Sarjana Nuklir Jadi Dirut Baru Bank Mandiri

PT Bank Mandiri Tbk. punya direktur utama baru. Dia adalah Budi Gunadi Sadikin, pria kelahiran 1964 lulusan sarjana Fisika Nuklir Institut Teknologi Bandung (ITB).

Pengangkatan Budi sebagai Dirut Bank Mandiri dilakukan dalam acara Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS) yang digelar di Jakarta, Selasa (2/4). Budi menggantikan posisi Zulkifli Zaini yang telah habis masa jabatannya. Sebelumnya ia menjabat sebagai Direktur Mikro and Retail Banking.

Perjalanan karier Budi cukup unik. Awalnya ia bekerja sebagai staf teknologi informasi di IBM Asia Pasifik, Tokyo, Jepang. Sukses sebagai staf, ia dipindah ke IBM Indonesia dengan jabatan terakhir sebagai Systems Integration & Professional Services Manager hingga 1994.

Awal kariernya sebagai bankir saat ia pindah ke Bank Bali yang kemudian diubah menjadi Bank Permata. Di sana ia memegang sejumlah jabatan yakni General Manager Electronic Banking, Chief General Manager wilayah Jakarta, dan Chief General Manager Human Resources.

Pada tahun 1999, Budi hengkang ke ABN Amro Bank Indonesia. Jabatan terakhirnya di bank itu yakni Direktur Consumer Banking hingga 2004. Kemudian ia bergabung dengan Bank Danamon sebagai Executive Vice President Consumer Banking dan Direktur di Adira Quantum Multi Finance. Akhirnya di 2006, Budi bergabung ke Bank Mandiri.

Untuk strategi ke depan, Budi tidak akan melakukan banyak perubahan. Ia akan fokus dalam tiga hal, yaitu wholesale transaction, retail payment, dan retail loan. "Saya harus meneruskan kinerja Bank Mandiri yang gemilang dan telah dijalankan oleh direksi sebelumnya," kata Budi.

Budi menargetkan akan membawa bank beraset terbesar di Indonesia ini menjadi bank yang terbaik di Asia. Dari sisi kapitalisasi pasar bank Mandiri masih berada di urutan enam di Asia dengan nilai Rp 225 triliun. “Target menjadi bank terbaik di Asia sebenarnya sudah dicanangkan perseroan sejak 2010-2014, namun saya ingin kami bekerja lebih keras lagi untuk mencapai target menjadi bank beraset terbesar di Asia. (EVA)

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)