Kisah Sukses Tukang Foto Jadi Bos

Berangkat dari keterampilannya dalam bidang fotografi, pada tahun 1981 Adji Watono mendirikan studio foto di Rawamangun, Jakarta Timur. Dari situlah perjalanan panjang perusahaan advertising agency PT Dwi Sapta dimulai. Memperingati hari jadi ke 35 tahun, Adji Watono, CEO dan Founder Dwi Sapta Group meluncurkan buku biografi berjudul “Kisah Sukses Tukang Foto Menjadi Boss Advertising”.

Buku setebal 306 halaman ini, banyak membongkar resep-resep dan strategi Dwi Sapta untuk membangun merek klien yang ditanganinya. Berbeda dengan tiga buku Adji Watono sebelumnya, buku yang ditulis oleh Agung Adiprasetyo, mantan CEO Kompas Gramedia itu juga berisi kisah pribadi, pengalaman, dan falsafah hidup yang mewarnai perjuangan Adji.

20160527_154114_resized(1)

Diakui Agung, roh dan filosofi Dwi Sapta terbangun karena kultur dan warna sebuah organisasi yang dibentuk oleh pandangan dan sikap founder atau pimpinan tertingginya. Boleh dibilang, filosofi dan pandangan dasar inilah yang selalu bisa menjadi inspirasi dan bahan belajar mengapa sebuah perusahaan bertumbuh dan mengapa perusahaan tersebut melewati ujian badai serta ingin ribut.

Ayah dari dua anak ini mengungkapkan, suksesnya Dwi Sapta hingga 35 tahun karena selama ini ia memegang teguh komitmen, passion dan love. “Kita harus punya integritas, jangan menipu, itu saja tidak ada yang lain,” ujarnya.

Dalam menangani klien-kliennya, pria kelahiran Kudus ini selalu membuat program yang mempunyai deferensias yang jelas, sehingga brand tersebut mempunyai nilai jual. Caranya dengan mengerti sasarannya seperti apa, kemudian iklan yang dibuat sesuai dengan keinginan pasar, sehingga brand tersebut bisa sukses di pasar.

“Kami telah menangani Djarum 35 tahun, Kalbe 25 Tahun, Kino 18 tahun dan masih banyak lagi yang lainnya. Saya kira kami harus maksimal, kami harus komit dan harus membuat brand mereka sukses, jadi brandnya menjadi market leader, membuat lebih sukses lagi,” tuturnya.

Saat ini, Dwi Sapta menjadi agensi komunikasi lokal yang sanggup eksis dan menempati Top 5 Agency di Indonesia. Berawal dari tukang foto, saat ini Dwi Sapta Group mampu menggurita menjadi 12 perusahaan di industri marketing komunikasi. Ratusan brand telah sukses ditangani.

Bahkan, sejumlah brand yang dikelola mampu menjadi market leader di pasarnya masing-masing. Untuk menebarkan semangatnya ke anak-anak muda, Adji akan melakukan roadshow ke kampus-kampus bersama penulis bukunya tersebut, Agung Adiprasetyo. (EVA)

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)