Viki Rahardja, Lulusan Nuklir yang Fokus pada Dunia Kopi

Kuliah di jurusan Nuklir, tapi passion bisnis yang digeluti dunia kopi. Itulah Viki Rahardja, pria yang lahir pada 19 Juli 1989  yang dikenal sebagai barista berprestasi di Maxx Corner.

Viki menceritakan, awal mula dia mengenal kopi pada saat berkuliah dan mencari pekerjaan part time. Dia  merasa senang sebagai barista karena dapat mengenal semua kalangan mulai dari mahasiswa sampai bos, di mana setiap kali  mereka datang hanya ingin menikmati kopi yang diracik oleh Viki. Dengan demikian terjadi ikatan personal dengan para pelanggannya.

Viki Rahardja, CoffeeShop Consultant

Setelah lulus kuliah, Viki sempat bekerja di perusahaan Chevron selama satu tahun. Namun, dia  merasa kurang senang karena lebih tertarik dengan bertemu banyak kalangan dan mengambil banyak pelajaran dari mereka.

Viki berpendapat tentang Barista Indonesia di mata internasional khususnya kompetisi internasional. Menurutnya, barista Indonesia sudah baik secara skill. Hanya saja kendalanya mereka mau mengikuti kompetisi resmi atau tidak. Sebab, di  Indonesia sendiri, hanya diadakan setahun sekali dan persiapannya juga cukup panjang.

Indonesia masih punya nama di luar untuk kompetisi internasional, terbukti dengan tahun ini saja untuk kategori “Manual Brew”, Indonesia berada di peringkat ke-7. Artinya, hanya tinggal satu tingkat lagi untuk menuju final. Ke depannya, Viki optimistis  Barista Indonesia lebih baik untuk kompetisi di tingkat internasional

Dia juga menjabarkan, prospek dari pekerjaan sebuah barista. Betul, saat ini  masih menjadi tren tersendiri dikalangan anak muda. Menurutnya, pekerjaan apapun tergantung orang itu sendiri. Seperti dirinya, tidak akan terus menerus menjadi barista sampai tua karena ada zamannya. Prospeknya mengenai kopi harus dilihat secara luas, mulai dari sangrai kopi, penggiling kopi, penyicip kopi, hingga menjadi owner. Maka dari itu, dia berpesan,  dunia kopi sangat luas , jadi jangan hanya menjadi seorang barista.

Editor : Eva Martha Rahayu

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)