Reita Farianti Mengawal BNI Asset Management Masuk Top 10

Direktur Utama PT BNI Asset Management (AM), Reita Farianti.

Sebagai  Direktur Utama PT BNI Asset Management (AM), Reita Farianti, bertanggung jawab untuk memastikan roadmap perusahaan berjalan sesuai path dan timeline. Ia juga memastikan semua lini dalam perusahaan menjadi aset manajemen yang tumbuh secara signifikan.

Memegang jabatan sejak pertengahan tahun 2014, Reita berusaha menjadikan  perusahaan untuk terus memperbaiki kinerja agar menjadi tempat yang nyaman untuk berkarya bagi SDM yang produktif. “Saya berusaha menjadikan BNI AM sebagai perusahaan manajer investasi pilihan investor. Saat ini BNI AM merupakan salah satu manjaer investasi yang konsisten memiliki reksa dana terbaik setiap tahunnya,” jelasnya mengklaim.

BNI AM berada di ranking ke -7 dari 10 besar manager investasi (MI) yang memiliki AUM tertinggi di Indonesia. Harapannya, dalam 5 tahun ke depan BNI AM dapat menjadi MI terbaik yang unggul dalam kinerja, inovasi produk, dan kemudahan akses teknologi. Reita menghadapi tantangan dalam membesarkan perusahaan ini tidak hanya dari internal saja, namun juga eksternal. “Di sisi internal, bagaimana mengelola people sebagai aset dan manfaat penggunaan teknologi untuk efisiensi proses bisnis sehingga dapat meningkatkan produktivitas perusahaan. Sedangkan, tantangan eksternal adalah mekanisme pasar yang dinamis,” ungkapnya.

Sengitnya persaingan bisnis MI, membuat BNI AM harus terus menciptakan inovasi dan positioning. Kini, total karyawan yang dimiliki sebanyak 47 orang. Menjawab tantangan tersebut, ia melakukan inovasi produk untuk menciptakan pasar baru dengan masuk ke generasi milenial atau ibu muda yang berbisnis online. Selain itu, kekuatan sinergi dengan induk perusahaan dan grup juga menjadi salah satu solusi untuk meningkatkan segmen pasar. “BNI AM juga melakukan inovasi teknologi sebagai platform yang dapat mendukung produk dan pasar yang potensial. Dari sisi internal, dilakukan efisiensi proses bisnis dan operasional perusahaan untuk menghasilkan profit yang optimal,” tambahnya.

Sebagai pemimpin, penerapan human capital policy yang berlandaskan pada pengaturan karyawan sebagai aset dilakukan. Ia membangun sistem performance management dengan menyediakan paket kompensasi dan benefit yang dapat bersaing dengan pasa merit system.

Dari sisi leadership, anak perusahaan BNI ini mulai membudayakan sistem human capital berbasis kompetensi dan memberikan ruang untuk peningkatan kepemimpinan  di level pimpinan madya. Sedangkan dari sisi talent management, sedang mempersiapkan succession planning agar dalam 5 tahun ke depan ada kesinambungan untuk menjaga agar dapat mencetak leader baru.

Selama Reita menjadi orang nomor satu di BNI AM sejak tahun 2014, BNI AM diperhitungkan oleh pasar sebagai perusahaan MI yang terus tumbuh. Pertumbuhan AUM BNI AM mencapai 36% di tahun 2017 atau pertumbuhan tertinggi dibandingkan 10 perusahaan MI teratas. Prestasi ini hasil dari terobosan leadership yang dilakukannya, yakni review business plan, roadmap jangka pendek, mengubah struktur organisasi baru, menambah channel distribusi, menyinergikan dengan induk dan grup serta membentuk komite-komite untuk pengambilan keputusan dan kebijakan seperti Komite Investasi, Komite Produk, serta Komite Risk.

Dengan kodrat wanita, dalam memimpin perusahaan, Reita berusaha menggabungkan insting dan sense untuk melakukan multitasking pekerjaan di kantor maupun pekerjaan rumah tangga. Perannya di keluarga dan kantor, ia jalani dengan support keluarga sebagai kunci utamanya dalam berkarier. “Teamwork dengan suami sejak anak-anak masih kecil sudah kami lakukan,” ujar perempuan yang bercita-cita memiliki rumah bermain untuk anak autis dan down syndrome.

Sebagai profesional, Reita menganggap pentingnya keseimbangan posisi perempuan dalam sebuah pekerjaan. Kepekaan alami yang dimiliki perempuan sangat menguntungkan untuk dikombinasikan secara profesionalisme dan skill. “Umumnya wanita lebih mudah menjadi multitasking dan tidak cepat menyerah. Sudah unggul secara naluri, karena dapat menjalankan multi peran yaitu sebagai istri, ibu dan wanita kareir,” jucapnya dengan bangga.

 

Reportase: Anastasia Anggoro Suksmonowati

www.swa.co.id

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)