Lahirnya Sang Ideolog Guna Wujudkan Restorasi Indonesia

‘Sang Ideolog’, inilah salah satu judul buku biografi yang baru saja diluncurkan. Ditulis oleh Usamah Hisyam yang merupakan wartawan senior Kompas, buku ini mengisahkan perjalan hidup Surya Paloh dalam politik dan karier bisnis yang diembannya.

surya paloh

Pada perhelatan tersebut hadir pula beberapa tokoh yang memiliki kedekatan dengan Surya Paloh seperti Sri Sultan Hamengku Buwono X, Siswono Yudo Husodo, Jusuf Kalla, Rachmawati Soekarno Putri dan rekan sejawat lainnya dari partai politik maupun rekan bisnisnya.

Dalam kesempatan pertama Siswono Yudo Husodo mengungkapkan mengenai perjalanannya mengenal Surya Paloh hingga sekarang menduduki jabatan ketua umum salah satu partai politik dan juga pemimpin salah satu media televisi. “Surya Paloh turun ke dunia politik pada usianya yang relatif sangat muda yaitu 21 tahun. Pada usia tersebut Ia sudah mencalonkan diri menjadi anggota DPRD kota Medan”.

Pada buku setebal 488 halaman ini yang terdiri dari 10 bab, Usamah Hisyam mengungkapkan bahwa banyak terdapat untold story yang tidak terduga. Salah satu cerita yang diungkapkannya yaitu ketika Surya Paloh mendukung Susilo Bambang Yudhoyono secara all out melalui media yang dimilikinya. Selain itu Usamah juga menjelaskan adanya janji-janji yang diumbar oleh SBY namun tidak ada ujung pangkalnya hingga kini. “Ketika tsunami Aceh, SBY berujar untuk memberikan bintang jasa kepada Surya Paloh karena keteguhannya dalam membantu korban bencana di Aceh”.

Sebelumnya, dalam proses pembuatan buku ini Usamah sudah memperingatkan Surya Paloh sejak awal untuk membebaskan dirinya menulis berdasarkan kisah nyata Surya Paloh tanpa adanya intervensi. Dan Surya Paloh secara terbuka memberikannya kebebasan.

Setelah berjuang 43 tahun di partai Golkar, Surya Paloh memutuskan untuk mendirikan Ormas Nasional Demokrat yang mengusung Restorasi Indonesia. Dalam buku ini juga diuraikan mengenai perjalanan panjang pria kelahiran Aceh ini dalam mewujudkan mimpi besarnya dalam Trilogi Restorasi Indonesia : Rakyat Sejahtera, Bangsa Bermaratabat, Negara Kuat. (EVA)

 

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)