William Tunggaldjaja Tertantang di Asmaraku.com

Banyak berkiprah di perusahaan start-up luar negeri, William Tunggaldjaja kini merasa tertantang untuk mencoba hal baru. Pria berusia 30 tahun ini, sekarang berlabuh sebagai co-founder e-commerce lokal, Asmaraku.com. Padahal, sebelumnya dia tercatat sebagai Country Manager Path Indonesia. Di perusahaan baru ini ia bekerja sama dengan Grace Natalia kerabat yang telah lama dikenalnya. Ia dan Grace, sama-sama 'lulusan' dari Rocket Internet Group, sebuah inkubator perusahaan online asal Jerman yang dikenal dengan sejumlah portofolionya di Indonesia seperti Lazada, Zalora, Carmudi, FoodPanda dan banyak lagi.

Keduanya menjalin kedekatan pertama kali ketika sama-sama bekerj di Lazada. Pada tahun 2013 William menjabat sebagai Vice President Lazada Indonesia, sedangkan Grace sebagai Head of Buying Fashion di tempat yang sama. “Di Asmaraku.com, Grace duluan yang running, kemudian beberapa bulan jalan, ia mengajak saya, dan saya tertarik dan merasa tertantang,” ujar William.

WT1

Ia menceritakan selama ini ia banyak bekerja dengan perusahaan-perusahaan luar negeri seperti Lazada, Path, Zomato, Microsoft dan Johnson & Johnson. Sudah saaatnya, menurut dia, mencoba mengkibarkan stat-up lokal. “Kalau bener-bener lokal, perusahaan Indonesia, ini pengalaman pertama kali saya. Saya melihat Asmaraku.com ini punya pasar yang besar namun belum tergarap, berbeda dengan e-commerce lainnya,” ujarnya.

 

Pasar Asmaraku.com sendiri ia ceritakan mengarah kepada kebutuhan romantis yaitu produk-produk yang dapat meningkatkan hubungan percintaan, kesehatan dan kecantikan. Toko online ini bisa menjadi alternatif berbelanja kado, bunga, serta kebutuhan romantisme yang sifatnya kejutan dan pribadi seperti kondom, alat tes kehamilan, atau suplemen vitalitas.

Banyak masyarakat di Indonesia, ia kemukakan masih ragu dan malu untuk membeli produk seperti kondom, alat tes kehamilan, atau suplemen vitalitas di toko offline. Kehadiran Asmaraku.com, ia katakan, hadir untuk menjembatani kebutuhan atas pembelian yang bersifat pribadi tersebut dengan jaminan kerahasian dengan sistem layanan online to offline.

Dengan layanan ini, pembeli tidak hanya punya alternatif pengiriman barang ke rumah atau kantor. Namun juga bisa mengambil sendiri barang yang dibelinya secara langsung di loker pintar (PopBox) yang telah disebar di pusat-pusat perbelanjaan.

Pembeli cukup memilih lokasi yang menurut mereka terdekat dengan jangkauannya dan memasukkan kode tertentu untuk mengambil barangnya. Secara otomatis, loker pintar tersebut akan terbuka ketika dimasukan kode. “Privasi jadi terjaga karena diambil langsung. Barang juga akan dikemas dalam packaging tanpa logo Asmaraku.com,” ujarnya.

Ia memastikan setiap produk yang dijual oleh Asmaraku, adalah produk asli, dan bukan produk abal-abal. Asmaraku hanya menjual produk yang telah terdaftar di BPOM dan Depkes. Walau menjamah segmen kesehatan dan kecantikan,  tidak semua produk kesehatan akan dijual di Asmaraku.com. Toko online ini akan selektif hanya untuk produk-produk kesehatan dan kecantikan yang benar-benar menunjang romantisme. Produk-produk seperti obat sakit kepala, obat maag, dan obat-obat yang tidak berhubungan peningkatan hubungan percintaan dipastikan tidak akan masuk katalog. “Jadi tentunya ini juga akan membedakan kita dengan e-commerce lain yang juga jual produk kesehatan dan kecantikan,” ujarnya

Di Asmaraku.com, ia punya pembagian tugas khusus tersendiri dengan Natalia. Jika Natalia lebih fokus ke urusan produk dan operasional, di Asmaraku.com, William lebih berperan dalam hal sistem IT dan  pemasaran. “Pemasaran saat ini lebih banyak di digital dan word of mounth,” ujarnya.

Meski bisa dikatakan masih perusahaan baru, kinerja Asmaraku.com ia katakan cukup menggembirakan. Baru-baru Asmaraku.com meraih  pendanaan dari dua investor global Alpha JWC Ventures dan IMJ. Pada tahun lalu, ketika, masih belum mendapatkan pendanaan, Asmaraku bisa membukukan peningkatan traksaksi penjualan hingga 400 persen per bulan. Dengan tambahan dana investasi ini, Asmaraku.com berharap untuk mempercepat pertumbuhan dengan memperluas jangkauan dan menambah layanan fitur.

Profil Singkat

Nama: William Tunggaldjaja
-Co-founder Asmaraku.com (September 2016-saat ini)
-Country Manager Path Indonesia ( Februari 2015-Agustus 2015)
-Country Manager Zomato ( Desember 2013- Januari 2015)
-Vice President Lazada Indonesia ( Januari 2013- Desember 2013)
-Windows Division - Finance for Windows 8 Marketing, Microsoft ( Juli 2011- Januari 2013)
-Windows Division - Corporate Controllership, Microsoft ( Juli 2010- Juli 2011)
-Finance Rotation Program, Microsoft (–Juli 2008-Juli 2010)

Pendidikan

-Mechanical Engineering, University of California, Berkeley

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)