Visi Bruno Zysman Mendirikan GoToMalls.com

Sejak tahun 1998, Bruno Zysman sudah merasakan berkarier di Indonesia. Pada saat itu ia bertindak sebagai CEO Datagram, sebuah perusahaan Perancis yang memiliki spesialisasi di loyalty systems dan electronic purse. Zysman mendirikan pusat pengembangan Mobiz Technologies R&D Indonesian Center di Indonesia, di mana Mobiz berkontribusi dalam pengembangan aplikasi banking (EMV). Ia juga terlibat dalam  OS test di Ingonico terminals yang memiliki tim 50 orang insinyur se-Asia Tenggara, sebagai direktur Point of Sales (POS) Ingonico Group.

Segudang pengalamannya tersebut menjadi bekal Zysman untuk terus mengembangkan idenya sehingga tidak lekang dimakan zaman. Kini ia menjalankan DominoPos PTE LTD, perusahaan berbasis di Singapura yang telah meluncurkan GoToMalls.com di Indonesia pada tahun lalu. Sebuah platform online real time berbasis lokasi terdekat (geo-located) untuk pusat perbelanjaan dan ritel. GoToMalls bertujuan untuk mengkonversi pembeli online untuk kembali mengunjungi para peritel offline melalui referensi terkait pusat perbelanjaan, brand, promosi atau diskon yang sedang berlangsung.

Bruno Zysman CEO GoToMalls.com(Foto: Yosa/SWA)

Zysman yang berperan juga sebagai CEO di GoToMalls ini mengatakan bahwa platform ini sebagai wadah beriklan dari para peritel offline terkait info yang paling update dari mereka. Dengan konsep Online2Offline ini konsumen diharapkan bisa melihat segala informasi terkini dari peritel dan kemudian memacu mereka untuk mengunjungi toko secara langsung.

“GoToMalls bermaksud untuk menjembatani kegiatan belanja secara offline di pusat perbelanjaan dengan teknologi dalam platform kami. Pelanggan hanya cukup mengunjungi satu website saja dan mereka akan mendapatkan semua informasi di pusat perbelanjaan pada waktu yang bersamaan. GoToMalls berusaha menjadi solusi digital untuk idnsutri pusat perbelanjaan dan retail di Indonesia,” ungkap Zysman.

Zysman melanjutkan, kenyataannya banyak toko sudah mulai mengubah pendekatan menggunakan promosi berbasis media online. Inisiatif ini dilakukan para penjual supaya bisa berkomunikasi dengan pelanggan di manapun dan kapanpun. Namun, pembeli menemukan beberapa kendala, seperti sulitnya memperoleh informasi terkait promo atau informasi terkini mengenai acara-acara yang sedang berlangsung di pusat perbelanjaan.

“Karena kebiasaan berbelanja konsumen sudah bergeser, maka pusat perbelanjaan membutuhkan bantuan untuk melakukan inisiatif pemasaran yang dapat menarik pengunjung untuk kembali meramaikan toko offline di era digital ini. Oleh karena itu, GoToMalls dikembangkan dengan visi untuk meningkatkan perekonomian ritel Indonesia, menciptakan sebuah platform yang mudah diakses oleh siapa saja dan di mana saja. kami ingin memudahkan pengunjung pusat perbelanjaan dalam menemukan informasi terlengkap dan terbaru. Kami juga bermaksud untuk berkolaborasi dengan beberapa bank dan perusahaan penerbangan di Indonesia untuk meningkatkan pengalaman dari pengguna,” ujarnya.

Ia juga menjelaskan GoToMalls memiliki empat misi utama dalam mengembangkan bisnisnya. “Meningkatkan revenue di Industri toko fisik dengan mereferensikan pusat perbelanjaan lengkap dengan event dan discount mereka. Meningkatkan pemahaman perilaku pengguna dengan teknologi geolocation, Cloud computing dan elastic storage, dan algorithm yang powerful. Menjadi media digital global untuk para shoppers, merchants, brands, dan toko di seluruh Indonesia. Meningkatkan pengalaman pembeli dan membantu penjual meningkatkan bisnis offline mereka di era digital ini,” jelas Zysman.

GoToMalls  kini telah menggandeng 375 pusat perbelanjaan dan kompleks perbelanjaan, lebih dari 5.000 brand ritel, dan lebih dari 19.000 toko. Zysman percaya diri untuk mengembangkan GoToMalls di Indonesia karena Indonesia adalah salah satu negara yang memiliki kompleks perbelanjaan terbesar di dunia, pasar smartphone terbesar ketiga di Asia Pasifik (setelah China dan India), dan jumlah pengguna media sosial yang besar.

“Jutaan pengunjung mampir ke GoToMalls tiap bulan, mengakses 2,5 juta halaman. Kami mempunyai 76.000 Facebook followers, 23.500 instagram followers, dan 40.000 di Twitter,”  paparnya.  Sejak aktif pada Juli 2016, peningkatan pengunjung online berjumlah sekitar 70% per bulan, mencapai lebih dari 945.000 pengunjung. Target GoToMalls adalah mencapai 1 juta pengunjung per bulan pada April 2017.

Saat ini GoToMalls sedang merancang kampanye promosi untuk para pengguna baru. Pada Bulan April mendatang pengguna baru yang mendaftarkan diri di GoToMalls.com akan berkesempatan mendapat keuntungan lebih. “akan berkesempatan memenangkan liburan gratis di Club Med Bali dan di Bulan Maret ini Electronic Solution memberikan kupon belanja eksklusif yang bisa dipakai di Mall Living World Alam Sutera apabila berbelanja senilai Rp 500 ribu maka akan mendapat cashback senilai Rp 100 ribu,” lanjutnya.

Zysman melihat masa depan yang cerah dari GoToMalls.com di Indonesia, ke depannya ia akan terus melebarkan bisnis ini ke negara-negara lain dengan prioritas pertama di Asia tenggara terlebih dahulu.

“Selain Indonesia, kita juga sedang menyiapkan segala informasi terkait dengan tempat belanja beserta info promo dan diskon yang sedang ada di Singapura. Dan dengan adanya fitur-fitur baru yang sedang dikembangkan seperti integrasi pembayaran online untuk pembelian kupon belanja, pengembangan aplikasi berbasis Android dan iOS, dan masih banyak lagi ke depannya,” ujar lulusan Ilmu Komputer di Ecole d’Ingenieur de la Chambre de Commerce et d’Industrie of Paris ini.

 

Editor : Eva Martha Rahayu

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)
Read previous post:
Buku “Bio Farma Contribution To The World” Dicetak 1.000 Eksemplar

PT Bio Farma (Persero) meluncurkan buku berjudul "Bio Farma Contribution To The World". Buku tersebut merupakan karya bersama dari Iskandar,...

Close