Terobosan Ananto Cara Baru Beli Pulsa Berhadiah

Isi ulang pulsa mudah sudah biasa. Kini, tuntutan konsumen bukan hanya itu, tapi bagaimana jika beli pulsa dapat keuntungan ganda. Nah, peluang bisnis itulah yang ditangkap oleh Ananto Wibisono. Maka, tanggal 1 Maret 2015, dia meluncurkan Sepulsa.com.

“Lebih dari 90 persen pelanggan telepon seluler di Indonesia menggunakan kartu prabayar, dan ada kalanya kita mengalami kesulitan ketika tidak bisa berkomunikasi karena kehabisan pulsa. Inilah yang mendorong kami untuk merancang dan menghadirkan solusi inovatif bagi masyarakat Indonesia yang menggunakan kartu prabayar dengan beli pulsa secara online plus berhadiah,” jelas Ananto tentang latar belakang dikibarkan bendera Sepulsa.

Ananto Wibisono, Founder Sepulsa.com Ananto Wibisono, Founder Sepulsa.com

Diceritakan lulusan S1 Teknik Informatika dari Sekolah Tinggi Teknik Surabaya (STTS) di Surabaya ini, awal membesut bisnis Sepulsa dia harus merogoh kocek ratusan juta rupiah. Modal itu digunakan untuk sewa ruko, bayar gaji 6 karyawan dan biaya operasional lain.

Menurutnya, pulsa prabayar di Sepulsa dapat dibeli lewat aplikasi di telepon seluler atau komputer yang terhubung ke internet. Saat ini Sepulsa telah tersedia untuk pengguna Android dan akan segera disusul untuk pengguna iOS.

Operator apa saja yang kini pulsanya dilayani Sepulsa? “Semua pulsa prabayar dari seluruh operator kami layani, kecuali Esia,” ujarnya. Jadi, ada pulsa Indosat, XL, Telkomsel, Tri, Axis, Smartfren dan Bolt.

Deferensiasi Sepulsa dengan kompetitor atau model pengisian pulsa prabayar lainnya adalah bahwa setiap kali mengisi pulsa konsumen akan langsung mendapat voucher diskon dari berbagai merchant menarik.

Selain pembelian pulsa, web sepulsa juga melayani pembayaran token PLN, langganan Internet (Biznet), pembayaran tagihan multifinance (seperti WOM Finance, Adira Finance, Mega Finance, Busan Auto Finance). “Ke depan, kami akan kembangkan Sepulsa untuk berbagai pembayaran lain. Harapannya memudahkan konsumen melakukan berbagai pembayaran secara online, misalnya pembayaran BPJS,” tutur eksekutif muda yang sudah 8 tahun berpengalaman di dunia e-commerce ini.

Untuk security, Sepulsa menggunakan koneksi 128 bit EV SSL di mana semua koneksi ke laman Sepulsa dari browser dienkripsi sehingga semua data transaksi dan informasi pengguna selalu aman.

Demi menambah keamanan transaksi, 3D Secure juga digunakan dengan menambahkan autentikasi dari pemilik kartu ketika proses pembelian. Contoh, jika membeli dengan pebayaran kartu kredit, Sepulsa menggunakan proteksi password yang disediakan oleh pihak bank penerbit kartu guna memverifikasi pemilik kartu pada setiap transaksi.

Selain mudah dan aman, keuntungan terbesar yang ditawarkan Sepulsa adalah konsumen bisa memilih 3 voucher diskon setiap kali melakukan transaksi dari berbagai merchant e-commerce terkenal di Indonesia seperti Elevenia, SukaMart, Pegipegi, Uber, Blanja.com dan Berrybenka.

“Nilai voucher diskonnya kadang kala bahkan bisa senilai pulsanya itu sendiri. Isi pulsa melalui Sepulsa bisa menjadi gratis karena voucher diskon yang diterima. Atau Anda juga bisa mengisi pulsa dan sekaligus mendapat voucher diskon yang bisa dijadikan sebagai hadiah. Pokoknya, mengisi pulsa di Sepulsa pasti menguntungkan,” klaim pendiri sekaligus CEO Sepulsa.com, itu.

Ananto Wibisono, Founder Sepulsa.com Ananto Wibisono, Founder Sepulsa.com

Keunikan bisnis yang dimiliki dan kiprah Sepulsa membuat jatuh hati sejumlah investor. Salah satunya, Alpha JWC Ventures yang rela menggelontorkan dana untuk pengembangan Sepulsa. “Jumlah dana investor cukup signifikan. Ada pemodal perorangan, angel investor dan terbesar itu Alpha JWC Ventures,” pria kelahiran Surabaya, 8 Mei 1981 itu menuturkan.

HUT ke-1 berhadiah miliaran

Sekarang, Sepulsa sudah merayakan hari jadinya yang ke-1. Apa saja pencapaian yang diraih dalam setahun berjalan? “Hingga kini, kami sudah memiliki 100 ribu user dan bekerja sama dengan 100 mitra bisnis,” ungkap Ananto yang mengaku passion-nya di dunia e-commerce.

Tepat satu tahun sejak menjadi platform penyedia pulsa online, pada bulan Maret ini Sepulsa membagikan hadiah dengan nilai miliaran rupiah kepada para pelanggan setia. Hadiah miliaran itu dibagi secara bertahap mulai tanggal 1-31 Maret 2016 untuk ribuan konsumen. Bentuknya mulai dari hadiah diskon Rp50 ribu transaksi di Pegipegi, voucher Rp25 ribu untuk belanja di Sukamart atau diskon Rp5000 beli pulsa. “Ini sebagai bentuk apresiasi Sepulsa kepada para pelanggan yang selama ini telah setia menggunakan aplikasi Sepulsa “ tutur Ananto yang sebelumnya pernah menjadi Head of Technology di Groupon Indonesia.

Kini, dengan 20 karyawan Sepulsa siap melaju lebih kencang. Sejumlah agenda bisnis segera dieksekusi. Pertama, tahun 2016 akan memperbanyak kemitraan dengan partner bisnis yang kini ada 100 perusahaan. Kedua, memperbaharui aplikasi yang lebih bagus, mudah dan user friendly. Ketiga, memperbanyak promosi di media sosial seperti Facebook, Twitter dan Instagram.

“Semua kami lakukan untuk mencapai target pertumbuhan 2-3 kali lipat atau 200—300% tahun depan,” tegas Ananto seraya mengatakan sejauh ini kontribusi revenue Sepulsa itu 70-80% dari margin penjualan pulsa dan token PLN, sedangkan sisanya 20-30% dari komisi kemitraan dengan partner bisnis Sepulsa. (EVA)

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)