Stanley Oktavian, Jeli Melihat Peluang Bisnis Digital

Managing Director LIVI, Stanley Oktavian. Managing Director LIVI, Stanley Oktavian.

Meski tidak berlatar belakang di bidang TI, Stanley Oktavian menemukan minatnya di dunia digital sejak tahun 2012. Tepatnya, setelah mengikuti program JKTFI (Jakarta Founder Institute).

Ia menjadi lulusan pertama dari program inkubator untuk entrepreneur di bidang TI yang dibawa dari Silicon Valley itu. Sejak saat itu ia mulai merintis start up digital dan saat ini sudah meluncurkan aplikasi mobile e-book LIVI yang sudah memiliki inventory satu juta judul buku sejak launching pada bulan Juni lalu.

Berikut adalah petikan wawancara SWA Online dengan pria lulusan Teknik Industri Universitas Pelita Harapan tersebut.

Mengapa Anda memilih merintis usaha start up e-book? Apa latar belakangnya?

Selain karena saya suka membaca, menurut saya e-book nantinya akan menjadi masa depan industri buku di Indonesia. Karena e-book menawarkan cara baca yang lebih mudah dan praktis. Saya sendiri adalah pengguna e-book, saya pun merasakan bahwa setelah menggunakan e-book, saya bisa membaca buku lebih banyak dan cepat. Dari situlah saya melihat bahwa potensi e-book cukup besar. Di negara-negara lain sudah banyak yang menggunakan e-book. Saya ingin memulai itu di Indonesia.

Apakah Livi adalah e-book pertama di Indonesia?
Kami bukan yang pertama di Indonesia, tetapi bisa dibilang saat ini kami yang memiliki inventory e-book paling banyak dengan 1 juta judul. Jadi untuk menjadi market leader saya rasa kami punya potensi.

Siapa saja mitra kerjasama yang sudah bergabung?

Sebagai start up yang bergerak di e-book, tentu kami bekerja sama dengan penerbit. Sudah ada lebih dari 5 ribu penerbit lokal maupun internasional yang bergabung dengan kami. Penerbit itulah yang kami sebut mitra yang paling penting. Walaupun saat ini mayoritas penerbit masih dari luar, tetapi kami sudah bekerjasama dengan top10 penerbit di Indonesia, dengan harapan kedepanya kami akan terus fokus dan memperbanyak konten lokal, bahkan menjadi mayoritas.

Pages: 1 2 3

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)