Shandy Purnamasari & Gilang Pramana, Bersinergi Orbitkan Bisnis Kosmetika

Shandy Purnamasari & Gilang Pramana, owner MS Glow..
Shandy Purnamasari & Gilang Pramana, owner MS Glow.

Nama MS Glow di kancah industri kecantikan dan perawatan kulit nasional belakangan makin moncer saja. Bisnis produk kosmetik ini didirikan oleh dua sekawan millennial-preneur, Shandy Purnamasari (kelahiran 10 Oktober 1991) dan Maharani Kemala Dewi (3 September 1988). Nama “MS” tak lain gabungan inisial nama depan mereka.

Dalam perjalanan pengembangannya, kedua pendiri ini pun dibantu pasangan hidup masing-masing: Gilang Widya Pramana (suami Shandy) dan Dewa Gede Adiputra (suami Maharani). Dua pasangan pemilik MS Glow ini tentu punya kontribusi masing-masing pada bisnis yang dimulai pada 2013 ini. Yang jelas, mereka telah berhasil membuktikan bahwa produk kosmetik lokal, khususnya skin care, tak kalah dengan merek-merek kosmetik internasional.

Kepada SWA, Shandy-Gilang mengungkapkan bahwa MS Glow tidak hanya memenuhi kebutuhan perawatan kulit wanita, tetapi juga menyediakan produk khusus pria. Bahkan, yang terbaru juga menyediakan produk perawatan tubuh untuk anak-anak.

Dalam mengembangkan bisnis MS Glow, pasangan yang kini sering disebut sebagai “Crazy Rich Malang” ini punya peran masing-masing. Shandy tampaknya mampu melihat potensi pasar terhadap kebutuhan produk skin care, yang kemudian dilengkapi dengan strategi marketing 4.0.

Di tangan Shandy, MS Glow gencar mengoptimalkan penjualan omnichannel, baik offline maupun online, yang saling melengkapi. Pada wanita 29 tahun ini, tampak otak kanannya, yaitu aspek kreativitas dan seni, lebih menonjol. Tak mengherankan, terbangunnya citra merek MS Glow –dari desain produk, kemasan, hingga strategi pemasaran yang kreatif– merupakan hasil pemikiran Shandy.

Adapun Gilang berperan mengimbangi hal tersebut dengan rasionalitas dan perhitungan bisnis, sehingga dapat mendukung strategi pemasaran yang dirancang Shandy. Lelaki yang kini berusia 31 tahun ini mampu mengakomodasi kegiatan operasional perusahaan dari hulu ke hilir, bahkan mengembangkan bisnis hingga melahirkan unit bisnis yang lain, di antaranya rangkaian produk MS Glow for Men yang lahir pada akhir 2019.

Meski demikian, keduanya mengaku dapat saling menginspirasi. “Kami selalu melihat kebutuhan pasar dan menjawab permasalahan tersebut dengan produk yang dirancang khusus untuk mereka,” kata Shandy. Menurutnya, MS Glow meluncurkan jajaran produknya berdasarkan riset pasar.

Tentunya, dalam menjalankan bisnis bersama pasangan terdapat sejumlah tantangan. Salah satunya, bagaimana memisahkan hal-hal yang bersifat profesional dan personal. Menurut Gilang, bisa dibilang setiap topik yang sedang dibahas akan selalu ada pembahasan tentang bisnis, karena sudah menjadi bagian dalam kehidupan mereka.

“Karena itu, diperlukan komunikasi yang baik, disertai dengan sikap saling support satu sama lain. Dan, pastinya, selalu ingin memberikan yang terbaik untuk pasangan, ” kata Gilang yang juga pemilik bisnis transportasi Juragan 99 Trans ini.

Kegigihan Shandy-Gilang dalam mengembangkan MS Glow bukan hanya sebatas menjual produk perawatan kulit. Mereka juga punya klinik perawatan, MS Glow Aesthetic Clinic, dengan menawarkan berbagai treatment perawatan dan perbaikan kulit, seperti layanan menggunakan teknologi laser, meso, skin rejuvenation, V-shape, mikrodermabrasi, hingga beauty transformation. Treatment-nya langsung ditangani dokter ahli. Keduanya baru saja meresmikan klinik terbarunya di Medan yang merupakan cabang ke-11 klinik MS Glow.

MS Glow juga merancang formulasi produk di pabrik milik sendiri. “Dengan demikian, proses dari hulu ke hilir sudah bisa kami lakukan,” ujar Shandy. Tidak hanya itu, MS Glow sudah punya duta merek (brand ambassador) untuk tiap segmen pasar.

MS Glow pun menciptakan program reseller bagi konsumen loyal untuk menjalin kemitraan dengan brand ini. Konsumen loyal MS Glow ditawari untuk menjual kembali produk-produk MS Glow dengan harga khusus. Program ini tergolong berhasil. Hingga saat ini, jumlah reseller MS Glow sudah mencapai lebih dari 44 ribu orang. “Dari awal MS Glow dibentuk, kami tumbuh dan berkembang bersama konsumen,” kata Shandy.

Salah satu inovasi terbaru MS Glow adalah menghadirkan produk perawatan tubuh untuk anak dan remaja. Dengan kandungan herbal, rangkaian produk yang mulai dipasarkan ini mencakup daily baby cream, baby mild shampoo, bubble wash, vitamin, dan telon cream. Untuk memberikan jaminan keamanan produk, MS Glow sudah melakukan dermatology tested, hypoallergenic, dan jaminan kandungan formula yang aman, serta lolos uji GMP (Good Manufacturing Practice) dan telah mengantongi izin edar dari BPOM.

Manajemen MS Glow mengaku akan terus menyesuaikan diri dengan tren terkini. Untuk memperkuat tim, mereka telah merekrut karyawan yang ahli di bidangnya (pro-hire). Juga, merekrut talenta dari kalangan milenial yang biasanya punya ide-ide segar dan bisa melihat potensi pasar di era digital.

Menurut Gilang, pada 2021, MS Glow akan memunculkan beberapa unit bisnis baru untuk menjawab kebutuhan pasar. Ia berharap MS Glow dapat menjadi perusahaan pemimpin yang mengakomodasi kebutuhan kesehatan dan perawatan kulit masyarakat Indonesia. “Harapan kami lainnya adalah bisa go international,” katanya tandas. (*)

www.swa.co.id

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)