Sigit Wiryadi, CEO yang Doyan Kuliner

Nama Sigit Pratama Wiryadi sudah tidak asing lagi di industri reksadana. Pria kelahiran tahun 1962 itu telah dipercaya untuk merintis perusahaan sekuritas, yaitu NISP Sekuritas, yang pada mulanya hanya beranggotakan 10 orang. Lewat kegigihannya, secara perlahan tapi pasti perusahaan tersebut mulai berkembang hingga mendapat izin menjual reksa dana pada 2003 melalui PT NISP Asset Management. Loyalitasnya pada perusahaan terus mengantarkannya pada posisi strategis hingga saat ini masih dipercaya menjadi Direktur Utama di PT Aberdeen Asset Management, yang sebelumnya bernama PT NISP Asset Management.

Namun di balik segala prestasinya di dunia profesional, ternyata ayah dari tiga orang anak ini punya hobi di bidang kuliner. Dalam salah satu wawancara dengan media, ia mengatakan punya obsesi ingin menjadi seorang food critics ketika nanti telah pensiun. “Iya saya memang hobi kuliner,” ujarnya ketika ditemui oleh SWA Online  di sela-sela acara penandatangan kerja sama pemasaran reksadana Aberdeen dengan Mandiri Sekuritas.

Ia mengatakan, seskali meluangkan waktu untuk melakukan hunting makanan, khususnya  libur weekend Sabtu dan Miinggu. Dalam memilih makanan, ia bukan tipe yang punya selera khusus, alias 'pemakan segala'. Ia tidak keberatan untuk mencicipi jajanan gerobak, atau warung-warung yang berada di pinggir jalan. “Lihat nih perut saja sudah maju,” ujarnya sambil bercanda.

img_20161004_104339
Menyoal urusan makanan, secara khusus ia mengatakan pada dasarnya setiap makanan sama bila sudah sampai di perut. Namun yang membedakan adalah ketika makanan itu diproses di lidah. “Nah itu poin paling penting buat saya, ketika makanan ada disini (di mulut),” ungkapnya. Ia mengatakan, sesekali membaca review makanan yang berasal dari para blogger. Ada satu blog, ia ungkapkan gemar mereviiew bakmi yang jumlahnya telah mencapai 300-an lokasi. “Dari ratusan itu, 50 sampai 100 nya sudah saya coba,” ungkapnya.

Selain hobi makan, lulusan dari Universitas San Fransisco, Amerika Serikat, jurusan Computer Science itu juga bisa memasak. Dulu, ketika masih muda dan tidak terlalu sibuk, ia kerap mencicipi makanan untuk kemudian dipraktekan sendiri. Sebagai orang yang gemar makan, ia cukup familiar dengan rasa-rasa serta bumbu. Cukup mudah katanya mengaplikasikan sebuah masakan dari pengalaman mencicipi terlebih dahulu. “Kalau sekarang sudah sibuk, sudah (males) masak, maunya makan saja,” ungkapnya dengan tergelak.

Profil Singkat

Nama: Sigit Pratama Wiryadi
Tahun Lahir: 1962
Pendidikan
Lulus dari California State University tahun 1986

Karir:
PT. Bank Danamon Indonesia ( tahun 1987 hingga 1994, dengan posisi jabatan terakhir sebagai deputy general manager TI)
Komisaris di PT Indopacific Cemerlang (tahun 1994 hingga Mei 2001)
Komisaris PT NISP Sekuritas (tahun 2000 hingga Mei 2001)
Direktur Utama PT. NISP Sekuritas (Mei 2001 hingga Juli )
Direktur Utama PT. NISP Asset Management (Juli 2012-2014)
Direktur Utama PT Aberdeen Asset Management (tahun 2014-sekarang)

Baca juga:

Sedap, KAI Sediakan Kuliner Khas daerah

Kiat Melinda Vanda Berbisnis Kuliner

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)