Rama P. Kusumaputra, Tantangannya Terus Belajar

Kecintaannya terhadap dunia ekonomi mengantarkan Rama Pranata Kusumaputra berkarier di dunia perbankan selama hampir 25 tahun. Berawal dari sebuah artikel tentang bankir yang dibacanya sejak dibangku kuliah, pehobi jogging dan membaca ini memantapkan hatinya untuk berkarier di dunia perbankan.

20141217_135343_500x281

Setelah lulus dari Fakultas Ekonomi Universitas Atmajaya, Jakarta, ayah dua orang anak ini mengikuti Officer Development Program tahun 1989 di Bank Bali. Setelah menghabiskan waktu selama 11 tahun di Bank Bali, akhirnya Rama memutuskan untuk bergabung bersama OCBC NISP di tahun 2001 dan saat ini menduduki jabatan sebagai Managing Director.

Sejak kapan Anda bekerja di OCBC NISP?

Saya bergabung dengan OCBC NISP sejak Januari 2001, saya pertama kali gabung sebagai staf direksi.

Bagaimana perjalanan karier Anda di OCBC NISP sampai akhirnya bisa menduduki posisi Managing Director?

Setelah saya menjadi staf direksi, saya dipercaya memegang regional Jabodetabek. Setelah itu saya dipercaya di bagian pengembangan network, lalu menjadi direktur network. Selanjutnya keliling ke corporate legal, corporate communication, human capital, compliance dan akhirnya saya dipercaya menjadi Managing Director sekarang.

Sebelum bergabung dengan OCBC NISP, Anda pernah berkarier di mana saja?

Sebelumnya saya bergabung di Bank Bali dari tahun 1989 sampai dengan tahun 2000. Di sana saya mulai belajar tentang perbankan, mulai dari Officer Development Program.

Apa prestasi yang sudah Anda dapatkan selama berkarier bersama OCBC NISP?

Kalau untuk prestasi saya tidak bisa mengatakannya, biasanya hanya orang lain yang menilai (tertawa). Namun kalau menurut saya, saya berkembang dan tumbuh bersama Bank OCBC NISP dan mungkin beberapa orang menilai performance saya yang cukup baik, sehingga saya diberikan tanggung jawab di posisi yang saya duduki sekarang ini.

Apa tugas dan tanggung jawab Anda sebagai Managing Director?

Saat ini saya di compliance dan corporate communication, di compliance saya memastikan semua kegiatan di bank sesuai dengan peraturan yang ada, di corporate communication, tentu saja incharge-nya di komunikasi baik internal maupun eksternal.

Apakah dunia perbankan memang sudah menjadi passion Anda?

Saat saya kuliah memilih jurusan Ekonomi memang saya sudah menyukai Ekonomi, tetapi saat itu saya masih belum terpikirkan untuk kerja di sektor apa? Namun,  saat itu, saya membaca koran atau majalah dan membaca artikel seorang bankir dan saya menjadi terinspirasi karenanya.

Kemudian ada pembukaan Officer Development Program di Bank Bali dan saya diterima, sejak saat itulah saya mulai menekuni dunia perbankan.

Apa tantangan bisnis yang Anda hadapi sejak tahun 1989 sampai sekarang di dunia perbankan? 

Tantangan bisnis yang saya hadapi sejak di Bank Bali dan sekarang di OCBC NISP ini sama. Tantangannya adalah bagaimana terus belajar, berkembang dan maju bersama perusahan atau bank yang kita naungi. Global dan eksternal terus berubah, lingkungan berubah terus, tantangannya adalah bagaimana terus mengikuti dan terus berubah mengikuti perkembangan zaman, sama dengan perusahaan jika mereka tidak improve dan berkembang, mereka juga tidak akan bertahan.

Apa goal yang belum Anda dapatkan selama berkarier di perbankan?

Saya hanya ingin memajukan perusahaan dan saya hanya ingin menjadi bermakna dalam kehidupan.

Bagaimana rencana bisnis OCBC NISP di tahun depan?

Belanja modal tahun depan diproyeksikan sekitar Rp 300 miliar di mana 35% di antaranya diperuntukan untuk investasi teknologi, sisanya untuk pembangunan gedung.

Berapa rencana pertumbuhan kredit OCBC NISP di tahun 2015?

Kami targetkan sekitar 15-20% tergantung segmennya.

Bagaimana pengembangan bisnis syariah OCBC NISP?

Tahun depan kami akan merambah ke Pontianak dan Batam. Trennya hingga saat ini memang masih di-support oleh individual atau ritel, ke depannya kami ingin juga memperkuat seperti bisnis konvensional yakni menggarap segmen small and medium enterprise. (EVA)

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)