30 Kisah Inspiratif Sang Pemenang

Sukses tidak melulu diwujudkan dalam bentuk kelimpahan materi atau karier yang cemerlang. Namun, sukses juga bisa diraih oleh orang-orang yang berhasil berjuang mewujudkan impiannya meski menghadapi banyak rintangan. Kerja keras mereka bermanfaat bagi orang banyak dan memberi pengalaman hidup yang berharga kepada orang lain.

Nah, kisah sukses 30 orang dari berbagai latar belakang profesi, daerah, tingkat sosial terangkum dalam buku “Angel & Demon, 30 Kisah Inspiratif Sang Pemenang”. Buku ini merupakan karya bersama dari tiga orang penulis: Helena Abidin, Suhartono Chandra dan Timoteus Talip.

Buku ini berisi 30 kisah inspiratif dari beberapa tokoh yang mewakili berbagai profesi yang dijuluki “Sang Pemenang”. Ketiga penulis mencoba menggambarkan bagaimana kisah mereka memberikan pembelajaran mengenai semangat meraih kesuksesan dan keberanian untuk berjuang, Menurut para penulis, setiap manusia adalah Sang Pemenang karena sejak lahir telah dianugerahi talenta istimewa untuk bisa melewati segala keadaan.

Sang Pemenang memiliki lima kepribadian utama yaitu Sang Pemimpi, Sang Pemikir, Sang Pencerita, Sang Pemimpin, Sang Pendaki,” ujar Suhartono Chandra, salah seorang penulis buku ini. Dijelaskannya, Sang Pemenang adalah Sang pemimpi yang memiliki mimpi besar. Dia juga Sang pemikir yang memiliki visi hidup. Sebagai Sang Pencerita, maka Sang Pemenang memiliki tujuan hidup yang bisa diceritakan. Sang Pemenang sekaligus menjadi Sang Pemimpin yang akan menjadi pemimpin setidaknya untuk jalan hidupnya sendiri. Ia juga Sang Pendaki yang membaktikan hidupnya kepada pendakian untuk mencapai kesuksesan.

Success is a journey, not a destination. Dengan kata lain sukses saat ini adalah suatu titik perhentian sementara, untuk kemudian melanjutkan lagi perjalanan. Tidak ada jaminan bahwa satu kesuksesan pasti membawa pada kesuksesan berikutnya. Oleh sebab itu Sang Pemenang harus senantiasa mengikuti Angle dan menjauhi Demon. Ini adalah semacam kompas pegangan Sang Pemenang.

Demon adalah sifat Dependent, Egotism, Malevolant, Obsolescent, dan Narcissistic. Sedangkan Angel adalah sifat Allertnes, No Compromise, Generosity, Enthusiasm dan Loyalty.

Bagi Sang Pemenang, sisi Angel membantunya untuk meraih kesuksesan itu. Bagaimana sisi Angel ini membantu Sang Pemenang dalam meraih kesuksesan bisa ditemukan pada 30 rangkaian kisah inspiratif dalam buku ini.

Alertness, yaitu kesadaran atau sensitivitas atas apa yang terjadi di sekitar sehingga seseorang dapat mengenali kesempatan yang muncul dan mengambil langkah yang tepat untuk merespons kesempatan itu. Mereka yang menjadi pemenang adalah mereka yang terus menerus menyiapkan dirinya sehingga saat kesempatan itu muncul mereka mampu menyadari, melihat dan mengambil serta memanfaatkan kesempatan itu.

Seorang wanita yang mewakili karakter ini adalah Ika Keke, yang sukses karena ketangkasannya menyambut peluang dalam bisnis kartu kredit. Dalam usianya yang 35 tahun, Ika merayakan keberhasilannya dalam industri yang sangat kompetitif ini. Melengkapi kisah untuk Alertness adalah perjalanan kesuksesan yang diraih Denni Delvandri & Selvi Nurlia, pemilik Kek Pisang Villa, Iwan Sendjaja yang sukses dalam mengembangkan sebuah bank swasta dengan motonya “cerdik seperti ular dan tulus seperti merpati”, Darren Jeffian yang menyambar peluang untuk mendapatkan beasiswa dengan tekad yang luar biasa, Sutomo yang jeli menyiasati peluang untuk meraih kehidupan yang lebih baik, Edy Gunawan yang telah membesarkan furnitur knock-down merek Olympic.

No Compromise yang berarti melakukan apa pun yang diperlukan untuk mencapai garis finish. Baik itu mengatasi setiap kesulitan, tantangan dan bentuk kesengsaraan lain untuk mencapai kondisi yang lebih baik dari sebelumnya, Salah satu tokoh yang dinilai cukup menginspirasi karakter ini adalah Farhan dan istrinya, Aya. Keduanya berhasil melewati masa penuh tantangan dalam membesarkan putranya yang bernama Ridzky yang seorang autistik.

Selain Farhan, kisah No Compromise dilengkapi oleh cerita perjalanan hidup Elia Paul Ang yang meniti perjalanan kehidupan yang pahit sejak anak-anak dan tidak pernah berkompromi dengan situasi sesulit apapun. Nur Kuntjoro, perintis Tupperware di Indonesia, David Jacobs orang Indonesia pertama yang meraih medali di Paralympic London 2012, Tari seorang entrepreneur di bisnis kecantikan dan Mulyono Subroto seorang motivator perubahan dari Kupang.

Generosity adalah sikap positif untuk selalu berbagi. Berbagi ilmu, berbagi apa yang dimiliki kepada orang lain yang memerlukannya, agar orang lain dapat menjalankan kehidupan yang lebih baik.

Kisah perjuangan Margaretha Lucy mencerminkan sikap generosity ini. Etha yang seorang yatim piatu ini kini berkarya untuk membantu anak-anak pemulung dan yatim piatu usia dua hingga 20 tahun. Kisah Etha, dilengkapi juga dengan kisah Sumartono Hadinoto seorang dermawan yang selalu membantu warga yang kesusahan, Aris Tarkus yang sukses berbisnis Bioactiva, Cynthia Wihardja yang selalu ingin berbagi ilmu dan membuka lapangan pekerjaan melalui bisnis pelatihan ActionCOACH yang dimilikinya, Dennis yang selalu ingin melayani dan berhasil mengatasi kekurangan dirinya, serta Rachel yang percaya bahwa justru dengan berbagi ilmu yang dimilikinya, ia mendapatkan peluang-peluang baru dalam hidup.

Enthusiasm atau Antusiasme yang diartikan sebagai memiliki minat atau kesenanangan terhadap sesuatu, kegairahan yang kuat terhadap salah satu sebab atau subyek. Antusiasme memberikan energi, kekuatan, semangat yang luar biasa untuk meraih apa pun yang ingin dicapai dalam hidup. Antusiasme sangat diperlukan bila kita ingin meraih sebuah mimpi, mencapai tujuan dan target yang kita inginkan, meraih kehidupan yang sukses dan bahagia. Antusiasme bagaikan magnet yang dapat menarik siapa pun ke tujuan yang ingin dicapai dan menciptakan kondisi yang positif yang menjadikan seseorang menjadi Sang Pemenang.

Salah satu tokoh yang mewakili karakter ini adalah Anton Wirjono, yang memiliki kecintaan yang luar biasa terhadap apa yang ditekuninya yang membuatnya meraih berbagai kesuksesan sebagai seorang creative entrepreneur. Kisah Anton dilengkapi juga dengan cerita hidup Maxi Adhika, chef muda kondang yang pernah bekerja di restoran milik Gordon Ramsay. Wani Sabu, juga mewakili wanita yang sukses yang selalu berani mengatasi tantangan dihadapannya dengan passionnya di dunia customer service. Kisah Generosity dilengkapi juga dengan cerita perjalanan hidup Benny Purnomo, Giokniwati dan Vincentius Djajaningrat.

Loyalty adalah sikap dasar yang sangat penting untuk membangun fondasi yang kuat menjadi Sang Pemenang. Sikap setia yang paling utama adalah setia pada diri sendiri, setia pada nilai‐nilai hidup yang dijunjung sebagai bentuk respek terhadap diri sendiri. Setia pada diri sendiri berarti nyaman terhadap kekuatan dan kelemahan diri.

Sikap ini tercermin dalam kisah hidup luar biasa Prof. DR. HAR Tilaar yang mengantarnya melanglang buana bersama sang istri, Wilza Samakoen yang dengan setia mengejar mimpi dan meraihnya dalam genggaman. Di sini juga ada kisah Norman Shio yang berangkat dari seorang penjaga pantai hingga menjadi pengusaha sukses, cerita hidup Tjantan Jusman, Ignatius Suyanto dan Jeanneta L Suhendro. (EVA)

Leave a Reply

1 thought on “30 Kisah Inspiratif Sang Pemenang”

Inspiratif ... Semoga kita bisa benar-benar menjadi pribadi pemenang ...
by Mad Solihin, 05 Oct 2014, 09:26

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)