100 Tahun AIA Konsisten Berikan Nilai Jangka Panjang

Selama 6 bulan pertama tahun 2019, kinerja Grup AIA Limited berhasil tumbuh dua digit. Nilai bisnis baru meningkat 20% berdasarkan kurs tetap, dibanding periode enam bulan sebelumnya yang berakhir 30 Juni 2018. Tingkat pertumbuhan berdasarkan kurs tetap adalah: VONB tumbuh 20% menjadi US$2.275 juta, annualised new premiums (ANP) tumbuh 9% menjadi US$3.443 juta dan margin VONB naik 6,2 pps menjadi 65,6%

Hasil laba operasional yang kuat dan peningkatan imbal hasil juga tercermin dari laba operasi setelah pajak (OPAT) naik 12% menjadi US$2.898 juta. Lalu, laba operasi embedded value (EV) meningkat 11% menjadi US$4.523 juta dan imbal hasil operasi EV (operating ROEV) naik 30 bps menjadi 17,3%.

Sementara itu, alur kas dan posisi modal yang kuat bisa dilihat dari ekuitas EV sebesar US$61,4 miliar; EV sebesar US$59,7 miliar, naik US$5,2 miliar dari Desember 2018. Underlying free surplus generation sebesar US$2.804 juta, meningkat 15%, free surplus sebesar US$16,1 miliar, naik US$1,3 miliar dari Desember 2018 dan
rasio solvabilitas untuk AIA Company Limited (AIA Co.) sebesar 415% berdasarkan HKIO.

Ng Keng Hooi, Group Chief Executive and President AIA, mengklaim, perseroan terus menunjukkan rekam jejak pertumbuhan yang konsisten dengan membukukan peningkatan dua digit pada Semester I/2019. Nilai bisnis baru meningkat 20% menjadi US$2.275 juta. “Kami juga mencatat peningkatan laba operasional setelah pajak sebesar 12% dan pertumbuhan underlying free surplus generation sebesar 15%,” ujarnya.

“Jajaran direksi juga mencatat peningkatan dividen interim sebesar 14% pada 2019 yang mencerminkan kinerja keuangan kami yang kuat dan menunjukkan optimisme terhadap outlook perusahaan,” dia menambahkan.

Bisnis AIA di Tiongkok merupakan segmen pasar dengan pertumbuhan terpesat dengan pertumbuhan VONB sebesar 34%. “Saya juga senang dengan beroperasinya pusat penjualan dan layanan baru kami di Tianjin dan Shijiazhuang, Hebei pada akhir Juli. Bisnis kami di Hong Kong kembali mencatat kinerja kuat dengan peningkatan VONB sebesar 19%, sebagai hasil dari pertumbuhan luas di seluruh segmen nasabah dan saluran distribusi,” ungkapnya.

Pertumbuhan VONB dalam bisnis AIA di Thailand dan Malaysia didukung oleh fokus berkelanjutan dalam meningkatkan profesionalisme agen dan mengembangkan kemitraan bancassurance yang strategis. Di pasar lainnya, pertumbuhan VONB sebesar 17% merupakan kontribusi dari kinerja kuat di Australia, Filipina dan Vietnam.

“Distribusi keagenan AIA mencatat pertumbuhan VONB sebesar 21%, sementara strategi Premier Agency kami meraih peningkatan dalam agen aktif dan produktivitas. AIA dapat mempertahankan posisi nomor satu untuk anggota Million Dollar Round Table dengan 12.000 anggota terdaftar. VONB dari kemitraan bisnis kami meningkat 17%, didukung oleh pertumbuhan kemitraan bancassurance di seluruh wilayah,” ujar Ng Keng Hooi.
.
Pada Juni, AIA mendapat penghargaan sebagai Merek Asuransi Nomor Satu di Asia*. Brand promise AIA adalah Hidup Lebih Sehat, Lebih Lama, Lebih Baik dan memperkuat komitmeni untuk menjadi mitra seumur hidup bagi nasabah. Kesuksesan AIA Vitality ini mencerminkan fokus perusahaan yang berorientasi pada nasabah dan keanggotaan program wellness telah melampui 1,5 juta pada akhir Juni 2019.

Kinerja kuat AIA pada Semester I/2019 mencerminkan fokus konsisten kami dalam menerapkan prioritas strategis dan diperkuat oleh keuntungan kompetitif strategis di wilayah Asia Pasifik. Di tengah ketidakpastian pasar, model bisnis AIA yang beragam, kuat dan berkualitas menempatkan AIA di posisi menguntungkan di pasar asuransi jiwa Asia di mana pertumbuhan tetap stabil.

“Di perayaan 100 tahun AIA, kami tetap yakin terhadap outlook jangka panjang AIA. Kami akan terus berfokus dalam memberikan nilai berkelanjutan jangka panjang bagi para pemegang saham dan membantu jutaan nasabah kami Hidup Lebih Sehat, Lebih Lama, Lebih Baik,” jelas Ng Keng Hooi.

www.swa.co.id

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)