tinggi.

Khongguan

Ia pun menggambarkan proses produksi di Khong Guan yang selalu mengedepankan mutu. Ia mengatakan bahwa untuk menjamin mutunya Khong Guan Group telah memiliki sertifikat halal dan sertifikat ISO 22000: 2005, yang memastikan produk yang dihasilkan aman untuk di konsumsi.

“Bicara soal persaingan, pasti hal pertama yang ditekankan adalah produknya dulu, kalau produk sudah baik diterima pasar, baru kemudian bicara strategi-strategi lainnya,” ujarnya ketika berbincang kepada SWA Online.

Ketika produk tersebut telah diterima oleh masyarakat, ia menuturkan langkah selanjutnya ialah bagaimana memperluas jaringan distribusi yang kuat. Khong Guan setiap tahunnya ia katakan selalu memperbanyak jumlah distributor dan chanel chanel penjualan hingga ke pelosok pelosok daerah di seluruh nusantara. Penetrasi ini penting untuk menjamin adanya eksistensi. Dengan memperluas jaringan distributor, hal ini dapat membendung serangan serangan dari kompetitor baru, “Karena umumnya merek-merek baru masuk di kota-kota besar. Kami harus beberapa langkah lebih maju dengan hadir di setiap daerah,” ujarnya.

Tak hanya pasar dalam negeri, pasar ekspor juga aktif dikembangkan. Terlebih memasuki masyarakat ekonomi Asean. “Saat ini ekspor kami dikisaran 5-10 % meliputi berbagai negara Asia dan Afrika, ke depan akan lebih gencar lagi, Offense is the best defence,” ujarnya.

Produk Khong Guan sendiri bisa dikatakan telah menyentuh berbagai segmen secara pricing-nya. Misal Khong Guan yang cenderung untuk level menengah-bawah, Nissin untuk kalangan menengah, sedangkan Monde untuk menengah-atas. Inovasi-inovasi produk akan terus dilakukan setiap tahunnya, agar makin beragam pilihannya masyarakat. “Jadi semua di garap, namun Khong Guan Merah memang masih jadi backbone kami,” ujarnya.

Berbagai promosi pun gencar dilakukan oleh Khong Guan Group. Salah satunya rajin beriklan di media televisi ketika masuk ke momen momen penting hari raya idul Fitri dan juga natal dan tahun baru. “Namun kalau tidak ada momen-momen tertentu, biaya iklan media kami kurangi, dan perbanyak ke consumer promotion,” ujarnya. Toh hampir setiap masyarakat juga diklaim Budi telah mengenal betul dengan produk-produk Khong Guan Group. “Jadi sifatnya untuk mengingatkan kembali saja,” ujarnya.

Mochamad Reza, Marketing Manager untuk 136 produk Khong Guan, menuturkan selain promosi dengan beriklan di televisi maupun promosi kepada konsumer, Khong Guan juga kerap melakukan aktifitas-aktifitas pemasaran yang unik. Salah satunya ialah dengan memberikan kaleng Khong Guan ke tukang dagang bubur, ketoprak, nasi goreng dan lain-lain.

Kaleng tersebut ia tuturkan amat diminati oleh para penjual tersebut lantaran dipercaya punya kualitas dan dimensi yang baik untuk menyimpan kerupuk. Maka itu Khong Guan berinisitif memberikan kaleng Khong Guan sebagai pengganti kaleng lama para pedagang, hitung-hitung bisa dibilang 'iklan' outdoor keliling gratis. “Karena dari dulu memang kaleng kami sudah digemari menyimpan semacam kerupuk,” ujarnya. (EVA)

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)