Tiga Hal yang Dicintai Gen Z di Instagram Selama 2022

Induk perusahaan Instagram, Meta merilis laporan tentang hal yang dicintai dan paling diminati oleh Gen Z atau generasi Z di Instagram selama tahun 2022. (Foto: Ubaidillah/SWA)

Di pengujung tahun 2022, induk perusahaan Instagram, Meta merilis laporan tentang yang dicintai Gen Z Indonesia di Instagram. Melalui laporan ini, Meta menyoroti hal-hal yang palingdicintai dan diminati Gen Z di tahun 2022 ini, serta tren dan topik yang mereka ikuti di Instagram.

Direktur Kemitraan Kreator untuk Meta Indonesia dan Asia Tenggara Revie Sylviana mengatakan 3,2 miliar atau 41% dari populasi dunia adalah Gen Z. Menurut Sylviana, hal ini menjadikan Gen Z sebagai generasi yang sangat penting bagi industri digital. Di Instagram, mereka memiliki kekuatan untuk menciptakan tren dan mengarahkan percakapan mengenai kultur-kultur yang tengah populer. 

“Kami menjabarkan deretan fitur, musik, dan tagar yang paling banyak digunakan Gen Z di Instagram tahun ini, dan merangkum karakterisasi unik yang akan membedakan mereka dengan generasi sebelumnya,” kata Sylviana di Jakarta, (6/12/2022).

Data Instagram dan bekerja sama dengan perusahaan survei konsumen Populix, Gen Z memiliki tren dan karakteristik unik di Instagram sepanjang tahun 2022. Tiga tren yang dicintai Gen Z di Instagram adalah koneksi dan hiburan, aksi sosial, dan personalisasi identitas digital. 

Gen Z, menurut Sylviana menyatukan hubungan dan hiburan di satu tempat. Menurut survei yang dilakukan Populix kepada 2.000 Gen Z dari seluruh Indonesia,73% Gen Z menyukai konten video yang dikonsumsi melalui Reels, diikuti dengan Instagram Story. Kedua fitur ini menjadi platform bagi Gen Z di Indonesia untuk menonton konten yang menghibur, sembari terus terhubung dengan orang lain melalui percakapan di DM dan kolom komentar. 

“Fitur Stiker Add Yourssebagai salah satu fitur terfavorit Gen Z di Reels dan Stories. Dump Bulanan, Apapun Ketika Kamu Mahasiswa, dan Foto Selfie atau Screenshot di Galeri Foto adalah tiga Sticker Add Yours yang paling banyak digunakan Gen Z di Instagram tahun ini,” ujar Sylviana. 

Masih terkait dengan koneksi dan hiburan, dibandingkan dengan generasi sebelumnya, generasi Z lebih memilih untuk mengikuti kreator sebagai sumber inspirasi mereka. “Komedi, feshion, makanan, dan gaya hidup sehat menjadi empat topik yang paling dicari dan diikuti Gen Z,”  

Kedua adalah isu sosial yang menjadi salah satu topik yang paling diminati Gen Z di Instagram di tahun ini. Lima topik yang paling banyak diikuti adalah Lingkungan & Sustainability, Otentik & Menjadi Diri Sendiri, Pemberdayaan Perempuan, Komunitas, dan Kesehatan Mental. 

“Konten viral terkait topik sosial datang dari kreator Yura Yunita, Umay Shahab, Kalis Mardiasih, Dikta, Pevita Pearce, Marshanda, dan Andrew Kalaweit,” katanya. 

Hal ketiga yang paling dicintai oleh generasi Z adalah identitas digital. Penggunaan fitur Avatar terus meningkat di kalangan Gen Z di Instagram, di mana Thumb Up, Blowing Kiss dan Winky menjadi tiga Avatar yang paling sering mereka bagikan di Instagram. 

“Tren Kreator Virtual juga terus merambah di Asia, termasuk Indonesia, di mana kreator Lav_caca menghibur pengikutnya dengan konten nyanyian dangdut dan Thalasya, yang memanggil dirinya sebagai Metahuman Indonesia pertama, yang menggunakan Instagram untuk berbagi kisah kehidupan sehari-harinya,” kata Sylviana.

Editor : Eva Martha Rahayu

Swa.co.id

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)