Victor Sandjaja, Lebih dari 20 tahun di Dunia Asuransi

Meski awalnya hanya mencoba terjun ke industri asuransi, rupanya bidang ini justru menjadi ladang penghidupan dan karier Victor Sandjaja,Presiden Direktur MNC Insurance. Kini, lebih dari 20 tahun waktunya digunakan untuk mendedikasikan diri di ranah asuransi. Bagaimana harapannya terhadap MNC Insurance yang dipimpinnya, berikut penuturan Victor kepada Destiwati Sitanggang dari SWA Online:

Mengapa Anda tertarik dengan dunia asuransi?

Saya dari awal sudah berkecimpung di asuransi, karena sebelumnya saya sudah di perusahaan asuransi tempat lain.

Latar belakang pendidikanya?

Saya  sebenarnya Insinyur. Awalnya saya memang bukan orang asuransi. Tapi, sudah terlanjur nyemplung di dunia asuransi, eh tidak tahunya kini sudah lebih dari 20 tahun di dunia asurans

Bagaimana perkembangan MNC Insurance?

Kalau dilihat pertumbuhannya cukup baik.  Dari posisi kami di industri sejak diakusisi tahun 2012, MNC Insurance masih berada di posisi 70-an, di tahun 2012 sudah naik di posisi 64, dan di tahun 2013 masuk di posisi 50. Jadi perkembangannya cukup bagus buat kami. Mudah-mudah terus naik kelas.

Victor Sandjaja, President Director PT MNC Asuransi Indonesia

Benefit apa saja yang ditawarkan MNC Insurance?

Kami berada di grup MNC. Jadi kebetulan kami punya benefit dari brand MNC sendiri. Untuk memperkenalkannya, masyarakat sudah kenal MNC, yaitu TV. Sekarang, MNC gak cuma TV, tapi juga ada perusahaan asuransinya.

Kelebihan produk/jasa MNC Insurance?

Kalau produk kurang lebih kami sama dengan yang lain, tapi kami juga ada produk-produk khusus, seperti Event Cancelation. Mungkin di tempat lain jarang menawarkan Event Cancelation, kalau ada acara-acara sampai batal, kami ganti.

Tantangan yang dihadapi dalam menjalankan bisnis ini?

Dari segi pelayan karena persaingannya lebih banyak ke service bukan dari segi harga.

Strategi menghadapinya?

Di MNC ada rekrutmen-rekrutmen baru juga membawa angin segar untuk menjadi lebih baik. Bukan hanya dari eks Jamindo, tetapi juga angin dari mana-mana, kinerja di tempat lain yang baik juga bisa kami adopsi.

Peluang bisnis asuransi di Indonesia?

Peluangnya sangat baik, karena penetrasinya masih rendah di mana penduduk Indonesia ini cukup besar dan bisnis sendiri di Indonesia pertumbuhannya cukup bagus, bisa dlihat dari GDP nya yang makin lama makin naik dan mungkin Indonesia nanti menjadi negara yang besar.

Harapan ke depan untuk MNC Insurance?

Menjadi salah satu perusahaan asuransi nasional yang menjadi pilihan utama buat nasabah. (EVA)

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)