Rudy Ardiman, Inovasi Merupakan Esensi ADM Optimalkan Pertumbuhan Bisnis

Kadang naik, kadang turun. Itulah keadaan penjualan produk Astra Daihatsu Motor (ADM) dalam rentang waktu tiga tahun terakhir ini. Sempat mencatatkan pertumbuhan sebesar 42%, sempat juga turun di kisaran 10-20% per kuartalnya.

unnamed

Namun, untuk menjaga tren perusahaan dalam persaingan bisnis yang sangat dinamis, inovasi merupakan elemen yang paling esensial yang perlu dikembangkan. Mulai dari inovasi produk yang semakin terus disesuaikan dengan kebutuhan pelanggannya, after sales service yang sangat penting untuk memberikan kenyamanan dalam menikmati setiap produknya, serta bagaimana korporat mempertahankan sentuhan emosional pelanggannya melalui setiap aktivitas korporatnya.

Dan jika ditanya siapakah figur yang paling responsible dalam program ini, bisa dibilang isosok itu adalah Rudy Ardiman. Menduduki jabatan Head, Corporate Planning Division, Rudy sudah menyiapkan sejumlah amunisi agar bisa merealisasikan target penjualan tahun ini sebesar 15.000 unit per bulan, yakni dengan pendekatan customer emotional, dan produk yang inovatif.

Mengenai optimalisasi produk, Rudy memaparkan bahwa tahun ini pihaknya akan memaksimalkan penjualan SUV dan MVP, di mana tetap mempertahankan keterjangkauan harga serta optimalisasi pelayanan purna jual. Misalnya saja Daihatsu Xenia untuk kelas MVP, di mana untuk perbandingan apple to apple dengan produk sekategori seperti Grand Livina, dan Honda Mobilio misalnya, Rudy optimistis segmen ini bisa mempertahankan tren positif sokongan penjualan sebesar 22% hingga pengujung 2015.

rudy ardiman

“Pasalnya selain karena harganya yang relatif lebih terjangkau dibanding produk apple to apple-nya, perusahaan juga menekankan pada customer activity dengan maksud agar bisa menjaga relationship dengan mereka,” kata Rudy saat berkunjung ke markas SWA di Jl. Taman Tanah Abang III No.23, Jakarta Pusat.

Dengan menjaga good relationship dengan para kustomer melalui berbagai aktivitas yang sudah dan sedang dipersiapkan pada rentang tahun ini, itu artinya korporat tengah melakukan build-up terhadap emotional value dari pelanggannya. Hal ini diklaim Rudy, semisal saat menyasar pada aktivitas komunitas Xenia, tak terkecuali produk Daihatsu lainnya seperti Ayla, Terios, dan Luxio, apabila kepuasan pelanggan didapat, maka pelanggan bisa melangkah ke tahap mereferensikan, serta melakukan up-selling dan cross-selling.

Tak hanya di situ, peran Rudy juga terlihat kala Daihatsu dan Toyota sepakat untuk melaunching tipe mobil Low Cost Green Car (LCGC) satu tahun silam, di mana bersama dengan Mark Widjaya, Rudy berbagi peran untuk merealisasikan terciptanya konsep compact car ini. “Mark yang melakukan rancang produk untuk Ayla dan Agya, dan saya yang bertanggung jawab mengumpulkan preferensi dari pelanggan,” tutur pria yang telah menghabiskan 10 tahun berkiprah bersama Astra Daihatsu Motor.

Jika dilihat dari tampilannya, produk LCGC ini berlandaskan kebutuhan masyarakat pada umumnya yang memiliki anggota keluarga maksimal 5 orang, dan kecil untuk dimasukkan ke garasi rumah yang sifatnya minimalis. Kesimpulan itu didapatkan Rudy berserta teamnya yang melakukan survei ke berbagai responden tentang konsep mobil apa yang paling siginifikan, hingga kemudian direalisasikan dengan rancang produk dengan berkolaborasi dengan Mark Widjaya.

Tidak berhenti disitu, rancang produk tersebut berkali – kali melewati proses pototyping, dan penyesuaian berbagai partisi yang dibawahi langsung oleh Toyota Assembly, guna menyelaraskan antara performa serta tampilan yang diinginkan.

Inovasi lainnya juga diterapkan Rudy pada after sales service Daihatsu. Implementasinya adalah dengan mendeploy teknologi big data untuk keperluan customer database, perusahaan bisa memonitor habit pelanggan dengan lebih terorganisir. Misalnya saja seperti umur kendaraan yang bisa dikaitkan dengan frekuensi service serta kemungkinan adanya parts – parts yang perlu dipersiapkan untuk diganti.

Menurut Rudy, cara ini sangat membantu dalam memaksimalkan peran team after sales service dalam mengakomodir kebutuhan pelanggan yang sangat variatif dan komplex. Terlebih kecenderungan perlaku konsumen di tiap regional juga berbeda. (EVA)

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)