Menciptakan Rasa Aman dalam Organisasi

Berbagai kemajuan yang kita nikmati bersama saat ini merupakan hasil dari munculnya berbagai ide yang berkembang di masa lalu. Segala ide yang muncul itu telah menciptakan beragam teknologi dan cara hidup baru yang menjadikan hidup kita lebih mudah dan nyaman. Manusia dikaruniai kemampuan menciptakan ide-ide baru dalam rangka memecahkan berbagai masalah yang mereka hadapi. Ide ini kemudian berkembang menjadi berbagai inovasi yang memengaruhi kehidupan kita dewasa ini.

Judul : The Fearless Organization: Creating Psychological Safety in the Workplace for Learning, Innovation and Growth

Penulis : Amy C. Edmondson

Penerbit : John Wiley & Sons

Cetakan : Pertama, January 2019

Tebal : xxi + 233 halaman

Dalam dunia yang berubah sangat cepat dan kehidupan yang semakin kompleks seperti saat ini, munculnya berbagai ide baru semakin diharapkan untuk memecahkan segala masalah yang dihadapi. Karenanya, ide baru harus semakin banyak dan lebih sering kemunculannya.

Dalam kondisi perubahan yang cepat ini, berbagai ide baru harus dapat dikemukakan dengan cepat, tepat, dan bebas. Dalam kondisi seperti ini, tidak mungkin lagi mengandalkan pemecahan solusi hanya dari pimpinan. Masalah yang dihadapi sudah terlalu besar dan kompleks.Perlu keterlibatan semua pihak untuk menelurkan berbagai ide baru. Maka, organisasi perlu menciptakan suatu lingkungan yang dapat merangsang munculnya berbagai ide baru dengan mudah dan cepat.

Di dalam organisasi harus diciptakan suasana yang kondusif bagi munculnya ide baru. Suasana kondusif ini dimulai dengan adanya rasa aman, bebas dari rasa takut dari semua orang yang berada di organisasi untuk mengemukakan ide, pendapat, atau kritik tentang berbagai hal terkait kepentingan organisasi. Maka, tidaklah aneh jika tata letak kantor Google yang terkenal itu dibuat sangat nyaman dan rileks. Itu dengan maksud agar ide-ide kreatif mudah tumbuh dan berkembang. Suasana aman dan nyaman akan memudahkan munculnya berbagai ide baru. Di masa kini kemajuan dan kelangsungan hidup organisasi sangat tergantung pada munculnya ide baru.

Pages: 1 2 3

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)