SWA dan KEHATI Berikan Penghargaaan Indonesia Green Company 2018

Majalah SWA dan Yayasan KEHATI kembali menggelar malam penghargaan Indonesia Green Company Award (IGCA) dan SRI KEHATI Appreciation 2018. Penghargaan diberikan kepada perusahaan-perusahaan yang memenangkan serangkaian proses seleksi menjadi perusahaan yang berkomitmen menjalankan triple bottom line.

Kemal E. Gani, Pemimpin Redaksi Grup SWA, menuturkan, masih banyak perusahaan di Indonesia yang harus didorong untuk menjalankan bisnisnya secara untung, sekaligus secara paralel membangun kehidupan sosial masyarakat dan peduli pada kesehatan lingkungan. “Kami berharap, selain bisnisnya bagus, mereka juga berkomitmen penuh untuk menjaga bisnis yang berkelanjutan. Di sisi lain, bagi perusahaan yang sudah berkomitmen menjalankan prinsip sustainability, kami merasa perlu memberi apresiasi kepada mereka dan menganggap mereka sebagai contoh best practices supaya dapat menjadi teladan bagi perusahaan-perusahaan lain.”

Adapun KEHATI menyeleksi 25 perusahaan yang terbaik menjalankan prinsip tersebut di lingkungan kegiatan Bursa Efek Indonesia. Seluruhnya juga telah menjalankan prinsip Good Corporate Governance (GCG). Sementara itu, SWA mencari perusahaan yang dapat dikatakan sebagai Indonesia Green Company, yaitu perusahaan yang memiliki sustainability program dan hasilnya berdampak positif pada masyarakat dan semua stakeholder. Variabel yang dipakai adalah komitmen CEO, aspek compliance, konsep dan stategi perusahaan, langkah-langkah perusahaan, program sustrainability, serta hasil dan dampak kongkret.

“Dengan menjalankan program ini secara konsisten, kami berharap menghasilkan beberapa hal. Pertama, memberikan contoh best practice perusahaan. Kedua, dengan mensosialisasikan sejumlah contoh, kami berharap upaya ini dapat mendorong perusahaan melakukan hal serupa ,sehingga dari tahun-ke taun kami berharap makin banyak perusahaan yang lebih hijau,” tambah Kemal.

Ismid Hadad, Ketua Pembina Yayasan KEHATI, mengungkapkan dalam sambutannya, “Yang diluncurkan oleh Yayasan KEHATI dan Bursa Efek Indonesia sejak Juni 2009 adalah indeks ini (SRI-KEHATI), dikelola oleh BEI dan Yayasan Kehati. Indeks ini dimaksudkan untuk memberi tambahan pedoman untuk berinvestasi bagi para investor di pasar modal dengan membuat satu benchmark, indeks baru yang secara khusus memuat kriteria untuk emiten yang memiliki kinerja terbaik dalam mendorong usaha perusahaan berkelanjutan, juga mendorong kesadaran para investor terhadap kelestarian lingkungan maupun nilai sosial dan tata kelola perusahaan yang baik.”

Ia menambahkan, selain merupakan tolak ukur investasi, indeks ini juga merupakan bentuk komitmen kepedulian perusahaan terhadap lingkungan hidup dan masyarakat yang rentan terhadap lingkungannya. KEHATI dari awal meyakini bahwa melalui perusahaan yang sudah tercatat di BEI, para investor dan dunia usaha dapat berkontribusi terhadap hal tersebut melalui Indeks SRI-KEHATI, yang bisa dibilang merupakan green index pertama di Asia.

Editor : Eva Martha Rahayu

www.swa.co.id

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!