Melatih SDM dalam Melesatkan Kinerja

Judul : Pengembangan dan Pelatihan SDM Perusahaan
Penulis : Donni Juni Priansa
Penerbit : PT Simbiosa Rekatama Media, Bandung 
Cetakan : Agustus 2019
Halaman : 253
ISBN : 978-602-7973-83-1

Ada dua kondisi kadang yang perlu disampaikan sebagai intro tulisan ini. Pertama, kadang perusahaan raksasa akhirnya bergerak lamban, bahkan tersungkur imbas kesalahan sendiri. Bukan karena tekanan pesaing. 

Nokia, Motorola, dan Ericsson, adalah segelintir contohnya. Masing-masing pernah jadi market leader di wilayah masing-masing (bahkan dunia) kemudian limbung karena minimnya inovasi internal sementara kompetitor gerak super cepat. 

Inovasi minim karena jumlah karyawan gemuk dan dibuai oleh zona nyaman. Tidur saja sudah mengalir duit, kira-kira begitu. Imbasnya lamban berbuat, dan nama besar tinggal kenangan daring, antara lain, tertera di Wikipedia.  

Kedua, tak selalu tercapai yang ideal dengan fakta lapangan dalam semua bidang kehidupan ini. Termasuk dalam urusan kemampuan karyawan di Indonesia ini. Ambil contoh hak karyawan, sebagaimana tertulis di Undang-Undang No. 21 Tahun 2000 tentang Serikat Pekerja. 

Salah satu butir di dalamnya adalah setiap pekerja memiliki hak mengembangkan potensinya. Juga, memperoleh kesempatan mengembangkan minat, bakat, dan kemampuan. Kenyataannya? Perusahaan belum semuanya memberikan itu, bahkan lebih banyak yang tidak!   

Padahal, khususnya di era revolusi industri 4.0 ini, perusahaan kian mementingkan skill apa yang dapat diberikan sebuah sistem terhadap bisnisnya. Pasalnya, teknologi informasi komunikasi (TIK) kian menunjang performa kualitas suatu perusahaan. Bahkan, sudah banyak contoh ekstrem robot dan perangkat lunak yang menggantikan seorang karyawan. 

Sifat TIK yang sangat bisa menawarkan efisiensi waktu, tenaga, serta biaya telah menjadi tantangan bagi sumber daya manusia (SDM). Terutama dalam memperdalam keterampilan guna meningkatkan posisi tawarnya di perusahaan. 

Buku ini memberi sebuah garis merah penting, bahwa alih-alih berganti ke robot, pengembangan keahlian SDM adalah salah satu upaya mencapai efektivitas dan efisiensi kinerja suatu perusahaan itu sendiri. 

Sejumlah perusahaan bangkrut akibat SDM yang terus menurun dalam menunjang tujuan perusahaan. Di sisi lain, kepuasan pelanggan adalah salah satu faktor terpenting terhadap suatu perusahaan. Maka itu, SDM yang kurang kompeten dengan skill tidak memadai, sepatutnya bukan langsung digantikan peranti revolusi industri 4.0, namun terus dilatih dan dikembangkan tanpa henti. 

Penulis yang Dosen Manajemen Telkom University tersebut juga menguatkan premis bahwa hasil manajemen pelatihan dan pengembangan yakni kinerja (indikator perilaku atas prestasi kontributif sumber daya manusia tersebut). 

Kinerja dinilai sebagai hasil keseimbangan pengembangan dan pelatihan yang dimunculkan perusahaan. Selain itu, pengembangan SDM juga meningkatkan daya saing perusahaan di era mahakompetisi yang saat ini makin ganas. 

Selain kinerja, pemeliharaan SDM yang baik juga akan berbuah tidak jauh komunikasi organisasi yang baik pula. Yakni komunikasi organisasi dengan arus informasi, pertukaran informasi, dan pemindahan arti dalam suatu organisasi --seperti ditulis Katz dan Kahn dalam Muhammad (2005). 

Pada buku terbitan PT Simbiosa Rekatama Media, Bandung, penulis menjelaskan metode apa saja yang diperlukan dalam pengembangan skill SDM. Seperti Pemberdayaan Pegawai (Bab 3), Pengembangan Karier (Bab 4), Promosi dan Demosi Jabatan (Bab 5), Mutasi (Bab 6), Etos Kerja (Bab 7), Kompetensi (Bab 8), dan Disiplin Kerja (Bab 9).

Sedikit kekurangan buku ini adalah tidak/belum jelaskan seberapa besar ancaman reposisi tadi, atau seberapa luas teknologi yang dapat menggerus SDM dalam  mengembangkan kompetensinya. Sekalipun demikian, konten buku, kiranya tetap pas dibaca terutama akedemisi dan umumnya praktisi hingga mahasiswa yang punya minat terkait kinerja SDM sebuah perusahaan. 

Oleh: Muhammad Sufyan Abdurrahman, Dosen Prodi Digital Public Relations Fakultas Komunikasi Bisnis Telkom University 

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)