Silviana

Tanggung jawab Silviana sebagai General Manager Divisi Bio Agrotrading PT Green Planet Indonesia, perusahaan penyedia produk dan solusi peningkatan produktivitas tanaman pertanian dan perkebunan, terbilang tak mudah. Lulusan Jurusan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Institut Pertanian Bogor ini harus mampu meningkatkan penjualan berbagai produk Green Planet, baik ke segmen institusi negeri, swasta, maupun ke segmen pasar bebas alias ritel.

Tantangannya, banyak calon klien yang masih mengganggap produk ini tidak terlalu penting. Padahal, kegunaannya berpengaruh besar terhadap produktivitas tanaman yang berujung pada omset mereka juga,” kata perempuan berdarah Aceh ini. Produk yang ditanganinya antara lain Humega Liquid, Humega Crumbles, Subur Ijo, Bio Soil, Soil Up dan Mikroba yang berfungsi meningkatkan ketahanan dan produktivitas tanaman perkebunan.

Guna menggaet mitra bisnis, Yana, sapaan akrabnya, bersama tim mengedukasi klien lewat penyuluhan dan pembuktian manfaat produk. Ia pun tak segan terjun ke lapangan melobi calon klien. Dengan cara inilah, ia mengklaim penjualan dan awareness produk perusahaannya terus terkerek dari tahun ke tahun.

Sebelum di Green Planet, sulung dari dua bersaudara penggemar grup pop JYJ dari Korea Selatan ini bekerja di Divisi Riset dan Pengembangan PT Tusam Hustani Lestari, Aceh (1997-99). Selanjutnya, ia menjadi Asisten Riset Lapangan dan Laboratorium IPB. Kariernya di IPB inilah yang memperkenalkannya dengan Green Planet pada 2001. Di Green Planet, ia mengawali karier sebagai Technical Support, dan berturut-turut menduduki kursi asisten manajer, manajer, dan Manajer Penjualan Senior, sebelum akhirnya menduduki kursi GM.

Ario Fajar/Eddy Dwinanto Iskandar

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)