Keseriusan Emmanuel Triadi Kelola SDM Telin Indonesia

Manager HC System & Policy PT Telekomunikasi Indonesia International (Telin Indonesia), Emmanuel Triadi Nugraha.

Mewakili PT Telekomunikasi Indonesia International (Telin Indonesia), Emmanuel Triadi Nugraha berhasil menyabet juara ketiga pada ajang Indonesia Future Human Resources Leaders (IFHRL) 2018.

Mendapatkan gelar S1-nya di President University, jurusan Human Capital Management, Emmanuel akrab dengan human capital karena keluarganya merupakan orang HR. Selepas lulus, dirinya bergabung dengan Management Trainee Human Capital Astra Internasional sebagai HR Analyst di anak perusahaan Astra bernama PT Surya Artha Nusantara Finance. Sempat mencicipi bekerja di salah satu perusahaan Salim Group, Emmanuel juga bercita-cita menjadi HR consultant. Dan akhirnya bergabung dengan Telin Indonesia pada tahun 2013.

Di Perusahaan BUMN ini, dirinya menghadapi dinamisnya mengelola SDM dalam perusahaan. Telin Indonesia beroperasi di 10 negara dan menargetkan penetrasi bisnis di kawasan Indo-china, Eropa, dan Amerika Serikat. “Tim human capital (HC) hanya ada di dua negara dari 10 negara tersebut, sisanya dipegang langsung oleh CEO. Kami perlu solusi, berinisiatif untuk menyesuaikan penyesuaian kultur perusahaan,” ujarnya.

Posisinya sebagai Manager HC System & Policy Telin Indonesia, berupaya keras untuk menjalankan manajemen SDM yang cocok dengan target bisnis perusahaan dan kulturnya. Dirinya dan Tim hendak mengerjakan berbagai program di Telin Indonesia, yaitu International Group Corporate Culture di skala global untuk generasi milenial.

Prinsip The GREAT (gobal, reliable, excelent, agile, team) diajukan untuk menciptakan agen perubahan dalam membuat program budaya yang membumi pada tiap perusahaan. Lulusan President University ini menggunakan modul Telin Human Capital Management (THCM) sebagai standarisasi untuk menilai kapabilitas, proses, dan prosedur manajemen SDM. “Ini merupakan bentuk sertifikasi dari internal Telin Indonesia,” jelasnya.

Untuk pemberian upah pegawai, metodelogi balance sheet dilakukan untuk menyeimbangkan kompensasi di negara asal dan negara tujuan ketika karyawan dikirim ke luar negeri. “Kami juga membuat HC dashboard untuk melihat kondisi saat ini secara real-time yang diberi nama Human Capital Inntelegent System (HINTS),” ungkap perain Best Employee Award dari Telin Indonesia ini.

Pencapaian dalam bidang ini banyak diraih oleh Emmanuel sebagai bukti keseriusannya. Gelar Best Human Capital Performance Management System 2015 diraihnya dari Indonesia Human Capital Conference & Award. Ia juga aktif dalam pengembangan SDM perusahaan dengan mengerjakan Company’s Hand Book, Employee Self Service, Employee Sharing Knowledge, Job Analysis Project, Employee Recognition System, Good Idea Reward (Innovation), Human Capital Due Diligence (HR Audit), HR Project Minign Charter, Company Code of Conduct, Corporate Culture, dan Salary Structure for Executives.

 

Reportase: Nisrina Salma
www.swa.co.id

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)