Tubagus Rahmad


Dua belas tahun bergelut di bidang teknologi informasi membuat Tubagus Rahmad dipercaya PT Jati Piranti Solusindo (Jatis) membesut divisi terbarunya, New Business Initiative. Selaku division head di divisi tersebut, Rahmad (35 tahun) ditugasi mengembangkan layanan aplikasi infrastruktur berbasis online berupa E-Commerce Solutions Provider dan layanan On Demand Application berbasis Software as a Service (SaaS).

E-Commerce Solutions Jatis menggabungkan implementasi situs web dan transaksi online, serta Enterprise Resource Planning (ERP) perusahaan. “Kami melangkah lebih jauh, e-commerce seharusnya tidak hanya membuat website dan berjualan, melainkan menyediakan solusi end to end dari back process riset dan pengembangan, hingga payment dan delivery, itu yang kami sediakan,” ujar lulusan Teknik Sipil Universitas Indonesia yang hobi membaca buku pemasaran ini. Sementara SaaS adalah layanan aplikasi berbasis cloud computing, alias melalui Internet. “Konsumen tidak perlu lagi membeli software, hardware dan tidak juga membayar biaya maintenance serta upgrade. Seluruhnya berada di Jatis,” ucapnya. Saat ini layanan SaaS Jatis berupa software Customer Relationship Management (CRM) dari Salesforce.com yang di antaranya mencakup sales force automation, customer service dan collaboration tools.

Mulai dari ketika layanan itu diluncurkan pada kuartal IV 2009 hingga akhir 2009, Jatis sukses meraih 20 klien, di antaranya jaringan hotel internasional Swiss Belhotel dan perusahaan sentra panggilan Teleperformance. Untuk menggaet klien, digelarlah seminar mini dengan mengundang 50 perusahaan per pertemuan. Tahun ini, Jatis akan menaikkan target kliennya menjadi 160 perusahaan dengan taktik yang sedikit berbeda. “Kami akan menggelar seminar yang menampilkan praktik langsung dari SaaS sebagai collaboration tools. Jadi, berbagai stakeholder seperti konsumen bisa turut mendesain suatu produk dari awal menggunakan SaaS kami. Ini seperti yang dilakukan produsen sepatu Crocs dan Dell Computer,” tuturnya.

Eddy Dwinanto Iskandar

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)