Profil Shiv Sahgal & Sandeep Kohli, Dua Direktur Unilever Indonesia yang Mengundurkan Diri | SWA.co.id

Profil Shiv Sahgal & Sandeep Kohli, Dua Direktur Unilever Indonesia yang Mengundurkan Diri

Kantor Unilever. shutterstock.com
Kantor Unilever. shutterstock.com

Beberapa hari terakhir, publik dihebohkan dengan kabar pengunduran diri massal dari petinggi salah satu perusahaan produksi barang-barang konsumsi di Indonesia, PT Unilever Indonesia Tbk (UNVR). Setelah Direktur atau Presdir Ira Noviarti mengajukan pengunduran diri lebih dulu, dua direktur Unilever Indonesia lainnya ikut mundur dari jabatannya.

Dua anggota direksi Unilever Indonesia yang mengundurkan diri adalah Shiv Sahgal dan Sandeep Kohli. Informasi pengunduran diri keduanya tertuang dalam surat yang dikirimkan Unilever Indonesia kepada Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Surat tersebut berisi Laporan Informasi atau Fakta Material tertanggal 24 November 2023.

“Pengunduran diri Bapak Shiv Sahgal dan Bapak Sandeep Kohli dari posisi masing-masing selaku Direktur Perseroan, sehubungan dengan alasan pribadi,” kata Direktur dan Sekretaris Perusahaan Unilever Indonesia Nurdiana Darus dalam surat tersebut, dikutip dari laman keterbukaan informasi Bursa Efek Indonesia (BEI) pada Senin, 27 November 2023.

Melansir laman resmi Unilever Indonesia, Shiv Sahgal adalah Direktur bagian Home Care. Sedangkan Sandeep Kohli merupakan Direktur Beauty & Wellbeing. Lantas, seperti apa profil Shiv Sahgal, Direktur Unilever yang mengundurkan diri? Simak rangkuman informasi selengkapnya berikut ini.

Profil Shiv Sahgal

Shiv Sahgal (Foto marketingmagazine.com.my).
Shiv Sahgal (Foto marketingmagazine.com.my).

Melansir situs unilever.co.id, Shiv Sahgal adalah Direktur Home Care Unilever Indonesia yang merupakan warga negara India. Dia diangkat sebagai salah satu anggota direksi pada Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan Perseroan tanggal 15 Juni 2022. Dia pun efektif menjabat sebagai Direktur pada 1 Juli 2022.

Shiv memiliki gelar Master of Business Administration atau MBA dari Institut Manajemen India (IIM), Lucknow. Dia bergabung dengan Unilever setelah akuisisi bisnis body care Sara Lee pada 2011 silam.

Shiv sendiri telah bekerja di kawasan Asia Tenggara selama lebih dari 15 tahun. Dari total waktu tersebut, sekitar 8 tahunnya dihabiskan Shiv di Indonesia. Sebelum menjadi Direktur Home Care, dia pernah menjabat sebagai Foods Director & Hair Care Director di Unilever Indonesia selama empat tahun.

Berdasarkan LinkedIn pribadinya, Pria berkewarganegaraan India ini memulai karirnya dengan bekerja di Reckitt Benckiser sebagai Management Trainee pada 1995. Dia tercatat pernah menduduki berbagai posisi lainnya, mulai dari  Area Sales Manager (ASM), Digital Right Management (DRM), dan Brand Manager hingga Mei 2003.

Dia juga pernah bekerja di Whirlpool of India Ltd sebagai General Manager Marketing pada 2003-2004. Shiv meneruskan karirnya di Sara Lee H&BC India sebagai Vice President dari 2004 hingga 2007. Dia kemudian dimutasi ke Sara Lee Indonesia untuk menjadi Marketing Director hingga 2011. Pada 2010, di perusahaan tersebut dia juga sempat menduduki jabatan sebagai Sales and Marketing Director.

Pada Maret 2011, Shiv bekerja di Unilever Indonesia sebagai Marketing Director Brand Building – Savoury & Spread, sebelum menduduki posisi Marketing Director Hair Care.  Dia kemudian pindah Ke Singapura untuk menjadi Marketing Operations Director SEAA Unilever.

Dia kembali berpindah tugas ke Malaysia dengan menduduki jabatan sebagai Marketing Director Foods and Refreshments. Setelah itu, dia kembali ke Unilever Singapura untuk mengisi posisi General Manager. Barulah setelah itu dia pindah ke Unilever Indonesia sebagai Direktur Home Care dan anggota direksi Perseroan.

Shiv pernah menempuh pendidikan di The Doon School, India, salah satu sekolah asrama khusus pria pada 1985 hingga 1990. Dia juga merupakan alumni dari Shri Ram College of Commerce pada jurusan Bcom (H), Commerce, Account, Eco.

Profil Sandeep Kohli

Sandeep Kohli

Melansir laman resmi Unilever, Sandeep Kohli adalah warga negara India yang menjabat sebagai Direktur Beauty & Wellbeing Unilever. Sandeep Kohli diangkat sebagai Direktur PT Unilever Indonesia Tbk oleh Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan Perseroan pada tanggal 15 Juni 2022, efektif tanggal 1 Juli 2022.

Sandeep meraih gelar MBA dari Institut Manajemen Jamanalal Bajaj Mumbai. Ia juga bergelar MSc. (Hons) Matematika dan B.E. (Hons) Teknik Mesin dari Institut Teknologi & Sains Birla (BITS Pilani).

Sandeep Kohli dikenal sebagai seorang pemimpin bisnis global yang berpengalaman di industri FMCG global. Ia memiliki keahlian keterampilan yang kuat dalam mengembangkan strategi, inovasi, manajemen P&L, pemasaran digital, desain organisasi, dan pengembangan sumber daya manusia.

Perjalanan karirnya di Unilever dimulai pada tahun 1993. Di awal karirnya, ia dipercaya untuk menjabat sebagai Sales & Marketing Management Trainee di Hindustan Unilever (HUL), India. 

Selama perjalanan karirnya itu, Sandeep Kohli telah menempati berbagai posisi senior dan eksekutif di Unilever. Pada tahun 1998, ia menempati posisi sebagai Marketing Director & Business Director di Hindustan Unilever. Enam tahun setelahnya atau pada 2004, Sandeep menjabat sebagai Marketing Director di Manila, Filipina (2004). 

Kemudian karirnya terus merangkak naik hingga menjabat sebagai Global Marketing Director – D&E di London pada 2007. Lalu menjabat sebagai VP Foods SEA, ANZ, dan China di Singapura di tahun 2009.

VP BPC Asia Selatan

Sandeep Kohli kemudian dipercaya untuk mengisi posisi sebagai VP Marketing Operations – Asia Tenggara pada 2012. Kemudian dia menjadi VP & General Manager di Myanmar, Kamboja, dan Laos pada 2025. Sandeep juga pernah menjabat sebagai VP BPC Asia Selatan pada 2016.

Sejak tahun 2020, Sandeep Kohli menjabat sebagai Vice President Beauty & Personal Care dan menjadi Board Member Unilever Afrika Utara, Timur Tengah, Turki, dan Rusia. Namun, pada akhir November 2023 ini, Sandeep Kohli memutuskan untuk mengundurkan diri dari Unilever. 

Direktur dan Sekretaris Perusahaan Unilever Indonesia Nurdiana Darus menegaskan pengunduran diri Sandeep berlaku efektif setelah disetujui dalam Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS). Adapun Unilever Indonesia akan mengadakan Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa atau RUPSLB pada 19 Desember 2023.

Nurdiana Darus juga memastikan bahwa pengunduran diri Sandeep Kohli tidak memiliki dampak signifikan terhadap berbagai kegiatan perusahaan. Termasuk operasional, hukum, kondisi keuangan, atau kelangsungan usaha emiten berkode saham UNVR tersebut.

“Tidak terdapat dampak yang signifikan terhadap kegiatan operasional, hukum, kondisi keuangan, atau kelangsungan usaha perseroan,” ucap Nurdiana dalam surat Laporan Informasi yang dikirimkan Unilever Indonesia kepada OJK.

Sumber: Tempo.co

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)